Tak Selamanya Kita Bisa Bersama Anak. Siapkan Kemandiriannya

Melatih kemandirian anak tentu ada tahapannya. Seperti dari kecil anak belajar makan sendiri, mandi sendiri, cebok sendiri, berpakaian sendiri dll. Awalnya masih kita bantu, lama-lama kita harus tega melihatnya berusaha sendiri dulu, bersusah-susah dulu sesuai kemampuannya. 

Usia SD misalnya kita harus tega membiarkan anak menabung untuk mendapatkan apa yg ia mau bahkan sudah bisa mengenalkan menabung ini dari usia dini, harus tega di usia SD membiarkan dia sampai nggak jajan di sekolah demi bisa menabung sedangkan anak lain jajan di dekatnya. Yup, kita harus tega melihat ia kesulitan dan bersusah-susah di awal untuk mencapai tujuannya. Kita harus menghargai proses belajarnya dan membuat ia yakin dia mampu, dia bisa. 

Kenapa kita harus tega? Tega demi kebaikannya. Karena tidak selamanya kita mampu memenuhi keinginan anak, tidak selamanya kita slalu ada di sampingnya, tidak selamanya anak bergantung pada kita dan tidak selamanya raga ini masih ada untuk temani setiap langkah dalam hidupnya. Sewaktu-waktu kita bisa pergi kapan saja meninggalkannya. Jadi, sebelum itu siapkan bekal untuknya, siapkan ketangguhan untuknya, siapkan iman itu di dadanya. 


Baca juga: Menumbuhkan Fitrah Iman Anak di Usia Keemasan 


Agar ia mampu menjadi pribadi yang mandiri, tangguh kelaknya dan mampu menghargai apapun dalam hidupnya. Sekalipun kita tak ada lagi di sampingnya untuk melihatnya tumbuh. Tidak apa-apa membiarkan anak sulit sekarang tapi memudahkannya di masa depan, daripada memudahkannya sekarang tapi menyulitkannya di masa depan. 


Baca juga: Skill Hidup Penting, tapi Banyak Orang Tua yang Belum Mengajarkannya


Tugas kita sebagai orang tua hanya mampu mengarahkan mereka, mendampingi proses belajar mereka dengan cinta, memotivasi mereka dan mendoakan mereka. Mungkin kita sebagai orang tua bisa mendidik anak kita dengan baik dan cinta. Tapi percayalah "TIDAK" untuk dunia di luar sana. 


Baca juga:Keterampilan  Seperti Apa yang Perlu Kita Persiapkan untuk Bekal Anak Kita di Masa Depan? 


Jadi, sudahkah kamu melatih kemandirian anakmu sejak dini? 

1 comment

  1. Sudah mulai sih mba. Kalo menabung itu malah dari mereka TK udh aku ajarin utk nabung kalo mau beli mainan yg mereka pengenin. Ga semua permintaan sih aku suruh tabung, tp beberapa iya . Trus belajar beresein makanannya kalo ga mau aku buang :D. Tp aku tipe yg tegas juga, bener2 ngelakuin apa yg aku bilang. Waktu itu pernah mereka ttp ga beresin mainannya, dan itu lgs aku taro di tong sampah. Sejak itu, lgs beresin mainan sendiri tiap main :D. Mandi sendiri utk si Kaka udh bisa. Tp adeknya belum. Pelan2 mau aku ajarin juga, supaya bisa ngerjain sendiri hal2 yg bisa dilakuin anak seusia mereka.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏