Mengenalkan Angka pada Anak dengan Membuat Bunga Angka

mengenalkan angka dengan cara menyenangkan

Mengenalkan Angka pada Anak dengan Membuat Bunga Angka. Halooo. Hari ini aku mau berbagi kegiatan stimulasi Erysha yaitu mengenalkan angka dengan membuat bunga angka. Teman-teman bisa mengenalkan angka apa saja yang ingin dikenalkan pada anak atau angka yang belum anak kuasai. Sesuaikan aja ya dengan kemampuan anak dan standar kompetensi usia anak kita ya. Tapi mengenalkan angkanya jangan langsung banyak-banyak ya, ntar anaknya pusing 😂

Tapi anakku laki-laki. Masak bikin bunga sih? Kalau anaknya laki-laki, nggak apa-apa kok Teman-teman anak belajar tentang bunga dan bagian bunga juga. Toh dulu waktu kita sekolah, anak laki-laki dan perempuan sama-sama belajar tentang tumbuhan juga kan 😍. Karena nanti kita bukan cuma mengenalkan angka aja ke anak, tapi bisa juga bagian bunga seperti daun, mahkota bunga dan batangnya. Tapi bisa juga mengenalkan angkanya lewat gambar yang anak sukai ya. Bebas 😍

Nah, karena Erysha sudah mengenal dan tahu angka 1 - 10. Jadi, beberapa waktu yang lalu aku kenalkan angka baru yaitu 11 - 15 dengan kegiatan kreativitas yaitu membuat bunga angka. 

Tolong jangan diledek ya, soalnya aku bikinnya dengan bahan seadanya aja yang ada di rumah 😂. Sejak pandemi dan lagi hamil, aku jadi takut keluar rumah kalau nggak penting-penting banget mah. Jadi aja, yang bagusnya bunga angkanya di buat di kertas gambar ukuran A3 tapi aku bikinnya di kertas HVS. Kekecilan dan agak numpuk jadinya bunganya. Hiks. Gapapa ya. Yang penting proses belajarnya dan kalian bisa bikin yang lebih bagus dari bikinan aku ini hihihi 😂. Langsung aja ya 😉. 


Mengenalkan Angka pada Anak dengan Membuat Bunga Angka 

kegiatan belajar angka untuk anak


Alat dan Bahan

mengenalkan angka lewat kreativitas

1. Kertas gambar A3

2. Kertas warna warni

3. Lem Kertas

4. Pensil atau Spidol

5. Alat mewarnai


Baca juga: Mengenalkan Angka pada Anak dengan Membuat Jemuran Baju

Baca juga: Kegiatan Stimulasi Anak dengan Melukis Tisu Basah 


Cara Membuat dan Mengajarkannya pada Anak

1. Kita buat pola bunganya terlebih dahulu di kertas A3. 

2. Kita buat beberapa bulatan. Ukuran bulatnya bebas ya, disesuaikan dengan ukuran kertas dan banyaknya juga bebas. Disesuaikan mau berapa banyak mahkota bunganya. Kalau untuk Erysha aku bikin 3 bulatan untuk mahkota bunganya dan 1 bulatan untuk yang tengahnya. Jadi 1 bunga angka ada 4 bulatan. Biar nggak bingung bisa langsung lihat gambar ya. Jangan banyak-banyak ya bikin bulatannya. Nanti anaknya capek nulis angkanya. Karena nanti kita mengenalkan angkanya sambil mengajak anak menuliskannya juga

Belajar angka untuk anak

3. Untuk bulatan yang ditengah mahkota bunga aku beri angka 11 - 15. Lihat contoh gambar atas

4. Kenalkan pada anak dengan cara menyebutkan angka tersebut 11 - 15. 

5. Ajak anak menulis dengan cara menuliskan angka tersebut di tiap bulatan kertas warna yang sudah kita siapkan sambil kita kenalkan angkanya  

latihan menulis angka untuk anak

Misalkan

"De, kita bikin bunga angka yuk. Ini angka 11, kita tulis yuk angka 11nya terus kita tempelin deh jadi bunga angka"


Bisa juga sambil mengenalkan sekilas tentang warna dan bagian-bagian bunganya ya dan juga kenalkan kehebatan Allah yang bisa bikin bunga warna-warni. Lakukan begitu seterusnya sampai selesai. Setelah selesai, kita bisa mengajak anak mewarnai bersama dan review kembali pada anak semua angka yang ia tulis tadi.

belajar angka untuk anak usia dini

Bagaimana gampangkan? Ada banyak manfaatnya lho kegiatan mengenalkan angka ini pada anak

1. Mengenalkan angka dengan cara bermain

2. Menstimulasi motorik halus anak ketika menulis dan menempel

3. Mengenalkan warna

4. Mengenalkan bagian-bagian bunga

5. Membangun bonding 

6. Menstimulasi fitrah iman anak

7. Dan lain-lain

Nah, bisa dicoba di rumah ya kegiatan mengenalkan angka ini dengan membuat bunga angka. Lagi-lagi nggak harus anak langsung hapal angkanya ya Teman-teman. Kalau sering dikenalkan sambil bermain, nanti anak bisa tahu sendiri tanpa merasa harus menghapal. Yang penting anaknya senang dengan proses belajarnya. Selamat mencoba. Bisa intip kegiatan anak di sini juga ya "Kegiatan Anak"


4 comments

  1. Waaahhh mau contek!
    Ini sederhana banget ya Bund, dan bikin anak berlatih angka, bisa juga diganti dengan gambar yang lebih maskulin keknya nih, kayak mobil-mobilan, masang ban mobil gitu ya :D

    Ah Erysha beruntung banget sih punya Bunda yang kreatif :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bunsay. Bisa kita kasih gambar yang anak sukai juga. Tapi kalau anak laki-lakinya pengen bunga juga gapapa. Karena dulu laki-laki dan perempuan kita juga sama-sama belajar tentang tumbuhan kan 😍.

      Delete
  2. Mau bikin ntr utk anakku. Bagus juga utk dia belajar sekalian menuliskan angkanya. Skr sih dia udh mulai hapal, tp kalo utk menuliskan di kertas kdg suka lupa tuh bntuk angkanya...

    Tapi mungkin ntr gambar bunganya aku ganti jadi mobil, biar si adek semangat :D. Cowo soalnya..

    ReplyDelete
  3. ini mah memang harus begitu sehingga anak lebih mudah belajarnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏