8 Ide Kegiatan Ramadhan Bersama Anak di Rumah


8 Ide Kegiatan Ramadhan Bersama Anak di Rumah. Haloooooo. Karena sekarang masih pandemi ya, otomatis anak-anak jadi seringnya berkegiatan di dalam rumah kan ya. Apalagi kalau bulan ramadhan gini, mau nggak mau kita perlu bikin banyak kegiatan untuk anak di rumah sebagai pengisi ramadhan mereka. Biar nggak bosan kan ya. Terus biar nggak nanyain mulu kapan buka hahaha 😂


8 Ide Kegiatan Ramadhan Bersama Anak di Rumah 

Nah, aku punya beberapa ide kegiatan nih buat Teman-teman sama anaknya di rumah. Siapa tahu kalian tertarik buat coba

1. Membuat hiasan ramadhan di kamar anak


MasyAllah aku terharu sekali, bisa bikin-bikin begini ama Erysha di rumah. Karena Erysha udah 5 tahun, aku udah mulai ngajakin Erysha untuk belajar puasa dan allhamdulillahnya ya Allah lagi-lagi aku terharu karena anaknya mau. Tanpa dipaksa dan tanpa banyak drama 😭. 

Erysha mau belajar puasa dari pagi sampai Dzuhur. Terus dia berbuka (makan, minum, ngemil) dan setelah itu, masih mau lanjut lagi puasanya sampai maghrib *masyAllah 😭. Terus biar dianya nggak bosen nunggu waktu berbuka, aku ajak anaknya bikin hiasan ramadhan buat di kamarnya dia dan masyAllah anaknya semangattt banget bikin-bikin begini. 


Baca juga: Anakku Kok Belum Bisa Tamat Puasanya? Nggak Perlu Baper


Erysha bagian yang ngegunting, ngecat bulannya, terus bantuin bundanya ngelem dan nempelinnya. Kegiatan ini sekaligus jadi kegiatan stimulasi Erysha di rumah karena bisa mengenalkan ramadhan, menstimulasi motorik halusnya dan nyemangatin dia untuk berpuasa. MasyAllah, aku hanya berharap semoga Allah masih ngasih waktunya untuk kami di Ramadhan tahun depan dan semoga kami masih bisa bikin-bikin begini. Amin ya Allah 🙏


Baca juga: 8 Hiasan Bertemakan Ramadhan dan Idul Fitri yang Bisa Bunda Buat Bersama Anak di Rumah 


2. Membuat papan kebaikan 

kegiatan anak di bulan ramadhan

Nah, papan kebaikan itu apa sih? Teman-teman bisa lihat gambar ya. Cara bikinnya bebas ya. Kalian boleh berkreasi kayak apa. Jadi, papan kebaikan itu kita bisa bikin di sebuah karton dan ditempeli kertas kecil sebanyak 30 hari selama bulan ramadhan. 

Setiap hari sebelum tidur malam kita tanyakan pada anak, kebaikan apa yang telah mereka lakukan di hari ini. Lalu, kita tulis di papan kebaikan itu. Jangan lupa beri apresiasi setiap kebaikan yang telah anak lakukan agar anak jadi senang untuk berbuat baik

Ide kegiatan untuk anak di bulan ramadhan

Tujuan dibuatnya papan kebaikan ini adalah untuk mengajak anak berbuat baik dan menjadikan itu sebagai kebiasaan. Selain itu, ketika kita setiap hari menuliskan kebaikan anak, bikin kitanya juga jadi lebih banyak mengingat-ngingat kebaikan anak daripada negatifnya. Dan pastinya juga jadi bikin anak punya kegiatan positif juga di rumah sambil menunggu waktu berbuka mereka


3. Decluttering

Membuang barang yang tidak dibutuhkan

Kita bisa mengajak anak melakukan decluttering. Apa itu decluttering? decluttering itu kayak kita membuang barang-barang yang tidak kita butuhkan lagi. Decluttering ini bagus sekali untuk kita yang ingin belajar gaya hidup minimalis. 

Jadi, kita bisa mengajak anak mengeluarkan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi seperti buku, baju dan lain-lain. Lalu sumbangkan pada yang membutuhkan atau panti asuhan. Nah, tentu saja barang-barang yang disumbangkan itu barang-barang yang masih layak pakai ya Teman-teman


4. Membuat DIY

Bulan ramadhan bisa juga kita isi dengan mengajak anak membuat DIY seperti membuat kartu ucapan lebaran untuk nanti, membuat amplop THR dan lain-lain 


5. Membuat percobaan sains

Kita juga bisa lho mengajak anak membuat percobaan sains yang bikin anak itu semakin mengagumi tuhannya. Misalnya kita bisa ajak anak membuat proses terjadinya gunung meletus, proses terjadinya hujan dan lain-lain. Manfaatkan kegiatan tersebut untuk mengajak anak mengenali Tuhannya dari ciptaan dan kehebatanNya


6. Berbagi pada tetangga

Aku yakin hampir kebanyakan Temen-teman pasti suka masak atau jajan kan hahaha. Nah, kita bisa lho mengajak anak untuk berbagi makanan pada tetangga. 


7. Masak bersama 

Kita juga bisa mengajak anak untuk memasak bersama ketika hendak berbuka. Boleh masak bareng atau bikin tajil bareng. Selain bisa mengisi waktu anak, juga bisa membangun bonding antar anggota keluarga


8. Menonton

Siapa sih yang nggak suka nonton? Pasti kita semua suka kan. Nah, teman-teman kita bisa memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk semakin mengenal cerita islami. Seperti kita bisa mengajak anak menonton cerita para Nabi, sahabat nabi, tokoh-tokoh ilmuwan muslim, cerita tentang kebaikan atau yang bertemakan ramadhan, atau menonton proses terciptanya alam semesta dan kaitkan pada kebesaran Allah

Kayak kegiatan stimulasi Erysha kemarin, aku ngajak Erysha nonton salah satu cerita nabi yaitu cerita tentang Nabi Yusuf. Nah, sehabis nonton, kita bisa mengajak anak berdiskusi seperti seneng ga nontonnya? Gimana ceritanya? Tanyakan juga pesan apa yang anak dapatkan dari yang ia tonton tadi. 

Kegiatan ini selain bisa kasih pengetahuan pada anak, bisa juga untuk menstimulasi kemampuan berbahasa anak ketika ia menceritakannya kembali dan anak pun jadi belajar selalu mengambil pesan untuk setiap apapun dalam kehidupannya


Baca juga: Apa yang akan Menjadi Target Ramadhan Kita Tahun Ini? 


9. Dan lain-lain

Hmmmm apa lagi ya? Apa kalian juga ada ide kegiatan ramadhan bersama anak di rumah? Boleh sharing ya 😃






4 comments

  1. Dulu pas masih ada saudara kecil dirumah sering banget melakukan salah satu diatas, dan seru bangett.. Jadi serasa punya adek lagi, huhu..

    ReplyDelete
  2. banyak ya kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak2, jadi anak juga gak bosan dan senang ditemani ibunya

    ReplyDelete
  3. sama nih aku nambahin main game anak yg islami hehe

    ReplyDelete
  4. Asikk dapet ide baru neh buat kegiatan di rumah bareng anak saat ramadan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏