• Wednesday, May 9, 2018

    Bunda, Yuk Bantu Anak Menyambut Bulan Ramadhan dengan 6 Persiapan Ini

    bunda, yuk bantu anak menyambut bulan ramadhan dengan 6 persiapan ini
    Pixabay

    Hai-hai Bunda, bulan Ramadhan sebentar lagi mau tiba nih. Horeeee 👏👏👏. Nggak terasa ya, Bun waktu cepat sekali berlalunya dan sekarang sudah tiba lagi. Allhamdulillah, kita masih berkesempatan untuk menyongsong hadirnya bulan Ramadhan ini. Nah, ngomongin soal Ramadhan, apa Bunda sekeluarga sudah ada persiapan belum untuk menyambut bulan Ramadhan ini? Tentu, saja yang perlu kita persiapkan bukan hanya tentang diri kita ya Bun. Tetapi juga mempersiapkan anak-anak kita juga. Hari ini saya akan berbagi cara membantu anak dalam menyambut bulan Ramadhan dengan 6 persiapan ini. 


    Bunda, Yuk Bantu Anak Menyambut Bulan Ramadhan dengan 6 Persiapan ini


    bulan ramadhan
    Pixabay

    1. Mengenalkan Ramadhan lewat cerita
    Bunda, yuk kita kenalkan Ramadhan ini dengan cara yang menyenangkan pada anak. Bisa dengan membacakan buku cerita, mendongeng dan bahkan cerita pengalaman seru kita di masa kecil pada saat bulan Ramadhan.

    Kita bisa mengenalkan pada anak apa itu Ramadhan? Kenapa kita harus berpuasa selama bulan Ramadhan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan Ramadhan atau Islam. Kita bisa memilih buku cerita yang sesuai dengan tema kita dan pesan yang ingin kita sampaikan pada anak.

    Baca juga: MENGAPA MEMBACA BUKU PERLU DIPERKENALKAN PADA ANAK SEJAK DINI?

    2. Ajak anak berbicara dan buat kesepakatan bersama anak
    Untuk anak-anak yang sudah agak besar, kita tidak perlu khawatir ya Bun dalam mengajarkan anak soal berpuasa. Karena mereka sudah tahu dan terlatih dari sejak kecil. Tetapi bagaimana puasa anak yang masih berusia prasekolah? Karena usia mereka masih usia prasekolah dan belum dijatuhkan kewajiban untuk berpuasa. Jadi, kita tidak boleh memaksa anak untuk tamat berpuasa seperti kita. Kita hanya bisa mengenalkan dan melatih anak berpuasa sesuai kemampuan mereka. Misalnya anak usia 4 tahun hanya mampu berpuasa sampai jam 10 pagi, dll.

    Pelan-pelan dan bertahap saja Bunda mengenalkan puasa ini pada anak. Jangan sampai anak membenci bulan Ramadhan ini karena cara kita yang salah dan suka memaksa anak sebelum waktunya

    Nah, untuk batas waktu berpuasa bagi usia anak prasekolah ini, bisa kita obrolkan pada anak dan buatlah kesepakatannya bersama anak.

    3. Mengajak anak menata rumah
    Ajaklah anak membersihkan rumah dan menatanya. Kembali menata rumah, akan membuat kita dan seluruh anggota keluarga merasakan sesuatu yang baru lho, Bunda. Rasanya membuat kita kembali bersemangat deh

    3. Membuat hiasan rumah dengan tema ramadhan
    Apa Bunda pernah mengajak anak-anak membuat hiasan rumah dengan tema Ramadhan? Kayak display gitu. Nah, kalau belum saya sarankan untuk membuatnya. Membuat hiasan rumah dapat juga lho Bun memberikan aura Ramadhannya pada anak. Dijamin ini pasti menyenangkan untuk anak.

    hiasan dengan tema ramadhan

    Kita bisa juga lho Bun membuat mereka berkreativitas sesuai imajinasi mereka. Bahkan bisa ditambahkan dengan menempel kata-kata semangat atau target pencapaian diri seluruh anggota keluarga dalam hiasannya seperti kayak bikin mading gitu atau Bunda punya imajinasi yang lebih liar lagi, bolehhhhh bangetttt dicoba

    4. Menyusun rencana permainan selama bulan ramadhan
    Tanyakan pada anak-anak, permainan apa saja yang ingin mereka lakukan di bulan Ramadhan. Tentu saja permainannya yang nggak menguras tenaga juga ya Bun. Yang ada nanti anak-anaknya malah kehausan dan kehabisan energi

    Kita bisa bangettt lho Bun memasukkan kegiatan stimulus dalam permainannya. Misalnya bermain membuat playdough sendiri, bermain slime, membuat finger painting dll. Nah, untuk lengkap kegiatannya bisa bunda lihat di sini ya ide-ide kegiatannya

    Baca juga: CARA MEMBUAT PLAYDOUGH ATAU MALAM SENDIRI YANG PASTINYA LEBIH AMAN BUAT ANAK

    Baca juga: KEGIATAN ANAK 

    5. Membuat rencana keluarga di bulan Ramadhan 
    Buatlah rencana keluarga selama bulan Ramadhan dan jadikan rencana keluarga ini selalu ada di setiap tahunnya di bulan Ramadhan. Nah, saya kasih sedikit ide ya Bun untuk membuat rencana keluarganya misalnya:

    👉 Buka puasa bersama anak yatim / panti jompo
    Nah, kita bisa lho Bun mengadakan buka puasa bersama anak yatim atau panti jompo. Nggak harus yang meriah dan megah yang penting kita bisa mengajak anak-anak untuk memaknai bulan Ramadhannya dengan sesuatu yang berkesan.

    Berbuka puasa di bulan Ramadhan bersama anak yatim atau panti jompo akan melatih jiwa simpati dan empati anak-anak kita tentunya. Bunda, jangan biarkan semua berlalu begitu saja tanpa sesuatu yang berkesan dalam diri anak kita. Oh iya kita pun bisa lho mengajak anak-anak kita belajar menabung. Dimana, uang tabungannya nanti akan disumbangkan pada anak yatim atau panti jompo ini.

    Sebenarnya nggak harus berbuka puasa bersama anak yatim atau panti jompo sih. Kita juga bisa kok berbuka bersama dengan anak-anak jalanan dll yang sesuai keadaan dan batas kesanggupan kita.

    👉 Bagi takjil
    Kita bisa juga lho Bun mengajak anak untuk berbagi takjil di jalan atau pada orang-orang yang membutuhkan. Dijamin, pasti ada kebahagian di hati kita dan anak-anak kita karena telah berbuat baik pada orang lain. Takjilnya pun nggak usah yang wah juga ya, Bun. Sesuaikan saja dengan kemampuan kita.

    👉 Berbagi makanan pada tetangga
    Nah, kegiatan ini bisa kita lakukan misalnya seminggu sekali atau seminggu dua kali. Bebas ya Bun.

    "Lakukan dan berikan apa yang bisa kita berikan. Sekalipun sekecil apapun itu. Karena sesuatu yang wah, terkadang tidak selalu berasal dari hal-hal yang besar. Bahkan bisa berasal hal-hal kecil tetapi rutin kita lakukan" Bunda Erysha 

    👉 Berbuka puasa bersama keluarga di luar
    Rasanya anak-anak pasti bosen juga ya Bun kalau buka puasanya di rumah mulu. Jadi, kita dan anak-anak bisa merencanakan buka puasa keluaga di luar misalnya, sekali dalam sebulan makan-makan di tempat favorit keluarga. Pastinya selain menyenangkan tetapi juga bisa membangun bonding bersama anak-anak ya Bun 😍. Wah, pasti ini jadi salah satu momen yang membahagiakan untuk mereka kenang kelak ketika dewasa

    👉 dll

    6. Menyusun menu favorit anak-anak
    Ajak anak untuk menyusun menu favorit mereka selama bulan Ramadhan nanti. Menu favorit ini, bisa menu saat berbuka puasa atau pada saat sahur. Tapi, jangan lupa ya Bun tetap memperhatikan asupan gizi seimbangnya agar anak-anak dan anggota keluarga memiliki stamina yang baik selamat menjalani ibadah puasanya.

    menu berbuka puasa
    Pixabay

    Mengajak anak untuk membuat menu favoritnya, salah satu cara menyemangati anak untuk mau menjalankan ibadah puasanya. Jujur pas bagian menu makanan ini, bikin saya deg-degan juga sih Bun maklum nggak jago masaknya hehe

             Bunda, bulan Ramadhan hanya hadir setahun sekali pada kita. Jadi, manfaatkanlah bulan Ramadhan nanti dengan sesuatu yang berkesan pada kita dan anak-anak kita. Buatlah Ramadhan nanti semenarik dan semenyenangkan mungkin pada anak. Agar anak-anak kita kelak, akan selalu merindukan kedatangan bulan Ramadhan ini di setiap tahunnya.

    Jadikan momen Ramadhan nanti, sebagai salah satu sarana kita untuk menumbuhkan fitrah iman anak-anak kita. Bantulah anak-anak kita mencintai Rabbnya dengan cara yang menyenangkan dan berkesan di dalam hati. Hingga, penumbuhan rasa cinta pada Rabbnya itu sejak dini, akan selalu berbekas pada mereka hingga mereka dewasa nanti. Percayalah Bunda.

    Baca juga: Bulan Ramadhan dan 7 Kegiatan Positif yang Dapat Membentuk Karakter Anak Sejak Dini"

    Nah, itu dia Bunda cara membantu anak menyambut bulan Ramadhan dengan 6 persiapan di atas. Kalau Bunda sendiri apa aja sih persiapannya untuk anak-anak di rumah? Sharing yuk! Oh ya Bunda, insyAllah selama bulan Ramadhan nanti, saya akan menuliskan parenting dengan tema Ramadhan ya. Pengennya sih membahas hiasan-hiasan rumah penyemangat anak di bulan Ramadhannya atau nulis kegiatan-kegiatan khusus di bulan Ramadhan untuk anak. Wah, doakan ya semoga saya sempat dan tunggu tulisan saya selanjutnya ya. Semoga bermanfaat

    13 comments:

    1. Belum pernah coba yg nomor 3, seru kayanya

      ReplyDelete
    2. menyusun menu favorit... ini yang selalu dilakukan ibu saya sampe sekarang saya besar. makanya kalau bulan puasa bawaannya kangen rumah...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener pak salah satu yang dirindukan anak dari ibunya adalah masakan ibu ya ☺️

        Delete
    3. wajib dicontek nih, saya agak deg-degan menyambut Ramadhan kali ini, karena pertama kali Ramadhan ber4 dan si kakak sudah banyak kegiatannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah kakak udah berapa tahun sekarang Bun? Iya biasanya anak udah mulai gede suka banyak ya kegiatannya di luar ☺️

        Delete
    4. Aku yang gede/sulung sudah aman mba..puasa seharian, 3 tahun terakhir lancar. Yang kecil ni yang mau belajar. Setengah hari dulu..

      Makasih ya tipsnya...

      ReplyDelete
    5. Kalo disini emang udah kecium Ramadhan akan tiba, anak-anak sudah mulai happy banget menyambut bulan yang suci ini

      ReplyDelete
      Replies
      1. Allhamdulillah ya Bun kalau lingkungannya pun udah mendukung

        Delete
    6. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di http://titianhaticlub.com/
      semoga sukses selalu :)

      ReplyDelete
    7. Menyusun menu Ramadhan itu yang selalu ditunggu anak-anakku. Lalu bebikinan barengan...Seru!

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES