• Sunday, October 28, 2018

    Serunya Liburan ke Museum Geologi Bandung dan Naik Bandros

    serunya liburan ke museum geologi bandung dan naik bandros

    Hai apa kabar Ayah Bunda? Lagi bingung ngajakin liburan keluarga enaknya kemana? Atau lagi bingung cari tempat liburan di kota Bandung? Sini saya kasih tahu tempat liburan yang bukan hanya sekedar liburan tapi ada nilai edukasinya juga, lho buat kita dan anak-anak kita. Mau tahu? Yes, hari ini saya ingin berbagi liburan keluarga kecil saya ke Museum Geologi Bandung dan berkeliling kota Bandung dengan naik Bandros

    Baca juga: AYAH BUNDA, INGIN MENGENALKAN HEWAN PADA ANAK LEWAT LIBURAN SERU DI BALI? MAIN KE SINI SAJA

    Apa Ayah Bunda pernah ke sini? Kalau saya ini adalah untuk ke tiga kalinya saya datang ke Museum Geologi ini hahaha. Tapi, ini untuk pertama kalinya sih saya mengajak anak sendiri ke sini. Jadi, tetap saja semangat karena ingin menyenangkan anak yang senengnya itu minta jalan-jalan terus hahaha.

    Mengapa Memilih ke Museum Geologi?


    liburan keluarga ke museum geologi bandung

    Nah, Museum Geologi ini terletak di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Jalannya mau ke arah sana enak Ayah Bunda dan dekat sekali dengan gedung sate kota Bandung. Jadi, buat Ayah Bunda, yang ingin jalan-jalan lagi setelah dari Museum Geologi bisa berjalan sedikit lagi karena di sana ada Museum Pos Indonesia dan Museum Gedung Sate. 

    Wah ada banyak sih Ayah Bunda museum saling berdekatan di sana. Jadi, Ayah Bunda ada banyak pilihan jika jalan-jalan ke arah sana. Selain ke museum-museum tersebut, Ayah Bunda pun bisa berjalan-jalan naik Bandros untuk berjalan-jalan di kota Bandung. Tinggal pilih saja mau rute yang mana dan terminal Bandros ini tepat ada di seberang Museum Geologi. Nanti, terakhir saya ceritakan tentang perjalanan kami menggunakan Bandros ini, ya.  Karena banyak pilihannya inilah yang membuat kami ingin jalan-jalan ke Museum Geologi

    Oke kita balik lagi membahas Museum Geologi ya Ayah Bunda. Ketika kami sampai dan masuk gerbangnya. Kami langsung membeli tiketnya dan tempat pembelian tiketnya ada di arah kanan pintu masuknya dan jaraknya dekat sekali dengan pintu masuk. Harga tiketnya juga murah Ayah Bunda, cuma Rp 3.000,- saja kok tetapi ilmu yang akan kita dapatkan di museum ini banyak banget

    Museum Geologi ini bersih ya Ayah Bunda dan halaman depannya lumayan luas sih dan petugasnya cukup ramah menyambut kami.


    Jam Buka Museum Geologi


    harga tiket masuk ke museum geologi bandung

    Museum Geologi ini buka setiap hari kecuali hari Jumat dan hari libur nasional ya Ayah Bunda. Saya sarankan jika Ayah Bunda ingin berlibur ke Museum Geologi ini, jangan pas hari kerja. Karena lebih ramai dibandingkan hari libur. Banyak anak-anak sekolah dari tingkat TK sampai mahasiswa berkarya wisata ke museum ini. Tapi, ramainya nggak ramai banget juga. Tetap bikin kita nyaman kok

    Sabtu 08.00–14.00
    Minggu 08.00–14.00
    Senin 08.00–16.00
    Selasa 08.00–16.00
    Rabu 08.00–16.00
    Kamis 08.00–16.00
    Jumat & Hari Nasional Libur 

    Ketika kita masuk ke dalam Museum Geologi ini, kita akan disambut oleh fosil dinosaurus yang sangat besar dan tinggi sedang berdiri menghadap kita. Jangan tanya soal nama dari jenis fosilnya ya, saya sendiri sudah lupa hahaha.

    fosil dinosaurus di museum geologi bandung

    Ruangan yang ada di museum ini hanya terdiri 2 lantai dan mudah (maksudnya ruangannya tidak sulit dicari dan memanjang). Dan yang paling kami suka adalah ruangan di sebelah kanan. Karena di dalamnya ada banyak fosil dinosaurus dari berbagai jenis. Cocok banget nih untuk kita selfie hahaha *teteup ya harus ada selfienya. Ruangan ini benar-benar paling menarik apalagi untuk anak-anak. Ternyata fosilnya ada yang utuh dan itu tinggi sekali Ayah Bunda.

    fosil

    fosil dinosaurus

    dinosaurus

    fosil dinosaurus

    Selain ada fosil tentang dinosaurus. Di ruangan sebalah kanan ini ada tentang manusia purba, belajar tentang zaman hewan invertebrata, zaman ikan, zaman amfibia, zaman reptilia, terbentuknya batuan dan awal kehidupan, bumi lautan api, tanda kehidupan primitif, geologi dan sejarah danau Bandung, penemuan fosil di pulau jawa dan lain-lain. Selain itu banyak pajangan seperti kayu yang sudah mengeras ratusan tahun, fosil kerang, fosil berbagai tengkorak manusia purba dan masih banyak lagi 

    Nah, itu tentang yang bisa kita pelajari dan lihat di ruangan atau koridor yang sebelah kanan ya Ayah Bunda. Sedangkan ruangan yang ada di sebalah kiri pintu masuk Mesum Geologi ini kita akan disambut dengan tontonan tentang awal pembentukan bumi dan planet. Layarnya besar sekali Ayah Bunda, jadi untuk anak usia TK ini menarik sekali bagi mereka. 

    Di ruangan ini kita akan dikenalkan tentang fenomena kars Indonesia, tontonan tentang Indonesia yang dilihat dari peta atau tampak atas, berbagai kristal dan saya sangat mengagumi berbagai warna alami yang kristal ini keluarkan di permukaan mereka. MasyAllah benar-benar cantik dan warna setiap kristalnya ada yang berbeda-beda, kita pun bisa mengenal tentang kekayaan sumber daya geologi, belajar pelapukan, erosi dan pengendapan dan lain-lain

    batu kristal

    Di ruangan ini difasilitasi sebuah layar sentuh yang bisa disentuh jika kita ingin mempelajari konten yang telah mereka sediakan misalnya tentang planet. Jadi kita bisa menyentuh alat itu dan menggeser-geserkannya. Teknologi banget ya dan kami suka. 

    Nah, sekarang kita lanjut yuk Ayah Bunda, kalau di lantai 2 Museum Geologi ini ada apa, ya? Yes, di lantai 2 ini kita akan dikenalkan dengan ekspedisi tambang, sumber daya air, tentang panas bumi dan energi, batu bara, minyak dan gas bumi, batu mulia, gempa bumi dan masih banyak lagi. 

    panas bumi

    Di lantai 2 ini semuanya dikenalkan dan ditampilkan di dalam di sebuah kaca yang seperti dinding Ayah Bunda. Terkesan elegan dan unik sih dan ada beberapa video juga mereka tampilkan untuk membantu kita belajar dan memberikan bayangannya kepada kita. 

    Hah, jadi ya kalau kita mengajak anak ke sini sebenarnya yang belajar itu bukan cuma anak kita Ayah Bunda, tetapi termasuk diri kita juga lho Hahaha. Saran saya, kenalkan itu semua dengan bahasa dan cara yang sederhana disesuaikan dengan usia anak kita ya Ayah Bunda. Agar mereka mudah memahaminya.

    Sudah begitu, selesai deh. Tidak ada ruangan khusus lagi untuk kita belajar. Karena waktu jalan-jalan ke sini sebentar ya. Jadi, rasanya sayang kalau kami langsung pulang. Akhirnya, kami putuskan untuk jalan-jalan keliling bandung bagian utara dengan menggunakan Bandros dan tempat naiknya tepat ada di seberang Museum Geologi ini. Kalau begitu yuk kita berkenalan dulu dengan apa itu Bandros.

    Apa itu Bandros? 


    bandros bandung

    Pertama kali kita mendengar kata Bandros pasti yang kita ingat makanan ya, Ayah Bunda. Hahaha. Tapi tenang aja, ini bukan Bandros makanan itu tetapi kepanjangan dari Bandros ini adalah Bandung Tour on The Bus. Kendaraan Bandros ini baru keluar sih Ayah Bunda, sekitar 3 tahun yang lalu.

    Bandros ini disediakan oleh pemerintah kota Bandung untuk wisatawan yang ingin berkeliling kota Bandung.

    Bandros ini ada banyak warna dan warnanya itu cerah ceria, lho Ayah Bunda. Setiap Bandros beda warna dan bandros yang kami naiki ini adalah berwarna pink. Setiap warna memiliki rute berbeda Ayah Bunda dan rute Bandros berwarna pink ini adalah rute terpendek yaitu memulai perjalanan di Gasibu, Taman Pasupati (Taman Jomblo), Teras Cikapayang, Teras Cihampelas, hingga Taman Budaya. Di rute ini akan ada berhentinya di Ciwalk selama 15 menit. Jadi, buat Ayah Bunda yang pengen ke kamar mandi atau mau selfie dulu di ciwalk ini, bisa bangetttt. 

    Harga Bandros ini di tarif Rp 20.000,- per orang di atas usia 2 tahun. Nanti di setiap Bandros kita akan ditemani oleh seorang pemandu wisata. Pemandu wisata ini bertugas untuk menceritakan tempat-tempat bersejarah, tempat-tempat yang enak untuk nongkrong, untuk belanja oleh-oleh di sepanjang jalan yang kita lalui di kota Bandung 

    Dimana Terminal Bandros ini?


    Bandros ini memiliki 3 lokasi terminal / shelter yaitu di Gasibu atau tepatnya di depan Museum Geologi, Taman Balai Kota Bandung, dan Alun-alun Bandung. Waktu operasional bus Bandros dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Jadi, buat Ayah Bunda yang sehabis jalan-jalan ke Museum Geologi, pulangnya bisa jalan-jalan juga dengan Bandros ini. Untuk info lengkapnya tentang tentang rute Bandros ini bisa Ayah Bunda lihat di sini aja, ya (https://infobandung.co.id/begini-cara-naik-bandros-di-kota-bandung/)

    Itu dia Ayah Bunda jalan-jalan kami di kota Bandung. Jadi, kita bukan hanya jalan-jalan saja Ayah Bunda tapi ada nilai edukasi di dalamnya. So, nggak usah bingung lagi ya cari tempat jalan-jalan di kota Bandung langsung ke Museum Geologi dan Naik Bandros saja 





    34 comments:

    1. Bulan lalu waktu ke Bandung mupeng lihat Bandros. Tapi karena ajak Ibu yang fisiknya sudah enggak terlalu mampu jadi kami tahan dulu, coba naik Bandrosnya lain kali saja.
      Untuk Museum Geologi belom pernah, tapi anak sulungku sudah field trip ke sana waktu kelas 6 dulu. Tapi jadi penasaran juga euy Ibuknya..
      nanti kalau ke Bandung bisa singgah nih
      Terima kasih infonya Bunda:)

      ReplyDelete
    2. Pas banget akhir tahun mau ke Bandung. Bisalah dicoba sekalian belajar ttg dinosaurus,Najib lg suka bgt tema ini.

      ReplyDelete
    3. Makasih info dan sharingnya Bun, saya udah beberapa kali ke museum geologi asyik dan tidak membosankan selalu bertambah ilmu dan pengetahuan, anak-anak paling suka kalau ditempat foto dengan background zaman purba atau ada dinonya. Tapi kalau naik bandros belum pernah hehe...

      ReplyDelete
    4. Museumnya keren, serasa di dunia jurassic Park.Bandrosnya juga keren, warnanya menarik hati.

      ReplyDelete
    5. Murah meriah ya bun, Gen seneng banget diajak ke museum n naik Bandros Keliling Kota Kembang

      ReplyDelete
    6. Wah, jalan2 pake bandros ini sepertinya asyik ya,bun. Aku ngebayangin berada di dalamnya pasti berasa jadi turis. Hehe. Ada guidenya kan? Sip, banget. Tarifnya pun murah, ya. Moga2 program bandros ini berlaku selamanya ya, jd kapan pun org luar kota seperti aku ke bandung bisa menikmatinya. Tfs bun.

      ReplyDelete
    7. Wah...saya belum pernah masuk musium yg ada di bandung. Apalagi nyobain naik bandros..kapan2 klo ke bandung harus naik..hehe

      ReplyDelete
    8. Nah, kemarin waktu ngintilin ayahnya anak-anak ke bandung, pengen banget nyobain naik bandros. namun apa daya karena waktunya ga sempat jadi semoga lain waktu bisa kesampaian.

      ReplyDelete
    9. Saya tinggal di Bandung. Engga bosen lho ama Museum Geologi. Ingin ke sana lagi. Seru dibacain dan dipelajari satu². Tiketnya juga murmer pisan. Naik Bandros udah pernah tapi dicarter khusus. Kalau naik yg dari depan Museum belum pernah. Kapan² mau nyoba lagi aaah...

      ReplyDelete
    10. Qiqiqi jadi malu, 10 tahun tinggal di Bandung malah belum pernah masuk museum ini mba.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aku baru tahu kalau mba betty pernah tinggal di bandung πŸ˜ƒ

        Delete
    11. Duh rugi banget saya waktu ke Bandung awal tahun enggak naik Bandros. Lha malah baru tahu tentang Bandros dari bunda erysha. Next time kudu mampir museum geologi dan naik Bandros. Makasih infonya bunda😘😘

      ReplyDelete
    12. Yaaah, belum pernah nyobain Bandros. Padahal ini transportasi lokal suatu kota kayak begini yang aku cari. Kan asyik duduk berkeliling sambil mendengarkan cerita dari pemandu wisata. Buat perjalanan berikutnya deh, yaaa.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun asyikkk sambil menikmati jalan dengan angin sepoi2 hahaha

        Delete
    13. Makasih ya, Mba. Seru nich jalan-jalan ke museum geologi juga naik bandros. Pengen kalo ke Bandung lagi.

      ReplyDelete
    14. Aku malah belum pernah naik bandros. Padahal hampir tiap bulan ke Bandung πŸ˜…

      ReplyDelete
    15. Museum pertama di Bandung yang saya kunjungi. edukasi adalah hal yang penting, dengan memberikan pelajaran riil dan melihat tempatnya bersih & berisi banyak informasi bumi.

      ReplyDelete
    16. Asik bangeeettt. Seru banget ini kalau ajak anak anak dan keluarga.

      ReplyDelete
    17. 5 th tinggal di bandung malah sempat ngator daerah diponegoro tp ke museum geologi cm buat ke resepsi temen yg nikah aja. Sekarang sdh tinggal di tangsel, selalu kangen bandung . Sdh jadi list wajib liburan kesana dan akhir bulan ini sdh rencana ngajak anak2 ke museum geologi. Di tambah dpt review dr mba yeni, makin mantapp. Td baca sharenya mba yeni di grup, brb buka web nya πŸ˜‚

      ReplyDelete
    18. Kalau wiken, bandros ini penuh ga ya? Atau bisa reservasi dulu tiketnya?

      ReplyDelete
    19. Pernah ke sini waktu SMP, 6-7 tahun yang lalu. Eh sekarang alhamdulillah dapet kerja ngga jauh dari Bandung

      ReplyDelete
    20. Bund, kok malah lebih ramai di hari kerja yak, hehehe.
      Asyik dong kalau ke sana di hari libur.

      Btw sekilas saya pikir bandros itu kayak semacam minuman hahaha.
      ternyata bus unyu banget.

      Note deh di coba kalau ke Bandung :)

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya πŸ˜ƒ

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES