• Wednesday, June 12, 2019

    Liburan Keluarga Ke Garut. Situ Bagendit Bisa Dijadikan Pilihan Nggak Ya?

    liburan keluarga ke garut. situ bagendit bisa jadi pilihan nggak ya

          Hai-hai Ayah Bunda, waktu liburan keluarga kemarin tepatnya saat momen lebaran, aku liburan ke tempat wisata Situ Bagendit, Garut. Karena memang kami sedang mudik ke garut tempat uyutnya Erysha.

    Nah, aku mau cerita tentang Situ Bagendit ini apa bisa dijadikan pilihan keluarga atau tidak untuk liburan Ayah Bunda semua


    Situ Bagendit Tempat Wisatanya Garut 


          Situ Bagendit ini terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya pas sekali dipinggir jalan raya. Sehingga dilewati oleh angkutan umum seperti angkot maupun ojeg. Nah, Situ Bagendit itu punya arti sendiri lho. Situ artinya adalah danau dan Endit adalah nama tempatnya.

    Dari artinya sudah terbayang kan Situ Bagendit ini adalah berupa danau yang dijadikan tempat wisata. Situ Bagendit ini juga memiliki cerita legenda atau dongeng terkenal lho Ayah Bunda, awal mulanya mengapa menjadi sebuah danau seperti ini. Walau ini hanya sekedar mitos, tapi nggak ada salahnya kan kita ikut bercerita pada anak-anak kita dan mengambil pesan positif dari cerita rakyat dari negeri sendiri. Aku ceritkan ya legendanya dulu


    Legenda Tempat Wisata Situ Bagendit 


    tempat wisata situ bagendit, garut, jawa barat terkenal juga dengan cerita rakyatnya
    Rindang dan bersih


          Dulu, di desa Bagendit ini adalah desa yang makmur dengan pertaniannya. Sayangnya, sekalipun desa ini makmur, orang-orang di dalamnya tidak mengalami kemakmuran. Karena setiap mereka memanen padi hasil pertanian mereka, mereka semua wajib menjual hasil panen mereka pada seorang tengkulak yang bernama Nyi Endit. Jika tidak, anak buah Nyi Endit ini akan menghajar mereka.

           Sehingga, ketika penduduk dari desa ini kelaparan karena persedian mereka habis, mereka harus membeli hasil panen mereka pada Nyi Endit dengan harga yang berkali-kali lipat dari harga mereka menjual beberapa waktu yang lalu.

    Karena banyak penduduk desa ini yang hidup dalam kemiskinan dan kelaparan karena tertindas oleh Nyi Endit. Hingga suatu hari muncullah seorang nenek yang berpenampilan miskin sekali sengaja datang meminta sedekah pada Nyi Endit.

          Tapi, Nyi Endit yang suka berfoya-foya dan berpesta bukannya memberikan sedekahnya malah memaki-maki nenek tersebut. Hingga nenek itu marah dan menancapkan tongkatnya ke tanah. Ketika tongkat itu dicabut kembali, keluarlah air yang sangat deras dari bekas tancapan tongkat nenek tersebut. Sehingga menenggelamkan Nyi Endit beserta hartanya sehingga jadilah tempat Nyi Endit itu menjadi sebuah danau.

    Sedangkan para penduduk yang lainnya selamat dan hidup bahagia setelah Nyi Endit pergi.

          Yeaaaaay ceritanya menarik ya Ayah Bunda dan banyak nilai positif yang bisa kita sampaikan pada anak-anak kita. Nah, kalau begitu aku mu lanjut cerita tentang tempat wisatanya, ya.

    🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼


    harga tiket masuk ke situ bagendit, garut, jawa barat

          Tiket masuk Situ Bagendit itu murah banget menurut aku. Dewasa Rp. 7000,- dan anak-anak Rp.5.000,-. Itu harga lebaran lho. Sepertinya kalau bukan momen liburan lebaran akan lebih murah lagi.

    Oh iya, aku dateng pagi-pagi nih. Jadi belum ramai. Ketika kita awal masuk tempat ini, kita akan di sambut dengan hiasan payung warna warni yang menghiasi langit-langitnya dan di pinggir-dipinggirnya banyak ruko pedagang.


    situ bagendit tempat wisatanya garut

     Ada juga sebuah jembatan warna merah yang desainsnya unik dan menurut aku bagus juga untuk kita jadikan tempat foto-foto. Oh iya, yang di bawah jembatan itu bukan sampah ya tapi teratai. Sekilas dari kejauhan tampak seperti sampah ya hihihi (bisa lihat foto). Ada juga jalan yang dihiasi bendera


    tempat keren untuk berfoto bersama di situ bagendit



    Ada Apa Saja di Situ Bagendit?


    ada apa saja di situ bagendit


    1. Kita bisa lihat pemandangan
          Nah, karena situ Bagendit ini kan danau ya, jadi kita bisa melihat pemandangan sekitar danau yang menurut aku menenangkan ketika kita melihatnya. Belum lagi terpaan anginnya yang sepoi-sepoi menyejukkan. Hmm mantap, bikin kita pengen tidur sambil lihat pemandangannya hahaha

    Enak juga dipakai tempat untuk merenung gitu, beristirahat dan menenangkan hati *asyikkkk

    2. Enak dijadikan tempat botram
          Dipinggir danau itu selain kita bisa melihat pemandangannya dan merasakan angin. Enak juga lho kalau dipakai sambil botram atau ngaliwet gitu di pinggir danau. Karena di pinggir danau juga disediakan banyak lesehan begitu. Sepertinya itu bayar, hanya saja aku lupa nanya harganya. Maafkan ya πŸ™

    Jadi, buat Ayah Bunda yang ingin ke Situ Bagendit, aku saranin bawa makanan berat biar botram dengan keluarga di sana. Karena di sana jarang ada rumah makan. Banyaknya dagangan seperti bakso, sosis, minuman kemasan, cilok dan lain-lain. Harganya menurut aku standarlah ya. Nggak dipatok harga mahal.

          Jadi, kalau mau jajan yang mecin dan gurih. Di sini banyak pedagangnya. Kan yang mecin-mecin begitu enak kan ya hahaha πŸ˜‚

    3. Ada sepeda air, perahu dan rakit


    wahana yang ada di situ bagendit

          Nah, Ayah Bunda sekeluarga bisa juga lho mencoba sepeda air di tempat ini. Harganya untuk satu sepeda air Rp. 20.000,- itu harga lebaran ya. Kalau nggak lebaran bisa lebih murah lagi

    Ayah Bunda juga bisa merasakan sensasi naik perahu atau rakit itu seperti apa. Nanti ada petugasnya juga yang mengayuh rakitnya

    4. Wahana permainan anak

    wahana permainan anak di tempat wisata situ bagendit, garut, jawa barat

          Nah, untuk wahana permainan anaknya nggak banyak. Paling di dalam wahana itu ada kereta api yang bisa maju dan dipatok harga Rp. 5.000,- , ada trampolin, mainan mancing-mancingan, mainan perosotan yang berbentuk rumah balon dan di dalam ada bola kecil warna warni begitu dan ada juga melukis untuk anak-anak. Melukis untuk anak-anak ini hanya di bandrol seharga Rp. 10.000, -. Bagaimana, murah kan? πŸ˜‰

    melukis salah satu kegiatan anak di situ bagendit
    Erysha lagi fokus melukis


    Dulu di Situ Bagendit ini ada kolam renangnya. Sayangnya sekarang sudah tidak berfungsi lagi dikarenakan rusak

          Nah, karena harga masuknya murah, kita jadi nggak bisa memiliki ekspektasi yang tinggi pada tempat wisata ini. Karena tempatnya nggak besar, dan wahana permainannya sedikit. Sesuailah ya menurut aku dengan harganya.  Tapi nyaman-nyaman aja kok dijadikan tempat wisata

    Sudah deh. Semoga dari gambaran cerita aku di atas, Ayah Bunda bisa menarik kesimpulan sendiri ya bisa dijadikan pilihan atau nggak sih Situ Bagendit itu untuk liburan keluarga di garut. Ini dikembalikan pada selera dan sikon keuangan keluarga masing-masinglah ya hihihi.

          Oh ya, Ayah Bunda bisa juga mampir ke ceritaku waktu liburan ke Museum Geologi Bandung dan naik Bandros, atau mau merencanakan honeymoonnya di kota Yogyakarta kayak aku, bisa banget hahaha dan kalau Ayah Bunda bingung kegiatan liburan anaknya diisi apa? Boleh juga mampir ke kegiatan anak ini ya. Klik aja link warna merahnya ya πŸ˜‰

    Selamat merencanakan liburan Ayah Bunda ke Situ Bagendit, Garut dan sampai bertemu dengan liburan keluargaku yang lain ya. Daaa πŸ’•


    34 comments:

    1. wah aku sering denger danau situ bagendit jaman kecil dl.. Ternyata temoat wisatanya cakep dan tiketnya murah yaaa

      ReplyDelete
    2. Whoaaa, legenda ny bagendit ternyata penuh dgn hikmah yak.
      Ini view-nya menarik bangeeett. Pengin deh, liburan sekeluarga ke sana
      https://bukanbocahbiasa(dot)com/

      ReplyDelete
      Replies
      1. Boleh banget bun direncanain liburan sekolah anak ke sana πŸ˜‰

        Delete
    3. Alu malah tertarik sama legendanya mba.
      Anak-anak mah seneng aja mba diajak ke tempat wisata gini. Apalagi ada mainan anak-anaknya.

      ReplyDelete
    4. Penasaran ngerasain bortram di Situ Bagendit. Sayang jauh euy dari Solo mah, haha. Tapi keren ya, tempat wisata lengkap gini. Satu tempat bisa memuaskan banyak orang kan buat love buran sekeluarga

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahaha sama bun aku juga penasaran soalnya. Belum pernah botram di sana juga

        Delete
    5. Wah, jadi teringat aku pernah mendongeng Nyai Ndit ini di panggung acara pameran di Balai Kartini selama 10 menit hahaha. Ini kisah kesombongan dan kerakusan si nyai ya mentang2 orang berpunya dia ga mau berbagi. Bagus ternyata situnya, aku belum pernah sih mampir ke sini. Penasaran kepengen naik sampan kira2 goyang2 ga ya? Ngeri kecebur hehehe :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah kok bisa bun ngedonengeng di sana? Pengen jug hiihi

        Delete
    6. Kalo baca nama Situ Bagendit, aku selalu teringat dengan legendanya. Padahal aku kan tinggal jauh dari lokasi danau. Nah anak sekarang kayaknya jarang yang kenal legenda dengan danaunya, kecuali yang udah pernah diajak kesana.

      Jembatan nya lucu ya, dan aku sampai zoom fotonya karena penasaran dengan teratai. Enggak kelihatan kalo itu teratai sih, hihii

      ReplyDelete
    7. Wah asyik banget ada payung dan kupu-kupu di udara. Hiasannya bikin anak-anak betah pastinya ya. Kalau anak saya di ajak ke sini pasti bakal seneng banget dan susah buat diajak pulang hehehe

      ReplyDelete
    8. Wan anakku pasti bakal seneng banget ini diajak kesini. Dia sangat minat dengan mainan airnya. Kalo di Cikarang bentuknya bebek buakn sepeda.

      Ceritanya mirip danau toba ya.

      ReplyDelete
    9. Waah menarik juga legendanya ya, kira2 di danaunya ada tersimpan harta mak endit ngga ya hahaha

      ReplyDelete
    10. kayaknya saya pernah nonton mitos ini deh di tv, tapi lupa-lupa ingat, wheheh...

      harga tiket masuknya murah banget mbak, berwisata tanpa mengeluarkan kantong yang dalam. selain itu didalamnya banyak wahana, sepertinya tempat ini memang dirawat dengan baik

      ReplyDelete
    11. Waktu sma dulu aku pernah main ke rumah sodaranya temen yang rumahnya di pinggir situ bagendit ini. Ga tau apakah masih tinggal di situ atau enggak. Udah lama banget ga maen ke sana. Pengen deh liburan lagi ke sana sambil mapir ke Candi Cangkuangnya di sana

      ReplyDelete
    12. Aku belum pernah ke Garuuut. Situ Bagendit ada sejarahnya juga ya, Mbak. Bisa sekalian dicritain sama anak-anak misal kesana. Apalagi banyak wahana yang dimanfaatkan. Pasti sangat menyenangkan.

      ReplyDelete
    13. Situ Bagendit yang melegenda, ternyata begini rupanya ya...Haha...baru tahu aku. Padahal dengar namanya udah sejak zaman SD.

      ReplyDelete
    14. Blm pernah ke wilayah ini wlp ibundaku kelahiran wilayah Situ Bagendit. Kita meneropong keindahan terlalu jauh ke luar negeri, sehingga keinbdahan yang ada di dalam negeri seolah tak tak ada.

      ReplyDelete
    15. Legendanya mirip di daerah banyumanis ya.
      Saya lebih suka nai sepeda air nih, goes terus.

      ReplyDelete
    16. Boleh juga ini dimampirin kalau pas liburan ke Garut, pas banget sebentar lagi libur anak sekolah.

      ReplyDelete
    17. Wah, tempat2nya bagus semua nih buat family time. Anak2 pasti suka ya. Aku belum pernah kesini sih bund. Smg suatu saat bs main kesini

      ReplyDelete
    18. Aku sering denger ini Situ Bagendit dari cerita legenda. Sekarang udah bagus banget tempatnya, jadi banyak spot sama wahananya. Tiketnya murah meriah. Asik nih bareng keluarga liburan ke sana hehe

      ReplyDelete
    19. Cocok banget yah ngajak keluarga di sini kak, apalagi banyak wahana bermain untuk anak2, soal situ Bagendit aq baru tau legendanya

      ReplyDelete
    20. Bener dah Mbak.yg ada mecinnya emang bikin nagih buat dimakan wkkwkwk. Tapi ga berlebihan juga hehhee
      Btw aku juga zoom loh yg di jembatan merah emang kkek sampah. Eh ternyata bunga teratai tapi berdekatan tumbuhny hehhehee.
      Jadi tau deh sejarahnya danau situ bagendit heheee

      ReplyDelete
    21. Wah, jadi inget palajaran bahasa indonesia kalau denger Situ Bagendir. Menarik banget mbak, mana tiketnya juga murah lagi

      ReplyDelete
    22. dari SMP aku dikasih tahu legenda situ Bagendit ini mba Yen bahkan sekarang anakku bisa nikmati cerita ini via youtube cerita legenda daerah hehehe..sayangnya aku belum pernah mampir ke Garut jadi penasaran pengen liburan ke sana

      ReplyDelete
    23. Belum pernah ke Garut, katanya selain situ bagendit ini banyak juga tempat wisata menarik lainnya ya Mba. Cerita tentang situ ini layak disampaikan ke anak-anak nih....

      ReplyDelete
    24. Pernah ke situ bagendit jaman SD. Karena aku pernah setahun sekolah di Garut dan pas acara jalan2 sekolah tujuannya ke situ bagendit. Dulu belum sekece ini tempatnya.

      ReplyDelete
    25. Baru kali ini denger danau Situ Bagendit, ceritanya memukau mbaa pengne ke sana jadinya
      masuknya murah ya, kalau nggak lebaran lebih murah lagi asik. Semoga kapan2 bisa main ke sana.

      ReplyDelete
    26. Ada danaunya.terlihat lebih alami,

      Kalo lagi lebaran..emang kesempatan naikan harga .tapi masih murah banget kok...asyik buat happy bareng keluarga .

      ReplyDelete
    27. legend banget kak situ bagendit. malah ad ayang bilang kalau baca doa apa suka terkabul katanya,, bener gak sih itu?

      ReplyDelete
    28. Wah aku baru tau tempatnya sebagu itu bun, pengen kesana deh

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya πŸ˜ƒ dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih πŸ™

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES