• Wednesday, July 31, 2019

    Tahukah Bunda Salesma dan Influenza Itu Berbeda, Lho. Ini Alasannya Kenapa Vaksin Flu Itu Penting

    salesma dan influenza itu berbeda. ini alasan kenapa vaksin flu itu penting


           Hai-hai Bunda. Hari ini aku mau berbagi kebahagiaan dan ilmu yang aku dapatkan waktu hari Sabtu, 27 Juli 2019. Dimana di hari itu aku diundang untuk meliput acara yang menurutku edukasi sekali tentang influenza dan #KenapaHarusVaksin? Ya sudah aku langsung ke sana dan tinggalkan Erysha bersama ayahnya di rumah. Kadang-kadang membiarkan ayah dan anak kencan berdua itu penting sekali lho menurut aku. 


          Nah Bunda, berbicara soal flu sebuah penyakit biasa yang sering kita dengar ya dan penyebarannya juga sangat cepat sekali. Dulu waktu awal menjadi ibu baru, ketika Erysha sudah terkena flu aku suka khawatir sekali, suka ikutan sedih kalau melihat dia jadi kurang nafsu makan, badan tidak enak dan terkadang ada batuknya juga dan itu sembuhnya lamaaaaa sekali. Apalagi kalau anak Bunda sudah bersekolah, flu bisa membuat anak tidak masuk sekolah dan tidak bisa bermain dengan teman-temannya ya Bun. 

          Seiring berjalannya waktu dan sebagai ibu, aku menuntut diriku sendiri untuk terus belajar. Selain ilmu parenting aku pun belajar tentang ilmu kesehatan. Pernah dengarkan bahwa seorang ibu itu banyak profesinya? Termasuk harus tahu juga tentang kesehatan agar bisa melindungi keluarga kecilnya dari berbagai penyakit. Begitu juga dengan aku dan aku baru tahu lho sejak punya anak bahwa flu biasa dengan influenza itu berbeda lho. Walau gejalanya mirip sih.

    Baca juga: Ibu yang Tidak Sempurna


    Apa Itu Influenza?


    apa itu influenza, bahayanya dan dampaknya

          Nah, di acara ini aku merasa semakin teredukasi karena panitianya mengundang pakarnya langsung yaitu dr Attila Dewanti Sp.A (K). Aku banyak dapat ilmu dalam acara ini. Jadi, penyakit pilek kebanyakan dan biasa sering kita sebut flu itu, tepatnya namanya adalah salesma yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus tetapi tidak berbahaya. Kalau disebabkan oleh virus berarti tidak membutuhkan antibiotik ya Bun. 

    Salesma itu asalkan si penderitanya banyak makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, banyak minum air putih bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi berbeda dengan influenza karena ternyata influenza ini penyakit berbahaya. Mengapa?


    Bahaya Penyakit Influenza


          Anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun rentan terkena komplikasi flu seperti pheumonia dan bronkitis, infeksi sinus dan telinga. Apalagi jika anak-anak memiliki riwayat asma, diabetes dan gangguan otak atau sistem saraf lebih bermasalah lagi jika terkena penyakit flu ini.

          Menurut CDC (Centers of Disease Control and Prevention) memperkirakan bahwa antara 7000 sampai 26.000 anak-anak di bawah 5 tahun telah dirawat di rumah sakit setiap tahun di Amerika Serikat karena Influenza. Sayangnya, kita suka menganggap penyakit ini ringan karena memang sulit membedakan antara salesma dan influenza ini. 

    Jadi, jika tidak ditangani segera bisa berbahaya bahkan menyebabkan kematian. Dan aku bersyukur sekali, ternyata flu yang dialami Erysha adalah salesma. Walau begitu tetap dong kita harus mempelajari influenza ini karena itu tadi sudah berbahaya dan penyebarannya cepat lagi. 

          Terutama dari lingkungan sekolah. Karena di sekolahlah anak banyak berinteraksi dengan teman-temannya dan lingkungan sekolah yang tidak selalu terjamin kebersihannya, saking cepatnya penularan ini bisa melalui dari bersin, memegang sesuatu yang telah terkontaminasi dengan virus influenza kemudian menyentuh hidung dan mulut. Huhuhu serem banget ya saking mudahnya penularannya membuat kita was-was ya Bun.


    Gejala Terkena Sakit Flu (Influenza)


    apa itu influenza, bahayanya dan dampaknya

    Bunda gejala flu ini mirip sekali dengan gejala salesma, oleh sebab itu, setiap anak pilek kita harus amati dan peka dengan perkembangan kesehatan anak kita. Apakah ini salesma atau sudah tanda-tanda gejala influenza? Berikut tanda-tanda gejala influenza:

    1. Demam mencapai suhu 39,4 Celcius sampai 40,5 Celcius
    2. Nyeri di badan
    3. Sakit kepala
    4. Sakit tenggorokan
    5. Batuk yang semakin parah


    Bagaimana Cara Melindungi Diri dan Anak dari Virus Influenza?


    1. Jaga jarak atau kontak dengan si penderita influenza 
    2. Membiasakan gaya hidup sehat untuk menjaga daya tahan tubuh agar kita tidak mudah tertular penyakit
    3. Sering mencuci tangan dengan sabun dan jika tidak ada sabun bisa menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol
    4. Pencegahan terbaik dan teraman adalah dengan melakukan vaksin flu


    Kenapa Harus Vaksin Flu?


    Jujur ya Bunda, aku baru tahu tentang vaksin flu ini adalah di acara ini. Yang aku tahu biasanya vaksin wajib seperti vaksin polio, bcg, dpt, campak dan lain-lain. Tapi ternyata ada vaksin flu juga dan ini anjurkan sekali. Karena influenza ini berbahaya, oleh karena itu organisasi kesehatan dunia (WH0) telah lama menyarankan anak-anak untuk divaksin flu juga sejak mereka berusia di atas 6 bulan.

    Baca juga: Panduan MPASI WHO

    Vaksin flu bukan hanya untuk anak-anak tapi bisa juga untuk orang dewasa sebagai salah satu cara melindungi diri dari influenza ini. Jadi, vaksin flu ini dilakukan setiap tahun. Sebenarnya di negara-negara maju seperti Amerika sudah menggratiskan vaksin flu ini. Semoga di Indonesia menyusul ya Bun. Kita doakan saja. 


    Apakah Vaksin Flu Itu Aman?


    apa itu vaksin flu, mengapa vaksin flu itu penting dan amankah vaksin flu itu untuk anak

    1. Jika sampai direkomendasikan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) berarti sudah aman ya Bun dan sudah melalui rangkaian penelitian dan uji coba.

    2. Vaksin flu dibuat dengan aman dan produksi yang ketat. Selain itu sudah digunakan oleh jutaan orang selama beberapa episode dan halal juga ya

    3. Vaksin flu ini telah mengandung strain yang lengkap, jadi bisa memberikan proteksi yang maksimal. 

    4. Efek sampingnya minim sekali

    Jadi, kita nggak perlu khawatir ya Bun soal keamanan vaksin ini. Lalu manfaat vaksin flu ini apa saja?


    Manfaat Vaksin Flu?


    - melindungi diri sendiri, anak, keluarga dan orang lain
    - mengurangi resiko terkena flu dan komplikasinya


    pentingnya vaksin flu


    Nah Bunda, semoga kita semakin mendapatkan pencerahan ya mengenai vaksin flu ini dan dilapangkan rezekinya agar anak kita bisa setiap tahun mendapatkan vaksin flu ini. Buat Bunda yang ingin mendapatkan informasi lengkap kenapa harus vaksin, boleh sekali mampir ke instagramnya ya @kenapaharusvaksin. Yuk Bunda kita lindungi diri kita n keluarga sedini mungkin 

    #KenapaHarusVaksin
    #4BetterProtection
    #LawanFluDiSekolah
    #TUMBloggersMeetUp

    33 comments:

    1. Terimakasih untuk infonya, sukses terus..

      ReplyDelete
    2. Baru tahu juga aku bun🤭
      Kalau vaksin flu berarti vaksin tambahan ya bund? Bukan masuk vaksin dasar y?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sebenarnya vaksin ini dianjurkan bun. Soalnya pemerintah blum siap klo mensubsidi semua vaksin

        Delete
    3. ternyata begini teknik virus menyebar terkait influenza, makasih buk, sukses terus ya :D

      ReplyDelete
    4. Nah, edukasi macam ini harus digalakkan terus-menerus ya Mak.
      Supaya terus sehaattt anak2 Indonesia :D
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      ReplyDelete
    5. Aku baru tahu loh Mak, tentang Vaksin Influenza ini, apa lagi dianjurkan vaksinnya sejak bayi umur 6bulan.
      Trus perbedaan sama Salesma itu juga, jadi nambah ilmu nih.
      Makasih sharingnya ya Mak

      ReplyDelete
    6. Anak-anak saya termasuk yang tertib vaksin. Tetapi, memang belum pernah vaksin Influenza karena dulu belum dianjurkan. Berrati bisa menyusul kalau begini, ya

      ReplyDelete
    7. alhamdulillah vaksin 3 boyz dah kumplit. tapi krna keuangan yg terbatas, cuma vaksin wajib aja yg dijalani. mudah2an bisa nyusul untuk vaksin influenza. makasi buat sharingnya mba :)

      ReplyDelete
    8. Wah mak, makasih sharingnya... Jadi tau nih gejala influenza yang harus diwaspadai... Semoga di indonesia juga bisa segera gratis vaksin influenza ya...

      ReplyDelete
    9. Iya sering ketukar ya selesma dan influenza padahal beda..gejalanya juga beda, jadi lebih waspada nih, terima kasih artikelnya ya

      ReplyDelete
    10. Wah saya jadi tahu, ternyata beda ya antara salesma dan influenza. Terima kasih atas sharingnya

      ReplyDelete
    11. Aku baca bukunta dokter Apin yg mengulas tentang selesma dan influenza ini juga. Dan merasa tercerahkan. Baca sharingnya jadi makin paham kalau memang vaksin itu bisa jadi rekomendasi untuk pencegahan

      ReplyDelete
    12. Saya juga baru tahu kalau ternyata ada faksin flu. Waah, faksin flu ini efek sampingnya minim dan halal. Jadi kita yang mau faksin flu Insya Allah tenang dan nyaman.

      ReplyDelete
    13. Waah aku juga baru tau bedanya salesma dan flu. Kalau vaksin flu dah tau lama sih soalnya ponakan pada vaksin flu. Cuma si kecil ini belum pernah. Kakak kakanya dulu juga belum vaksin flu

      ReplyDelete
    14. Alhamdullillah, putriku Yasmin juga lengkap vaksinnya.
      Tapi masih vaksin standard sih.
      Kalau vaksin flu, belum.
      Tiba-tiba jadi ingat kaus flu burung yang sempat viral eui...

      annarosanna(dot)com

      ReplyDelete
    15. Ternyata flu bisa berbahaya ya,selama ini saya mikirnya salesma itu sama aja kek flu.btw makasih infonya Mak , mau vaksin flu brrti k klinik or RS ya, kalo di posyandu blm ada

      ReplyDelete
    16. Eh beda ya. Kirain yg pake demam itu yg akut.
      Emang sih biasanya saya+keluarga kalo terserang flu banyakin asupan nutrisi+air putih. Alhamdulillah gak pernah lebih dari 3 hari pulih lagi.

      ReplyDelete
    17. anak2 aku suka aktivitas luar dan ini butuh asupan gizi yang besar kadang bisa tertular flu dari teman2nya, oleh karena itu perlu banget imun yang baik

      ReplyDelete
    18. Tahun lalu disarankan untuk vaksin Influenza sama dokter, tapi sampai sekarang malah beluman. ini ternyata penting banget ya untuk dilakukan semua anggota Keluarga kalau bisa, supaya sehatnya juga sama2 dan mencegah sakit yang lebih serius lagi.

      ReplyDelete
    19. Duh..kebiasaan kita nih. .., kalo bersin ingusan batuk .tari kesimpulan itu pilek..flu

      Ternyata beda dan ternyata tingkat bahaya juga beda..

      ReplyDelete
    20. Wah baru tau ada vaksin influenza ini bun.. setuju banget kalau vaksin sangay penting yaa buat kekebalan tubuh. Penting dih dijadwalin untuk vaksin influenza ini

      ReplyDelete
    21. Beneran saya baru tahu bedanya Salesma sama Influenza
      Tahunya batuk pilek yaa gejala Influenza
      Ternyata ciri-cirinya ada banyak

      ReplyDelete
    22. Duh, kujadi kepikiran anak-anak yang gampang kena flu. Kudu divaksin flu deh ya kayak.

      ReplyDelete
    23. Influenza walopun penyakit ringan tapi emang bikin anak ga masuk sekolah nih kalo parah. Kira-kira berapa ya biayanya?

      ReplyDelete
    24. Vaksin emang paling penting untuk pencegahan suatu penyakit selain jaga pola makan dan kebersihan diri tentunya, yukk ahh janga sampai kelewat vaksin flunya..semoga anak2 selalu sehat ya mba

      ReplyDelete
    25. Aku vaksin flu seh buat anak-anak
      Tahu sendiri anak2 di sekolah huhuhu flu satu flu semuaaa

      ReplyDelete
    26. Gara-gara artikel ini saya jadi tau kalau selesma dan influenza itu dua hal yang berbeda. Dulu sempat mikir, kenapa sampai ada vaksin influenza? Karena yang mikirnya batuk pilek doang. Ternyata ini to masalahnya. Artikel yang mencerahkan. Terima kasih ya, mak 😊

      ReplyDelete
    27. Aku baru tahu kalau vaksin flu ini bisa buat anak-anak. Aku tahunya buat dewasa. Itupun karena sebelum umroh harus vaksin maningitis dan ada vaksin flu juga. Terima kasih infonya, Kak.

      ReplyDelete
    28. Bermanfaat sekali, bun. Infonya, makasih ya. Memberi pengetahuan tentang flu.

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES