Skip to main content

Mainan Sederhana Yang Dapat Memberikan Banyak Stimulus Pada Anak


        Sore ini aku seneeeng banget. Pulang-pulang suami kerja, pak suami bawain dua mainan edukasi buat anak kami Erysha (1y1m). Langsung deh bikin aku semakin semangat lagi menstimulus Erysha di rumah. 

        Nah bunda daripada uang kita dipake buat beli makanan mulu yang jelas-jelas abisnya ke perut juga, beli perhiasan yang fungsinya gitu-gitu aja, beli baju yang kepakenya juga cuma bentar atau daripada beli yang nggak-nggak,  mendingan beli jajanan awet seperti mainan edukasi ke anak dimana banyak banget manfaatnya dalam menstimulus anak kita di rumah.

         Nggak usah yang mahal-mahal bunnn yang penting ada nilai edukasinya buat anak kita. Kenapa sich anak perlu distimulus ? perlu banget bun, karena dari kegiatan menstimulus itu kita dapat mengoptimalkan kemampuan anak baik pertumbuhannya maupun perkembangannya.

        Anak yang jarang distimulus dapat menyebabkan anak terlambat dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Semakin dini kita menstimulus anak, akan semakin lebih baik dan semakin membuat anak terlatih dengan kemampuan dasarnya. Terutama anak-anak di usia keemasan (0-5 tahun) sangat cepat menyerap dan menerima rangsangannya.

         Jadi sebagai orang tua jangan sampai kita terlambat atau melewati fase-fase itu dan tidak memanfaatkannya sebaik mungkin. Menstimulus itu beda ya bun dengan mengajarkan anak. Menstimulus itu hanya merangsang anak bukan mengajarkan. Soalnya jaman sekarang banyak anak-anak usia bermain dan belum matang diusianya tetapi sudah diajarkan hal yang berbau akademik kayak udah diajarin baca dan hal lainnya. Kan kasian T_T.  

        Nah sore ini pak suami beli 2 mainan edukasi yang ke 1 mainan ring donat dan yang ke 2 mainan bola warna warni. Banyak banget lho bunnn manfaat dari 2 mainan sederhana ini dalam menstimulus anak. Aku mu bahas mainan ring donat dulu  yaaaa. Mainan ring donat ini bisa dimainin dari anak usia 1 sampai 5 tahun.


Manfaatnya apa aja sich ? : 
1. Membangun bonding orang tua dengan anak dalam melakukan kegiatan bersama
2. Mengenalkan anak dengan warna
3. Menambah kosa kata anak
4. Mengenalkan anak dengan konsep besar dan kecil
5. Mengenalkan anak dengan urutan yang terbesar sampai yang terkecil begitu sebaliknya
6. Melatih motorik halus anak
7. Dll

        Ke 2 adalah mainan bola warna warni. Mainan ini bisa digunakan dari usia bayi sampai 7 tahun.

 Manfaatnya :
1. Membangun bonding orang tua dengan anak
2. Melatih motorik halus dan motorik kasar anak
3. Mengenalkan bentuk bulat kepada anak
4. Mengenalkan warna pada anak
5. Menambah kosa kata anak mengenai macam-macam warna
6. Mengenalkan anak dengan hitungan dengan cara yang menyenangkan
7. Mengembangkan daya kreatif anak dalam membuat permainan
8. Mengembangkan daya kreatif orang tua dalam membuat permainan yang dapat menstimulus anak
9. Dll

        Keren ya bunnn, mainannya cuma sederhana n ga perlu mahal-mahal tapi banyak memberikan manfaat stimulus dan manfaatnya juga bisa dirasakan seumur hidup bagi anak kita. Jadi kenapa harus ragu lagi dan menunda  menstimulus anak ? Yuk kita mulai dari sekarang. Selamat menstimulus bunnn 😘😘😘

Comments

  1. asal kita ortunya yg melek info y mba meski mainan sederhana tp klo tau tujuan n manfaatnya pasti ga akan munazir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bunnn n sebagai ortu kita dituntut kreatif juga ya bun gimana caranya mainan apa saja bisa bermanfaat dan menarik bagi anak

      Delete
  2. Alhamdulillah sudah punya kedua mainan tsb mb. Tapi si adek udah bosan hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun harus divariasikan mainannya agar anak ga bosen. In sha Allah masih bisa kepake nanti bun, asal kita bikin permainan sekreatif mungkin agar anak tertarik dengan mainannya. Semangattt bunnn 😘

      Delete
  3. Mainan sederhana ini terjangkau dan bisa beri stimulasi ke anak. Yang penting emaknya telaten ajak main. Keep sharing yaa. Pasti banyaaak ilmunya dengan background guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih teteh, saya nih yang harus banyak belajar dari teteh. Saya baru mulai belajar menulisnya. Bagi ilmunya ya 😘

      Delete
  4. Anak2ku juga suka mainan itu. Bener gak usah mahal2, malah saya jg jarang beliin anak2 mainan krn kalau ada mainan yg ada dibuang2, akhirnya main apa yg ada di rumah aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bun. Apa aja bisa kita jadikan mainan ya. Asal dibikin kreatif agar anak suka. Terima kasih sudah mampir bunda 😘

      Delete
  5. saya punya yang donat bertebaran donatnya n ilang.. hehehe.. akhirnya pakai celengan abangnya. masukin uang lewat lubang celengan. Tapi donut itu sudah saya ajak main sejak usia 8 bulan. Anak saya skrg lebih suka main tutup botol (buka tutup botol yang diputar) dan susun lego. Walaupun masih susun lurus keatas.

    Itu masuk menstimulasi ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang anaknya usia berapa bunda ? buka tutup botol dan bermain lego masih termasuk dalam menstimulus anak bunda terutama dapat menstimulus motorik halus anak dan bisa juga ketika bermain lego kita kenalkan dengan warna dari warna-warna legonya. semangat bun ^_^

      Delete
  6. baca ini serasa diingetin lagi mau beliin inces gia 2 barang ini tertunda terus

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

Popular posts from this blog

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting Untuk Anak Usia Dini

Hai-hai Ayah Bunda! Hari ini saya ingin berbagi kegiatan saya bersama Erysha (1y8m). Yaitu membuat dan bermain Finger Painting untuk anak usia dini.  Cara membuatnya sederhana, tetapi banyak memberikan stimulus pada tumbuh kembang anak kita.

Buat Ayah Bunda yang belum tahu, apa sih itu finger painting? Finger painting adalah jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (bubur warna) secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar, batasan jari di sini adalah semua jari tangan, telapak tangan, sampai pergelangan tangan (Sumanto, 2005).

Kalau gitu, langsung aja yuk kita buat! Hari ini saya sudah menyiapkan semua bahannya dan mengajak Erysha untuk bersiap-siap pula bermain-main dengan catnya.

Baca juga: FINGER PAINTING UNTUK ANAK USIA DINI "MEMBUAT POHON"

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting
Alat dan Bahan

1. Cat warna khusus edukasi anak atau cat biang
2. Koran
3. Air
4. Beberapa wadah kecil untuk tempat cat
5. Air

Pijat Wajah Untuk Anak Terlambat Bicara

Hai Bunda, sebagai orang tua yang masih punya balita, terkadang kita suka khawatir ya. Kok, anak saya umur segini belum bisa ngomong ya? Kok, anak orang lain udah bisa ngomong ya? Kenapa ya, anak saya di diagnosa terlambat bicara oleh dokter? Terus, apa sih yang harus saya lakukan buat menstimulus kemampuan bicara anak saya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang pastinya menggangu pikiran kita ya, Bun.

       Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang pijat wajah untuk anak terlambat bicara. Sebaiknya, Bunda perlu tahu terlebih dahulu, apa saja sih yang menyebabkan seorang anak bisa terlambat bicara? Apa yang harus kita lakukan jika anak kita menunjukkan gejala terlambat bicara? Dan apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menstimulusnya? Boleh, baca di sini dulu ya.

Menurut dr Attila Dewanti, SpA(K) Neurologi mengatakan pada usia tiga tahun, anak mulai bermain dengan teman sebayanya. Kalau anak mengalami keterlambatan bicara, sebaiknya segera lakukan terapi. Karena jika tidak,…

Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersama Anak-Anak

Ayah bunda, di tengah kesibukan saya sebagai ibu rumah tangga baru dan mempunyai seorang balita. Allhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk saya mengajar kembali walau sebulan hanya sekali atau dua kali. Tetapi bukan semata-mata untuk mencari uang, ini hanya sebagai salah satu bentuk peran saya di masyarakat dan juga untuk aktualisasi diri setelah kurang lebih hampir 2 tahun saya tidak mengajar lagi ketika memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. 
        Hari ini saya akan menceritakan salah satu kegiatan saya bersama anak-anak didik saya. Langsung aja ya bun, pagi itu setelah kami perkenalan, saya mengajak mereka bermain permainan kucing dan tikus. Permainan ini sepertinya sudah tidak begitu asing ya di dengar, tetapi keseruan dari permainan ini tak akan pernah habis. Malah bikin anak-anak pada nagih.
        Apa sich itu permainan kucing dan tikus? Permainan ini bisa dimainkan paling sedikit 8 orang. Nah bagaimana ya cara bermainnya ?


Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersa…

7 Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan Khusus

Hai-hai Ayah Bunda. Beberapa hari yang lalu, saya diundang untuk mengisi sebuah komunitas parenting online mengenai "Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Sejak Dini Melalui Tumbuh Kembang Anak". Materinya boleh lihat di sini ya dan saya merangkum pertanyaannya tentang anak berkebutuhan khusus di tulisan saya minggu ini. Siapa tahu bisa memberi manfaat untuk para orangtua yang lainnya
Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan khusus
1. Bunda Epah Assalamualaikum. saya punya anak yang sudah berumur 2 tahun 3 bulan. Tapi belum ada kosa kata yang dapat dimengerti dan anak saya terkadang kurang respon terhadap perintah atau pun panggilan dari orang termasuk saya, walau ada kalanya dia juga dengar dan tahu apa yang kami ucapkan, apa anak saya termasuk ke dalam Anak Berkebutuhan Khusus ya Bun?

Namun dari pandangan saya, daya fokus dan ingatan serta pendengarannya baik karena setiap kali hp berbunyi dia tahu dimana sumber bunyi suaranya dan selalu ingat gerakan dan gaya tokoh di video ya…