Skip to main content

Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung 2020

sekolah tinggi teknologi bandung


Halo-halo. Masih inget nggak sih kapan terakhir kalian wisuda? Menyenangkan ya kalau ingat masa itu. Serasa muda lagi ya kita. Eh atau kalian emang masih muda ya, cuma aku aja kali ya udah tua hahaha 😂. Nah, hari ini aku mau cerita acara wisudanya Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) 2020.

Yup, tepat pada tanggal 11 Januari 2020, diadakan acara penting yaitu wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) XIV di Harris Hotel & Conventions. Sebanyak 209 wisudawan lulus pada hari ini dari 3 jurusan yaitu
1. Teknik Industri (113)
2. Teknik Informatika (70)
3. Desain Komunikasi Visual (26)

Baca juga: Acara Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung 2018


sekolah tinggi teknologi bandung (sttb)


sekolah tinggi teknologi bandung


anak bj habibie


Yeayyyyy selamat ya buat Adek-adek mahasiswa. Semoga ilmunya berkah dan selamat datang di kehidupan masyarakat dengan ilmunya 😍. Lanjut ya, acara wisudanya dibuka dengan dengan paduan suara, beberapa sambutan dari:

Ketua STTBandung : Muchammad Naseer, S.Kom., M.T
Ketua Yayasan : Dr. Dadang Hermawan

Dan orasi ilmiah dari Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A

anak Bj. Habibie

Baca juga: Apa Itu Sekolah Alam?
Baca juga: Ini Alasan Mengapa Ku Memilih Home Schooling untuk Anakku

Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A mengatakan dalam orasinya tentang "Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi 4.0" bahwa ekonomi di masa mendatang harus mengandalkan inovasi dan ada empat hal yang perlu diperhatikan oleh negara manapun di dunia untuk mencapai potensi maksimal untuk masa depan:

(1)Berinvestasi ke Human Capital
(2)Berinvestasi ke Ilmu Pengetahun & Teknologi (IPTEK)
(3)Membina dan mendukung Inovasi & Kewirausahaan
(4)Meminimalkan Kemiskinan
Kutipan dari Presiden Chile, APEC 2013 di Bali

Catatan: (1) dan (2) adalah prasyarat untuk (3), ketiga hal ini akan
kontribusi signifikan dan berkesinambungan untuk (4).

Dari semua penjelasan itu beliau menyimpulkan:

✔️ Ekonomi di masa mendatang harus mengandalkan pada
inovasi untuk mempunyai daya saing tinggi
✔️ Untuk mencapai hal ini, masyarakat terutama berusia muda
perlu aktif di UKM rintisan (Start-Up) diberdayakan dengan
Teknologi (Informasi & Komunikasi)
✔️ Proses Inkubasi perusahaan rintisan itu, menghadapi berbagai
tantangan, diantara nya perlu SDM unggul (terutama di
bidang teknologi), kurang ada nya mentor dan pendanaan (di
fase awal)
✔️ Membentuk SDM itu adalah kunci, sistem dan proses
pendidikan diubah untuk mencapai tujuan
✔️ Mengerti dan menguasai rincian dan proses Teknologi - Inovasi
- Kewirausahaan adalah kunci untuk pengembangan negara
dan bangsa di masa mendatang

MasyAllah ilmunya ya, bergizi sekali yang beliau sampaikan. Semoga generasi bangsa Indonesia ini bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman begitu juga dengan anak-anak mahasiswa lulusan Sekolah Teknologi Tinggi Bandung ini ya.

Nah, setelah beberapa sambutan. Lalu masuk ke acara inti dan yang ditunggu-tunggu seperti pelantikan,  pengumuman skripsi dan wisudawan terbaik. Ini pasti jadi hal yang berdebar-debar ya diantara para mahasiswa 😍. Dan inilah pengumumannya


sekolah tinggi teknologi bandung (STTB)


Skripsi Terbaik TI :

Mahasiswa :  Virgiawan Candra Bhakti, S.T
Juduk  : Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri

Mahasiswa : Indra Rukmana, S.T
Judul: Optimasi Produksi Dyeing Finishing dengan Metode Interger Linear Programming

Mahasiswa : Zaenal Uyun, S.T
Judul : Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode KANSEI Engineering


Wisudawan Terbaik TI

Mahasiswa : Dheyu Laksmi Wulandari, S.T


Skripsi Terbaik TIF :

Mahasiswa :  Deri Hermawan, S.KOM
Judul : Aplikasi 3D Virtual Reality sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android

Mahasiswa : Regina Suksma Citra, S.KOM
Juduk : Klasifikasi Ujaran Kebencian dengab Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web

Mahasiswa : Yasti Aisyah Primianjani, S.KOM
Judul : Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik kwh Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler


Wisudawan Terbaik TIF

Mahasiswa : Muhammad Rizal Mutaqin, S.KOM


Skripsi terbaik DKV

1. Andri Setiawan, S.Ds - Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah

2. Bagus Arya Suseno, S.Ds - Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung

3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds - Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung


Wisudawan Terbaik DKV

Tiffani Zeta D, S.ds

MasyAllah judul-judul skripsi mereka luar biasa ya. Walau sebagai orang awam kita tidak begitu paham dengan apa yang mereka maksud dalam tulisannya. Tapi terdengar begitu keren ya dan semoga penelitian anak-anak mahasiswa ini benar-benar bisa terpakai untuk masyarakat kita. Jadi, nggak sekedar ilmu dalam tulisan aja

Lalu, acara wisuda ditutup dengan doa dan sambutan penutup dari Ketua STT Bandung. Allhamdulillah acara wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung 2020 berjalan lancar dan khidmat, dan sekali lagi selamat untuk Sekolah Tinggi Teknologi Bandung atas kelululusan para mahasiswanya dan terima kasih ikut mencerdaskan anak bangsa ❤️

Comments

  1. Baca2 secara detil kok mb Yeni bisa hadir di acara ini.
    - Anaknya ikut wisuda?
    - Mb Yeni yang diwisuda
    - Mb Yeni salah satu dosennya...

    Gak terjawab hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jawabannya nggak ada yang bener bang 😂. Yang benernya karena dapat undangan ngeliput acaranya Bang 😊

      Delete
  2. Btw, kapan terakhir ke Palupuh mba. Kantor saya saat ini di salah satu puncak gunung di Palupuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh udah lama banget aku ga pulang ke palupuh bang. Terkahir itu waktu masih belasan tahun. Huhuhuhu. Padahal kangen di sana juga. Soalnya nenekku di sana. Ya ampun nggak nyangka Bang Day kantornya di sana. Doain semoga aku bisa pulang ke sana juga

      Delete
  3. Selamat buat STT Bandung atas keberhasilannya meluluskan 209 sarjana baru. juga untuk para wisudawan semoga ilmunya berkah dan berguna bagi sesama. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Aku diwisuda 17 tahun yang lalu, dan itu mengingatkanku kalau udah tua huehehe.... Duh ya itu itu istilah skripsinya, aku ga mudeng. Jadi pemicu buatku untuk terus update dan banyak baca. Biar ga kudet-kudet amat meski ga menguasai semua materi. MInimal tau dikit perkembangan teknologi sekarang. Bukan cuma nguplekin medsos aja

    ReplyDelete
  5. Selamat dan sukses buat adik-adik STTB yang barusan di wisuda, semoga suntikan semangat dari pak Ilham habibie menambah bekal untuk tetap survive setelah meninggalkan dunia kampus

    ReplyDelete
  6. Judul skripsinya gak kebayang pas zaman saya kuliah dulu hehe

    ReplyDelete
  7. Seru ya, wisuda diliput blogger, ini jarang terjadi.
    Bandung menjadi tempat intitut technology terbaik nurut aku.
    Semoga menambah SDM berkompetensi di bidang teknology buat negeri ini dan ikut memberikan sumbangsih terhadap kemajuan negara buat adek-adek yang baru wisuda.

    ReplyDelete
  8. Yang bikin amaze adalah pas moment terahir pas penandatangan MOU, ternyata STTB ini sudah melakukan MOU dengan beberapa perusahaan BUMN ternama loh mak, jadi gak khawatir ya buat para mahasiswa dan wisudawan yang mau magang atau bekerja. Sukses terus ya STTB

    ReplyDelete
  9. Kemarin sempat terbengong-bengong sekaligus kagum juga dengan judul-judul skripsinya. Keren dan inovatif.
    Semoga para wisudawan, meski telah lulus, masih terus mau belajar, tidak berhenti berkarya dan selalu bisa menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  10. Wah bisa jadi referensi perguruan tinggi yang bagus nih buat anakku tahun depan, soalnya aku pinginnya masuk sekolah yang fokus pada teknologi karena ngak bisa dipungkiri kalau di masa depan teknologi punya peran sangat penting dalam kehidupan manusia. Sukses terus untuk semua wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, semoga lulusannya menjadi pelopor SDM berkualitas di Indonesia.

    ReplyDelete
  11. Iya, judul skripsinya bikin mumet orang awam. Tapi aku yakin sumbangsih mereka dengan skripsi tersebut bisa diaplikasikan beneran dalam kehidupan sehari-hari. Selamat ya adik-adik wisudawan.

    ReplyDelete
  12. Wah senangnya bisa melihat wisdaan ya, terakhir itu aku waktu wisuda diri sendiri puluhan tahun lalu :)
    dari Lulusan STTB menelurkan SDM2 yang berkualitas dibidang IT ya

    ReplyDelete
  13. meminimalkan kemiskinan.
    3 hal yang lain yang perlu diperhatikan itu, saling berhubungan dengan hal 'meminimalkan kemmiskinan' ini ya, mbak. noted, bisa jadi materi buat di kelasku ntar.

    ReplyDelete
  14. wah judul skiripsinya cukup membuat roaming hehe karena ga nyampe sama otakku hihi
    keren deh, cerdas dan hebat nih wisudawan STTB
    semoga makin semangat untuk berkarya dan berinovasi

    ReplyDelete
  15. Keren ya STTB ini, insya allah menghasilkan para lulusan yang intelektual dan berahlak mulia, aamiin.

    ReplyDelete
  16. Selamat buat para wisudawan! Semoga ilmu-ilmunya bisa diaplikasikan dan bermanfaat buat masyarakat. Semoga dengan ini, SDM kita makin meningkat ya

    ReplyDelete
  17. Semoga lulusan dari sekolah ini bisa lansung menerapkan ilmunya ,, langsung kerja aplg menciptakan Lapangan pkerjaan top bngt deh

    ReplyDelete
  18. Kampusnya lumayan dekat rumah nih. Pas banget ada jurusan DKV idaman adikku, 2 tahun lagi dia lulus dan lanjut kuliah. Bisa nih aku rekomendasikan STTB buat jadi kampusnya. Hehe.

    ReplyDelete
  19. Duh, lihat wisudaan kayak begini bikin inget masa wisuda dulu deh. Kangen rasanya. Btw, keren ya STTB ini. Semoga wisudawannya menjadi lulusan yang mengharumkan nama baik almamater STTB

    ReplyDelete
  20. Zaman sekarang perguruan tinggi terus berlomba-lomba dalam inovasi. Pun dalam membuka peluang bagi lulusannya. STTB ini termasuk yang rajin melakukan keduanya. Ya inovasi ya membuka peluang berkarya.

    ReplyDelete
  21. Wah selamat nih untuk wisudawan dan wisudawati ..Semoga ilmunya bisa diterapkan di dunia media sosial

    ReplyDelete
  22. Masya Allah Mbak, aku speechless sama judul-judul skripsinya. Apalagi yang lulusan TI itu loh ada perbaikan meja belajar lipat menggunakan metode kansei Engineering. Penasaran itu kayak gimana haha. Semoga bermanfaat bagi masyarakat, ya.

    ReplyDelete
  23. Ternyata selain ITB dan UPI ada lagi perguruan tinggi bagus di Bandung. Sungguh kota pelajar.

    Salam edukasi.
    Esai Edukasi - blog pendidikan, parenting dan pengembangan diri

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

Popular posts from this blog

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting Untuk Anak Usia Dini

Hai-hai Ayah Bunda! Hari ini saya ingin berbagi kegiatan saya bersama Erysha (1y8m). Yaitu membuat dan bermain Finger Painting untuk anak usia dini.  Cara membuatnya sederhana, tetapi banyak memberikan stimulus pada tumbuh kembang anak kita.

Buat Ayah Bunda yang belum tahu, apa sih itu finger painting? Finger painting adalah jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (bubur warna) secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar, batasan jari di sini adalah semua jari tangan, telapak tangan, sampai pergelangan tangan (Sumanto, 2005).

Kalau gitu, langsung aja yuk kita buat! Hari ini saya sudah menyiapkan semua bahannya dan mengajak Erysha untuk bersiap-siap pula bermain-main dengan catnya.

Baca juga: FINGER PAINTING UNTUK ANAK USIA DINI "MEMBUAT POHON"

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting
Alat dan Bahan

1. Cat warna khusus edukasi anak atau cat biang
2. Koran
3. Air
4. Beberapa wadah kecil untuk tempat cat
5. Air

Pijat Wajah Untuk Anak Terlambat Bicara

Hai Bunda, sebagai orang tua yang masih punya balita, terkadang kita suka khawatir ya. Kok, anak saya umur segini belum bisa ngomong ya? Kok, anak orang lain udah bisa ngomong ya? Kenapa ya, anak saya di diagnosa terlambat bicara oleh dokter? Terus, apa sih yang harus saya lakukan buat menstimulus kemampuan bicara anak saya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang pastinya menggangu pikiran kita ya, Bun.

       Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang pijat wajah untuk anak terlambat bicara. Sebaiknya, Bunda perlu tahu terlebih dahulu, apa saja sih yang menyebabkan seorang anak bisa terlambat bicara? Apa yang harus kita lakukan jika anak kita menunjukkan gejala terlambat bicara? Dan apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menstimulusnya? Boleh, baca di sini dulu ya.

Menurut dr Attila Dewanti, SpA(K) Neurologi mengatakan pada usia tiga tahun, anak mulai bermain dengan teman sebayanya. Kalau anak mengalami keterlambatan bicara, sebaiknya segera lakukan terapi. Karena jika tidak,…

Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersama Anak-Anak

Ayah bunda, di tengah kesibukan saya sebagai ibu rumah tangga baru dan mempunyai seorang balita. Allhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk saya mengajar kembali walau sebulan hanya sekali atau dua kali. Tetapi bukan semata-mata untuk mencari uang, ini hanya sebagai salah satu bentuk peran saya di masyarakat dan juga untuk aktualisasi diri setelah kurang lebih hampir 2 tahun saya tidak mengajar lagi ketika memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. 
        Hari ini saya akan menceritakan salah satu kegiatan saya bersama anak-anak didik saya. Langsung aja ya bun, pagi itu setelah kami perkenalan, saya mengajak mereka bermain permainan kucing dan tikus. Permainan ini sepertinya sudah tidak begitu asing ya di dengar, tetapi keseruan dari permainan ini tak akan pernah habis. Malah bikin anak-anak pada nagih.
        Apa sich itu permainan kucing dan tikus? Permainan ini bisa dimainkan paling sedikit 8 orang. Nah bagaimana ya cara bermainnya ?


Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersa…

7 Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan Khusus

Hai-hai Ayah Bunda. Beberapa hari yang lalu, saya diundang untuk mengisi sebuah komunitas parenting online mengenai "Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Sejak Dini Melalui Tumbuh Kembang Anak". Materinya boleh lihat di sini ya dan saya merangkum pertanyaannya tentang anak berkebutuhan khusus di tulisan saya minggu ini. Siapa tahu bisa memberi manfaat untuk para orangtua yang lainnya
Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan khusus
1. Bunda Epah Assalamualaikum. saya punya anak yang sudah berumur 2 tahun 3 bulan. Tapi belum ada kosa kata yang dapat dimengerti dan anak saya terkadang kurang respon terhadap perintah atau pun panggilan dari orang termasuk saya, walau ada kalanya dia juga dengar dan tahu apa yang kami ucapkan, apa anak saya termasuk ke dalam Anak Berkebutuhan Khusus ya Bun?

Namun dari pandangan saya, daya fokus dan ingatan serta pendengarannya baik karena setiap kali hp berbunyi dia tahu dimana sumber bunyi suaranya dan selalu ingat gerakan dan gaya tokoh di video ya…