8 Langkah Pertolongan Pertama ketika Anak Demam #GakPakeDrama

8 Langkah Pertolongan Pertama ketika Anak Demam #GakPakeDrama


Dulu, waktu awal-awal menjadi seorang ibu, aku itu suka panik kalau Erysha sudah mulai demam *maklum ibu baru 😂.  Allhamdulillahnya ada Ayah Erysha yang selalu bisa menenangkanku. Hanya saja tenang saja nggak cukup bagiku. Aku harus belajar ilmunya juga agar aku benar-benar bisa lebih tenang lagi sebagai seorang ibu. Karena tenang dengan bekal ilmu dan doa itu jauh lebih menenangkan pastinya ya

Untuk membekali diriku dengan ilmu, salah satu caranya, aku itu sukaaaa sekali membaca tulisannya dr. Arifianto, Sp. A atau dikenal dengan nama dr. Apin. Beliau adalah salah satu dokter pro RUM yang aku kenal. Apa sih itu RUM (Rational Use of Medicine) itu? RUM itu intinya pemberian obat yang disesuaikan dengan kebutuhan atau rasionalnya si pasien

Sekarang itu kan banyak ya dokter yang sedikit-dikit kasih obat buat diminum, sedikit-dikit kasih antibiotik. Terkadang kalau dokternya nggak kasih, malah pasiennya yang minta untuk diresepkan obat. Karena merasa kurang percaya atau lama sembuhnya kalau nggak pakai obat. Padahal nggak semua penyakit itu harus dilawan dengan obat yang kita minum karena tubuh kita itu bisa melawan dengan sendirinya, lho. Kalau masih nggak bisa baru dibantu dengan obat

Karena nggak baik juga kan kalau sedikit-dikit minum obat. Sebab obat pun bisa menjadi racun di dalam tubuh kita dan merusak ginjal jika kita tidak bijak dalam penggunaan obat dan antibiotik.

Terkadang juga karena kurangnya ilmu di masyarakat kita, mereka menganggap dokter yang bagus itu adalah dokter yang obatnya paten yang langsung membuat kita sembuh setelah minum obat. Padahal bisa jadi yang diberikan dokter adalah obat dosis tinggi yang sebenarnya belum dibutuhkan oleh tubuh kita


cara menurunkan demam pada anak


Makanya, ketika sudah tahu ilmunya, aku nggak terlalu panik lagi jika Erysha demam. Karena menurut dr Apin dan dari yang aku baca, demam itu bukanlah penyakit. Deman itu hanyalah gejala dan pertanda bahwa ada sesuatu di tubuh kita dan anti virus dalam tubuh kita ini sedang melindungi tubuh kita. Begitu juga pada anak kita

Nah, kadang ya kalau demam anak semakin tinggi kita suka panik ya Teman-teman. Padahal, deman tinggi itu tidak selalu berbanding lurus dengan parahnya penyakit. Malah dari demam ini kita bisa mengobservasi sendiri sebelum buru-buru membawa anak ke dokter

Karena kan dokternya juga bingung gejalanya apa saja kalau baru semalam anak demam dan nggak ada gejala yang lain, tapi sudah langsung kita bawa ke dokter. Kita bisa coba berikan dulu langkah pertama ketika anak demam di rumah. Apa saja itu?

Baca juga: Lindungi Anak Kita dari Demam Berdarah

8 Langkah Pertolongan Pertama ketika Anak Deman


hal yang dilakukan ketika anak demam


1. Jangan panik

2. Selalu cek suhu tubuh anak dengan termometer dan amati apa ada gejala lain atau tidak

3. Pakaikan baju yang tipis-tipis saja

4. Berikan anak banyak minum air putih dan juice buah yang banyak mengandung vitamin C. Kalau masih ASI banyakin ASInya

5. Berikan makanan sehat dan makanannya bisa kita jadikan bubur. Nggak apa-apa kalau anak hanya mau makan 2 atau 3 suap. Yang penting ada makanan yang masuk dulu. Nanti frekuensi pemberian makannya bisa diseringkan. Tapi jangan memaksakan anak makan banyak seperti biasa, ya 🙂

6. Berikan anak obat penurun panas yang diminum jika anak rewel. Terus saat apa kita sebaiknya bawa anak ke dokter? Nanti aku tulis di bawah ya 😍

Baca juga: Menghadapi Anak GTM atau Susah Makan

Baca juga: Bedanya Salesma dan Influenza  


Kapan Waktu yang Tepat Pemberian Obat Penurun Panas ketika Anak Demam?


Nah, panas yang dikategorikan termasuk demam adalah ketika suhunya dimulai dari 38°C. Lalu, kapan waktu pemberian obat penurun panas kita berikan? Yaitu ketika anak mulai merasa tidak nyaman dengan dirinya sendiri alias rewel. Kalau anaknya, belum rewel nggak usah dikasih. Itu tandanya dia masih nyaman. Jadi, jangan sedikit-dikit minum obat

7. Sering berikan anak sentuhan dan pelukan

8. Yang ke 8 dan yang terakhir kompres dahi anak.
Kita bisa mengompres dahi anak dengan kain dan air hangat ya. Hanya saja menurutku dan berdasarkan pengalamanku, cara mengompres dengan kain itu ribet banget, baju atau wajah anak suka jadi ikutan basah, terus membuat anak semakin nggak nyaman jadinya

Erysha itu ya kalau dikompres pakai kain begitu, dia suka nggak mau. Dia nggak nyaman banget dan suka dicopot-copotin gitu. Selain itu ya, pakai kompresan kain begitu membuat kita jadi lebih sering lagi terbangun di malam hari karena ngompresin anak. Hahhh malah banyak drama dan membuatku semakin lelah rasanya. Kalian gitu juga nggak sih?

Allhamdulillahnya ya Allah dengan kemajuan teknologi, sekarang Hansaplast sudah mengeluarkan inovasi terbaru mereka lho dalam memberikan pertolongan pertama ketika anak demam yaitu telah diluncurkannya Hansaplast Cooling Fever. Yeayyyyy horeeee 😍.


Apa itu Hansaplast Cooling Fever?

Hansaplast Cooling Fever


Nah Teman-teman Hansaplast Cooling Fever ini adalah kompres demam model terkini dan praktis. Cara pakainya itu gampang, cuma tinggal ditempelkan aja pada dahi anak dan nggak usah berkali-kali ganti. Walau mudah, tapi manfaatnya sama dengan kompresan tradisional, lho. Sama-sama membantu menurukan demam pada anak. Jadi ya, kalau anak demam sekarang Gak Pake Drama lagi deh aku

Hansaplast Cooling Fever Disney ini ada karakter favorit anak juga lho. Soalnya ada gambar Disney Frozennya dan ada Marvel Avengers. Ini akan membuat anak semakin tertarik menggunakan kompresannya dan semangat juga untuk sembuh. Karena anak merasa sedang bersama-sama karakter favorit mereka untuk mengalahkan penyakit atau bakteri jahat dalam tubuh mereka.

Nah, gambar karakter favorit dari disney ini bisa juga lho kita buat cerita untuk anak agar anak teralihkan dari rasa sakitnya. Sudah begitu ya, Hansaplast Cooling Fever ini dapat memberikan rasa sejuk pada dahi anak dengan aroma menenangkan dari peppermint dan wintergreen oil yang enak banget, aromanya bisa tahan sampai 8 jam lho. Ya Allah suka deh aku. Membantu sekali menurut aku.

Lalu, kapan kita membawa anak ke dokter ketika demam?

Dikutip dari website terpecaya milissehatyop.org tanda bahaya anak harus dibawa ke dokter:

- Demam >38°C pada anak berusia <3 bulan

- Demam >39°C pada anak berusia 3-6 bulan

- Demam menetap lebih dari 5 hari ( tapi kalau aku, Erysha 3 hari masih demam baru aku bawa ke dokter)

- Nyeri kepala dan kaku leher yang hebat

- Ruam perdarahan (peteki) di bawah kulit

- Tidak mau makan/minum (dehidrasi)

- Kejang

Nah, itu Teman-teman 8 Pertolongan Pertama yang ku lakukan ketika Erysha demam. Allhamdulillah sekarang kalau Erysha demam #GakPakeDrama lagi deh aku. Jadi lebih tenang sekarang sambil terus aku pantau perkembangannya kalau Erysha sedang sakit dan jangan lupa kompresan #HansaplastID juga harus selalu ada ya di kotak P3K keluarga kita. Buat jaga-jaga kalau anak demam di malam hari. Semoga anak-anak kita sehat-sehat ya Teman-teman 😍

Yuk kunjungi www.hansaplast.co.id dan melalui akun Instagram resmi Hansaplast @Hansaplast_ID dan Facebook Fanpage @HansaplastID


74 comments

  1. Wah, zaman now segala2 udah praktis ya. Sekarang udah ada Hansaplast Cooling Fever untuk mengatasi demam pada anak. Kemasannya simple juga jadi bisa dibawa traveling ke mana aja. Hati bunda tenang deh karena udah punya solusi terbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak, sekarang makin praktis dan kayak hansaplasan cooling fever ini bisa jadi andalan banget dirumah untuk melakukan pertolongan pertama ketika anak demam ya.

      Delete
  2. Hansaplast Cooling Fever ini juaraaak banget dah
    Andalan ibu2 untuk atasi demam anak.
    Ada motif Disney jadi makin syukaak

    ReplyDelete
  3. Aku juga dulu suka drama deh kalau urusan ngompres anak pas demam. Anakku tu nggak suka banget kompres model apapun. Makanya suka banget pas ada Hansaplast Cooling Fever ini. Anakku ngefans ama Avengers soalnya, haha

    ReplyDelete
  4. Terimakasih ya bun sharenya sekarang ga perlu ribet lagi ya pakai dikompres segala, tinggal pakai saja hansaplast cooling fever

    ReplyDelete
  5. Biasanya anak-anak tetap aktif meskipun demam. Gak kayak orang dewasa yang kalau demam pengennya tiduran. Makanya suka susah kalau dikompres. Bagus juga ada Hansaplast Cooling Fever ini

    ReplyDelete
  6. Ya, Mbak. Saya aja masih suka panik kalau anak demam. Apalagi anak saya dua-duanya aktif dan paling nggak mau kalau dikompres pakai kompresan biasa. Dengan adanya hansaplast cooling fever ini memang bantu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama. kalau pakai kompresan biasa suka dilepas2. makanya begitu dikasih tahu yg ini ada gambarnya, akhirnya dianya nurut deh wkwkw

      Delete
  7. Eh aku juga nggak suka kalo anakku dikasih antibiotik biasanya nggak ku minumin hahaha.. mana kalo diminumin itu suka dimuntahin mom hadeuh

    ReplyDelete
  8. Huhu ini pas banget si kecil lg demam mba. Udah 3 hr lebih, udah k dokter, udah dikasih obat. Doakan sgera sehat. Ga sedia cooling fever seperti ini d rmh

    ReplyDelete
  9. Wah, Hansaplast ada produk kompres juga ya atau coolimng fever..mantaplah, merek lama tetap eksis, karena selalu berinovasi.

    ReplyDelete
  10. bisa buat jaga2 di rumah ini barang, ada yang sakit atau tidak ada yang sakit harus ada

    ReplyDelete
  11. Aky juga sedia terus plester demam di rumah. Gak pake drama tinggal tempel aja ya mbak. Apalagi sekarang gambarnya lucu2

    ReplyDelete
  12. Inovasi dari hansaplast , sudah ga pake ribet lagi anak Deman di kompres dengan handuk

    ReplyDelete
  13. Wah, ilmunya ini aku butuhkan banget Secara aku juga ibu baru. Kemarin babyku juga panas dan rewelnya Masyaallah setelah imunisasi. Drama banget. Kalo gak tau ilmunya kan pasti akunya ikutan bingung, stres ga karuan, hehe..

    ReplyDelete
  14. moms itu harus serba siaga ya, kalo anak-anak demam terkadang banyak para moms jadi panik, gajauh-jauh mamahku juga sampai aku sudah sebesar sekarang kalo alamin demam ini suka panik. Sekarang ini udah ada hansaplast produk kompresnya ya

    ReplyDelete
  15. Praktis banget ya mbak. Tinggal tempel. Nggak perlu kompres-kompres pake washlap lagi. Kering dan aman.

    ReplyDelete
  16. Praktis ya mbak pemakaiannya. Nggak perlu sedia termos es, waslap, air. Buat bepergian enak untuk jaga-jaga.

    ReplyDelete
  17. Saya juga pake kompres kayak gitu mbak kalau si kecil demam. Anaknya lebih suka dan nyaman. Rasanya kan dingin, jadi kerasa adem. Memang ya hansaplat cooling fever bisa jadi andalan.

    ReplyDelete
  18. Iya, selama ini masih banyak yang salah kaprah, kalau dokter yang bagus itu dokter yang bisa kasih obat sekali minum langsung ilang penyakitnya. Padahal bisa jadi itu dosisnya tinggi buat badan kita, ya. :(

    Menangani demam pada anak juga jangan langsung ke dokter ya. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Dan berharap, dg langkah yg kita lakukan, demam anak bisa mereda.

    Kalau dikompres pakai kain yg basah gitu, emang gak nyaman sih. Jadi adek Erysha enggak suka. Untungnya sekarang ada Hansaplast Cooling Fever. Motifnya juga lucu, ada The Avengers dan Frozen.

    ReplyDelete
  19. Wah hansaplast andalan Dewi nih yang plester, sekarang berinovasi utk penurun demam ya. Membantu banget untuk para ibu menurunkan demam tanpa pakai drama:)

    ReplyDelete
  20. wah hansaplas mengeluarkan cooling fever sekarang, makin komplit deh perawatan sakit dari hansaplast ini.

    ReplyDelete
  21. Ada Hansaplast kompres ini benar-benar membantu ya Mbak. Selain lebih simpel pastinya demam anak juga cepat reda.

    ReplyDelete
  22. Anakku seneng banget dipakein hansaplast cooling fever ini. Katanya dingin2 gitu trus nggak rewel.Boboknya juga jadi nyenyak

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah ya nggak perlu kompress pakai air lagi sekarang. Anak demam ada banyak alternatif obat yang bisa digunakan dengan mudah dan murah. Apalagi karakter bergambar begitu disukai anak-anak.

    ReplyDelete
  24. Kemasan Handsaplast cooling fever-nya keren banget. Kalau kayak begini, biasanya anak-anak tidak akan keberatan tuk memakainya. Buat ibu juga tidak perlu repot ngompres lagi karena ada handsaplast yg lebih praktis

    ReplyDelete
  25. Cakep deh kompresnya ada gambar kartun kesukaan anakku. Bener ya, anak2 tu paling risih kalo dikompres,tapi dengan hansaplast cooling fever no worry deh.

    ReplyDelete
  26. Iya biasanya tiga hari deman, aku bawa bocah ke dokter..lucu amat kompres Hansaplastnya..

    ReplyDelete
  27. Pertama keluar Hansaplast Cooling Fever seneng banget aku..karakternya itu favorit anak-anak..jadi kalau demam #GakPakeDrama Lagi

    ReplyDelete
  28. Hansaplast cooling fever ini membuat kita meminimalisir penggunaan obat ketika anak terserang demam yaa...

    ReplyDelete
  29. Ide Hansaplast memang brilian!
    Tahu banget karakter favorit anak.
    Lihat kemasan langsung berasa sembuh
    Pilihan warnamya juga, aku juga suka

    ReplyDelete
  30. Sama nih, dulu anakku yang bungsu juga gitu. Kalau dikompres pake handuk dikasih air selalu dibuang-buang. Risih kalik ya, kan basah gitu. Tapi kalau pake cooling fever anteng. Coba dulu udah ada yang pake gambar lucu gini, dia pasti bakalan suka.

    ReplyDelete
  31. Wah, sama kaya jav dan rashya, enggak suka pakai kompres konvensional, tapi kalau pakai hansaplast cooling fever mau :)

    ReplyDelete
  32. Wah inovasi baru dari Hansaplast ya Mbak. Plester pereda demam. Alat kompres gitu. Gambarnya lucu lucu lagi

    ReplyDelete
  33. Erysha cantiiik banget, mashaAllah~
    Wajahnya pas bobo bener-bener damai yaa, kak...berasa gak lagi sakit gituu...
    Polosnya dan tenangnya.

    Kalo gak salah, Hansaplast Cooling Fever ini bisa dibeli satuan yaa, teh Yeni?

    ReplyDelete
  34. Adek pinter banget sihhhhh pakai cooling fever hnsaplast ini. Jadi gak pake drama ya mak dianya juga cepet sembuh jadinya

    ReplyDelete
  35. Iyap semenjak Ada hansaplast cooling fever bikin praktis y mba,, anak2 mau d kompress dh gitu bnyk gambar animenya yg d suka

    ReplyDelete
  36. Baru tahu kalau hansaplast ada cooling fever. Bolehlah diaoba krn aku pun juga suka cooling fever

    ReplyDelete
  37. Gambar-gambarnya lucu ya..
    Harus sedia ini di rumah, biar saat anak demam bisa memberikan pertolongan pertama

    ReplyDelete
  38. aku termasuk yang anteng sih kalau anak demam. tapi pernah juga anaknya langsung kubawa ke dokter padahal baru demam sehari karena lemes banget gitu. hihi. kalau pakai hansaplast belum pernah nih. kayaknya patut dicoba biar nggak selalu minum parasetamol kalau anak demam

    ReplyDelete
  39. Sama Bun, aku biasa kasih jangka waktu 3 hari dulu sebelum ke dokter, tapi ya itu..kadang khawatirnya itu..meski udah dikasih cooling fever atau parasetamol gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo emak mah, apalagi yg anaknya udah 2 atau 3, saya rasa udah gak begitu khawatir lagi kalo anak demam. Tunggu dulu 2-3 hari, baru ke dokter. Beda sama suami, yg apa-apa kalo anaknya demam udah main langsung kasih obat kimia dan bawa ke dokter aja. Heuheuheu. Malah pas anak demam orang tuanya yg 'perang' ya mba. Hihihi

      Delete
  40. Salfok sama tampilan baru hansaplast, karakter tokoh frozen itu paling banyak disukai anak2, jd kalau dipakekan hansaplast pasti gak nolak. Btw mesti sedia ini di rumah

    ReplyDelete
  41. Walau sudah punya anak 3, tetep aja kalau anak demam, jadi resah gelisah. Ribut ubek-ubek lemari cari sapu tangan handuk buat ngompres. Kalau ada persediaan hansaplast cooling fever ini, jadi tenang ya, isi lemari juga nggak berantakan hehehe

    ReplyDelete
  42. Anakku aja yang udah remaja masih pakai hansaplast praktis sih gak perlu hangatin handuk lagi, mereka juga jadi lebih pulas bobo nya

    ReplyDelete
  43. Si sulung termasuk yg gak betah kalo dipakein hansaplast fever ini. Tapi begitu tahu ada yg edisi gambar, dia merasa sedang dihealing, sedang disembuhkan oleh Elsa dan teman-temannya. Hahahaha. Kadang hal yg kita anggap receh, itu berharga banget buat anak, even itu sebuah gambar atau ilustrasi kesukaan mereka.

    ReplyDelete
  44. Saya suka dengan dokter yang pro RUM seperti dokter Apin ini sayang di tempat saya gak ada eh atau saya yang belum ketemu aja. Btw anak demam emang sering bikin panik ya sampai menanganinya jadi kurang tepat gitu.

    ReplyDelete
  45. Benar sekali, Mbak Yeni. Dulu kalau anak demam, kita langsung panik ya. Apalagi pas bayi. Nangis melulu, jadi langsung maunya dibawa ke dokter saja.
    Padahal banyak hal-hal yang bisa kita tangani sendiri.
    Dan keren nih, Hansaplast ada cooling fever-nya. tampilan juga memikat dengan karakter kartun anak-anak.

    ReplyDelete
  46. Anti ribet ribet club ya Mak.
    Semogaaaa kita semua sehaaattt
    Anak2 juga sehat yaaa

    ReplyDelete
  47. Lucu banget Hansaplast Cooling Fever ini ya mbak. Anak-anak pasti lebih suka dikompres pake ini. apalagi dengan gambar kesukaan mereka.

    ReplyDelete
  48. Hansaplast Cooling Fever ini memang wajib ada deh dirumah ya mba untuk jaga-jaga kalo tetiba anak demam. Ada gambar kartun favorit anak-anak juga bisa jadi semangat buat mereka untuk cepat sembuh dan ngurangin rewel

    ReplyDelete
  49. Aku baru tahu loh Mbak, ada kategori dokter yang pro RUM. Apakah itu komunitas atau bagaimana? Aku juga sebenarnya aliran yang sedikit-sedikit minum obat, tapi kadang kalau anak-anak suka khawatir kan ya

    ReplyDelete
  50. Cantiknya Erysha dan beruntungnya karena punya ibu seperti mbak Yeni

    Karena banyak orang tua ngga sabar ketika anaknya sakit, pokoknya dikasi obat, ga peduli antibiotic atau bukan

    ReplyDelete
  51. Hansaplast cooling fever ini membantu para bunda saat suhu tubuh anak naik ya. Anak juga nyaman menggunakannya.

    ReplyDelete
  52. Demam ini kelihatannya aja sepele, tapi bisa bikin kalang kabut emak-emak kalau anak udah mulai demam dan sekarang anak-anak mintanya pakai cooling fever aja daripada minum obat

    ReplyDelete
  53. Kalo anak demam masih semangat makan minum..aku nggak khawatir..tapi kalo udah malas makan ..ditambah muntah...jadi was2 banget..

    Hansaplast membantu banget ya buat nurunin demam..

    ReplyDelete
  54. Sumpaaah kalo ini sih nggak cuma anak2 yang butuh, tapi ortu pun juga hahaha. Kalo anak demam,mungkin dr kita sebg ortu harus lebih tenang dan ga panikan yak

    ReplyDelete
  55. wajib ada di kotak obat. kita gak pernah tahu kapan penyakit menyerang. jd sewaktu2 panas demam kan gak panik jg. anak jg mau pakainya karena lucu

    ReplyDelete
  56. Kalau saya dulu pakai kaya gini anaknya kan nggak mau tuh mbak, jadi tunggu pas dia tidur baru ditempel. Mungkin kalau anak lihat kemasan yang lucu dengan karakter kegemaran anak mereka akan lebih mudah dipakaikan plester ya?

    ReplyDelete
  57. iya nih, lagi booming hansaplast cooling fever
    tinggal sobek kemasannya, ambil isinya lalu ditempel ke dahi si anak yg demam
    nggak usah repot2 kayak dulu yang kudu meres handuk untuk ditempel ke dahi
    lebih praktis lah yang ini

    ReplyDelete
  58. Hansaplast cooling fever ini cocok ya untuk dijadikaj teman travelling, jadi kita enggak perlu worry lagi kalau anak mendadak demam saat di perjalanan. Tapi tetap harus selalu pantau suhu tubuh dan gejala lain yang mungkin muncul ya, Mbak.

    ReplyDelete
  59. Harus stock juga Hansaplast di kotak P3K dirumah nih… Simple dan praktis pemakaiannya. sering kali pakai kain he he he.

    ReplyDelete
  60. pertolongan pertama yang sangaaaat tepat ya untuk anak anak

    ReplyDelete
  61. Wah salah dong aku ya, kalau anak aku demam. Aku malah memberikan baju tebal biar cepat keringatan... Note makasih infonya

    ReplyDelete
  62. bener banget, ngompres anak pakai kain itu ribet banget yang ada baju ikut basah, anak jadi enggak nyaman dan enggak bisa todur tenang. Maka Hansaplast Cooling Fever ini bisa jadi solusi

    ReplyDelete
  63. Apalagi di rumahku yang masih berudara dingin. Kalau mengompres anak, baru sebentaaar eh udah dingin lagi aja tuh handuk kecilnya. Balik lagi ke dapur buat ganti air. Jiaaah, nggak praktis banget. Tapi harus diakui, mengompres itu sangat membantu menurunkan demam.

    Jaman anakku belum ada Hansplast Cooling Fever ini kayaknya. Bahagianyaaa, adik-adik kelasnya anak-anakku. Bisa dikompres tanpa drama, hahaha ...

    ReplyDelete
  64. Keren sekarang apabila anak demam sudah ada produk Hansaplast Cooling Fever untuk memberikan pertolongan pada anak yang demam secara prakti, mempermudah kita kalau lagi traveler keluar kota.

    ReplyDelete
  65. Yang penting ibunya gak panik ya mbak, trus sedia hansaplast kompres kering ini jd pas anak rewel krn demamnya bisa diredakan sementara pakai ini.
    Namun tetep awasin anak juga buat jaga2 kalau ada kegawatdaruratan. Moga anak2 kita sehat sellau juga keluarga dijauhkan dr segala penyakit, ya DBD, ya corona dll aamiin

    ReplyDelete
  66. Pas baca ini pas anak lagi agak demam karena abis imunisasi hehehe, untung di rumah emang sedia hansaplast coolong fever. Btw saya juga followernya pak Dokter Apin :D

    ReplyDelete
  67. saya paling parno kaalu anak deman apalagi lebih dari 3 hari

    ReplyDelete
  68. Handsaplast cooling fever ini jadi andalan aku di rumah, secara kalau suami dinas dan anak tiba tiba panas, aku ga usah khawatir lagi.

    ReplyDelete
  69. Justru suamiku yang panik ketika anak demam. Pengennya segera dibawa ke dokter aja. Padahal di rumah juga sedia obat. Seperti handsaplast cooling fever ini buat stok di rumah.

    ReplyDelete
  70. Sekarang era atau jaman yang sangat praktis
    Untuk kompres sakit deman anak sudah ada hansaplast.
    Lumayan bisa mengurangi rasa kepanikan

    ReplyDelete
  71. Minggu kemarin di adek bayi imunisasi DPT, malamnya demam dan agak rewel akhirnya pake hansaplast cooling fever ini, alhamdulillah pagimya demam turun

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏