Apa Sih Kekurangan dan Kelebihan Kuliah Online?

Kuliah
Pixabay

Saat ini kuliah bukanlah suatu hal yang sulit karena aktivitas kuliah kini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dahulu ketika hendak melaksanakan kuliah kita harus dapat ke kampus untuk bertemu dengan beberapa mahasiswa lainnya dan duduk dikelas mendengarkan penjelasan dari dosen terkait materi yang ada pada mata kuliah tersebut. Namun saat ini kegiatan kuliah sudah semakin fleksibel karena kini banyak kampus yang memberikan layanan kuliah yang dilakukan secara daring atau online. Salah satu universitas yang kini memberikan layanan kuliah yakni ppm manajemen. Ppm manajemen merupakan salah satu universitas swasta yang memiliki standar bagus dalam hal memberikan layanan pendidikan baik dari segi fasilitas maupun dari kualitas belajar mengajar. Kualitas tersebut yang membuat banyak anak-anak yang daftar ppm manajemen 2020.

Keputusan untuk mendaftar kuliah di ppm manajemen dapat menjadi keputusan yang tepat karena aktivitas kuliah yang dilakukan sangat mempermudah mahasiswanya. Aktivitas kuliah menjadi mudah karena adanya sistem kuliah online. Sistem kuliah online ini memang cukup memberikan kemudahan namun tidak selalu kuliah online mudah terkadang kuliah online juga terdapat hal-hal yang menjadi kelemahannya seperti sistem belajar mengajar lainnya. Sistem kuliah biasanya akan dijelaskan di awal pendaftaran yang salah satunya termuat dalam informasi pendaftaran kuliah 2020. Informasi tersebut diperlukan agar nantinya mahasiswa tidak merasa kaget dan bingung dengan sistem yang ada, karena kuliah berbeda dengan sekolah.

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Online Terpecaya 

Baca juga: Bingung Cara Beli Token Listrik? Beli Online Aja  


Kelebihan Kuliah Online

Kuliah online
Pixabay

Sudah disinggung sebelumnya bahwa kuliah online terdapat beberapa kelebihannya. Kelebihan-kelebihan tersebut diantaranya:

1. Dapat dilakukan dimana saja

Aktivitas kuliah secara daring atau online relatif lebih fleksibel karena dapat dilakukan dimana sana dan kapan saja. Walaupun kuliah online tetap terjadwal namun aktivitasnya cenderung disesuaikan dengan kesepakatan antara dosen dengan mahasiswanya. Aktivitas kuliah yang fleksibel tersebut bagi sebagian orang sangat mempermudah, karena kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan bersama dengan kegiatan atau aktivitas lainnya. Bagi kamu yang merupakan sorang karyawan dan tetap harus kuliah, sistem kuliah online ini menjadi salah satu hal yang sangat mempermudah. 

2. Meningkatkan skill operasional digital

Saat ini teknologi menjadi salah satu benda yang harus dikuasai. Semakin tinggi tingkat penguasaan teknologinya maka semakin mudah pula bagi kamu untuk beradaptasi dengan kondisi dan situasi saat ini yang semuanya dituntut untuk dilakukan secara cepat dan tepat. Melalui kuliah secara daring, maka diharapkan penguasaan dan praktik penggunaan IPTEK semakin familiar.

3. Melatih Kemandirian

Kuliah online umumnya banyak diisi dengan diskusi dan mencari materi secara mandiri. Maka dari itu dengan melakukan kuliah secara daring atau online maka mahasiswa akan terlatih dari segi kemandiriannya. Mereka akan terbiasa dalam mencari materi dan berdiskusi dengan baik dan benar. Mereka juga akhirnya dapat menemukan pola belajarnya masing-masing.


Kekurangan Kuliah Online

Kuliah
Pixabay
Seperti hal lainnya, kebijakan untuk melaksanakan kuliah daring juga masih terdapat beberapa kekurangan. Ulasan mengenai hal tersebut sudah banyak dilakukan salah satunya dalam web goKampus yang sudah banyak mengulas serba serbi dunia perkuliahan. Dan saat ini topik seputar kuliah daring menjadi artikel yang paling sering dicari. Telah disinggung sebelumnya bahwa sistem ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut diantaranya yaitu:

1. Banyak beban untuk mahasiswa

Saat ini yang paling sering dikeluarkan oleh banyak mahasiswa yakni kuliah daring yang terlalu banyak memberikan beban kepada mahasiswanya. Hal ini tentu saja terjadi jika para dosen hanya mementingkan absen tanpa memperhatikan kondisi mahasiswa. Beban yang dirasakan mahasiswa ketika menjalankan kuliah daring yakni beban tugas dan kuis yang tidak pernah ada habisnya.

2. Kedisiplinan mahasiswa menjadi berkurang

Kedisiplinan terkadang menjadi pudar saat pelaksanaan kuliah dilakukan secara daring. Sebagai contoh sederhana, adanya kuliah daring membuat banyak anak yang enggan untuk bangun pagi karena merasa kuliah online dapat masuk telat, sehingga banyak orang yang menggampangkan perihal kedisiplinan ini.

Baca juga: Cara Mendisiplinkan Anak dengan Cara yang Menyenangkan



7 comments

  1. Sama saja dengan sekolah online , kuliah online pun ada kekurangannya ya Mbak Yeni. Banyak beban dan kurangnya kedisiplinan. Tapi menarik ini jika ada fasilitas kuliah online dari ppm manajemen, apalagi di situasi pandemi

    ReplyDelete
  2. Saya termasuk yang sulit konsentrasi menjalani kuliah dengan sistem daring.
    Lebih nyaman kalau ketemu langsung.

    Abisnya aku suka mudah kangen sih, hehe

    ReplyDelete
  3. Segala sesuatu ada kelebihan dan kekurangannya ya, Mbak Yeni. Tapi menurut saya, untuk proses belajar mengajar, dari SD< SMP< SMA, sampai kuliah, bagusnya memang tatap muka. Karena ada materi-materi yang lebih jelas kalau dilakukan secara tatap muka. Termasuk menerapkan kedispinan dan semangat kuliah juga.

    ReplyDelete
  4. Andai berstatus sebagai mahasiswa, mungkin aku juga termasuk yang lama-kelamaan akan terlena dengan waktu belajar fleksibelnya kuliah online. Lain cerita kalau mahasiswa harus menghadiri webinar yang sudah ditentukan waktunya. Dalam metode apapun, daring maupun luring, selalu akan kita temukan kelebihan dan kekurangannya. Sekarang tinggal kitanya saja yang memanfaatkan fasilitas yang ada dengan belajar sebaik-baiknya.

    PPM Management, jadi ingat dulu bapakku sempat belajar di sini.

    ReplyDelete
  5. Aku sendiri kalo jadi mahasiswa zaman now mungkin ada ngerasa sedih juga harus ngejalanin kuliah online.
    Enak sih bisa belajar dimanapun kapanpun. Tapi, aku jg tipikal org yg harus banget ketemu sm orang utk mendengar penjelasannya. Human to human tanpa perantara gitu loh. Energinya beda sih hehe
    Semoga cobid19 segera berakhir. aamiin

    ReplyDelete
  6. Kalau boleh berpendapat dr perspektif dosen, sebenarnya sama saja ya antara kuliab daring dan luring. Krn standar penilaian dosen udah ada sendiri. Mungkin krn kelamaan melihat layar hp jd kelelahan ya

    ReplyDelete
  7. Ya semua hal memang ada plus minusnya sih ya mba. Apalagi mengenai kuliah online ini. Mahasiswa bisa bangun siang, atau dia bangun pagi, nyalain zoom tapi matiin kamera sedangkan dianya makan, tidur atau disambi kegiatan lain. Nah, bisa aja kan? Hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏