Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami
Sumber: https://pxhere.com/id/photo/1191001

Teman-temannnnn siapa yang setelah menikah terus punya anak malah makin melar? Hahaha 😂. Tenang kalian nggak sendiri kok ☺. Nah, mencari tahu cara menurunkan berat badan secara alami  merupakan salah satu kata kunci yang paling dicari oleh kebanyakan wanita. Sebab, memiliki tubuh ideal adalah dambaan bagi setiap orang. Meskipun demikian, mempunyai tubuh ideal tersebut tentu memerlukan sejumlah proses dan usaha. Maka tak jarang bila banyak wanita yang rela menggunakan uangnya untuk mengikuti berbagai kelas olahraga. Bahkan, beberapa wanita yang lainnya cenderung memilih jalan pintas yang dinilainya lebih cepat, yakni mengonsumsi obat pelangsing. 

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi obat pelangsing tanpa adanya resep dari dokter atau  apoteker dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Bahkan, ada banyak kasus yang menyebutkan bahwa banyak wanita yang meninggal akibat overdosis obat diet. Serem kan 😱


Baca juga: Cara Menerapkan Protokol Kesehatan di Zaman Now

Baca juga: Self Healing dengan Menulis untuk Kesehatan Mental


Maka dari itu, sebelum hal yang buruk terjadi pada kesehatan Teman-teman, pastikan untuk tidak menggunakan cara menurunkan berat badan secara instan. Sebab, pada kesempatan kali ini aku akan memberikan informasi mengenai cara menurunkan berat badan secara alami. Tanpa basa-basi, mari simak ulasannya di bawah ini :

1. Sarapan

Agar dapat menurunkan berat badan, maka cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan sarapan setiap harinya. Dengan menjaga konsumsi makanan di pagi hari, maka kamu dapat memenuhi segala nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kamu ketika beraktivitas.


Baca juga: 5 Kesalahan Pola Asuh Gizi pada Anak yang Jarang Diketahui Orang tua


Mungkin beberapa orang menganggap bahwa sarapan itu tidaklah penting. Padahal, cara ini tetap harus kamu lakukan jika menginginkan berat badan yang bagus. Agar dapat meminimalisir karbohidrat yang masuk ke tubuh, kamu dapat mengonsumsi gandum, jagung, ketela, buah-buahan dan yogurt yang rendah lemak.

Selain itu, kamu juga dapat memadukan seluruh makanan tersebut dan membuatnya menjadi semacam smoothies. Bukan hanya itu saja, kamu juga dapat menurunkan berat badan dengan cara mengonsumsi sayur-sayuran dan telur untuk sarapan.


2. Camilan

Siapa bilang tubuh yang ideal tidak memerlukann camilan? Perlu diketahui bahwa cara yang satu ini juga penting untuk menjaga berat badan. Camilan yang dimaksud di sini bukanlah jenis jajan-jajanan seperti yang kamu bayangkan, melainkan camilan buah-buahan. Misalnya seperti stroberi, alpukat, manggis dan lain-lain. Agar tidak bosan, sekali-kali kamu bisa mengolah buah-buahan tersebut menjadi pudding, smoothies maupun salad buah.


3. Makan Siang

Untuk makan siangnya, cara menurunkan berat badan secara alami yakni dengan mengonsumsi salad yang di dalamnya terkandung buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun, kamu juga bisa menambahkan sedikit protein untuk menu makan siang kamu, misalnya dengan ayam ataupun ikan tuna. Jangan lupa untuk menambahkan lemon dan minyak zaitun pada makananmu.

Di samping itu, penting sekali untuk menjauhi segala jenis makanan yang mengandung lemak jahat seperti olahan keju dan pasta. Tenang saja, kamu dapat menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak baik, seperti ubi ataupun alpukat.


4. Makan Malam

Untuk makan malamnya masih sama dengan menu makan siangnya, yakni salad yang berisi buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun, pada waktu ini tambahkanlah alpukat ataupun buah bit. Selain itu, konsumsilah protein untuk menambah tenaga kamu. Misalnya dengan mengonsumsi sekaleng salmon ataupun sepotong dada ayam.

Agar tidak bosan, kamu dapat mencoba cake ubi jalar ataupun pasta gandum, tapi sedikit saja. Jangan lupa untuk memilih makanan yang masih baru dan segar. Cara yang satu ini sangat ampuh dalam membentuk tubuh ideal, bahkan berat badan kamu dapat turun sebanyak 5 kg dalam 1 minggu.


5. Minuman

Minuman juga berpengaruh terhadap berat badan kamu. Maka dari itu, agar diet sehat dapat berhasil lebih optimal, maka kamu harus menjaga pola minum, misalnya seperti rajin minum air putih. Paling tidak, air yang masuk ke tubuh kamu minimal harus sebanyak 2 liter setiap harinya. Kamu juga bisa sesekali minum kopi ataupun teh herbal.


6. Olahraga

Cobalah untuk rutin berolahraga agar tubuh bisa berkeringat sehingga metabolism tubuh berfungsi secara maksimal. Ada beberapa rekomendasi olahraga yang bisa menurunkan berat badan untuk kamu coba. 


7. Pantangan

Agar cara menurunkan berat badan secara alami ini bisa berhasil, maka kamu harus mematuhi beberapa pantangan, seperti tidak mengonsumsi makanan berkarbohidrat olahan. Contohnya yakni roti putih, roti kering, kentang ataupun pasta putih. Sebisa mungkin, hindarilah makanan yang mengandung gula, entah itu minuman bersoda ataupun permen sekalipun.

Bukan hanya iu saja, di sini kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi alkohol. Poin yang satu ini mungkin terdengar sulit, tapi jika kamu mampu melakukannya setiap hari, maka hal tersebut tanpa terasa akan menjadi kebiasaan. Sehingga, kamu dapat menikmati hasil diet alami dengan rasa bangga dan puas terhadap usaha diri kamu sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menurunkan berat badan secara alami. Pastikan kamu untuk mematuhi setiap anjuran yang telah dijelaskan di atas untuk dapat memperoleh bentuk tubuh proporsional. Dengan mematuhi seluruh poin di atas, berat badan kamu dapat dipastikan untuk turun dan perubahannya dapat dilihat dalam waktu yang singkat. Selamat mencoba ya Teman-teman dan semoga diet sehat kalian berhasil 😍


8 comments

  1. Mbaaaa, mau aku praktekkan ah. Makasih yah infonya. Dietnya kayaknya fun banget nih.

    ReplyDelete
  2. Ada ya sebenarnya cara menurunkan berat badan secara alami, asal sabar dan konsisten. Tidak perlu dengan obat-obatan ya.

    ReplyDelete
  3. Trims tips nya mbak, pas banget lagi pengen diet nih. Intinya memang di gula ya mbak, kalau sanggup mengurangi bb pasti juga akan berkurang ya mbak

    ReplyDelete
  4. Jangan pernah skip sarapan dan makan malam. Sekali kita skip sarapan atau makan malam, keesokan harinya selera makan kita justru makin meningkat dan akhirnya memicu kita makan banyak. Ujung-ujungnya gendats deh. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Save ya kak, tipsnya bisa aku merekomendasikan untuk temenku hehe sgt bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Aku cenderung stabil berat badannya, Mbak Yeni. Suamiku yang punya masalah dengan berta badan ini, mudah naik, turunnya susaah. Beberapa tips di atas bisa nih aku sampaikan nanti. Sementara ini dia sudah rutin olahraga dan mengurangi karbohidrat

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah pernah ngikutin tips begini mba.. bukan mau nurunin berat badan sih saat itu. Kepengen diet agar lingkar pinggang mengecil. Biar lebih sehat.

    ReplyDelete
  8. Selain itu menurutku yang penting itu niat yang sungguh-sungguh dan konsistensinya, Bun. Soalnya percuma kalau semangat di awal, tapi niatnya nggak bulet jadi gampang nyerah di tengah jalan *curcol pengalaman pribadi 😁

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏