Prakarya Anak, Membuat Kolase Hewan dari Daun

Prakarya Anak, Membuat Kolase Hewan dari Daun

Halo Teman-teman. Hari ini, aku mu berbagi kegiatan stimulasi yang udah lama aku dan Erysha buat bersama. Seperti biasa, baru sempat di tulis sekarang hahaha 😂. Nah, kegiatan stimulasi yang aku bagikan hari ini itu namanya prakarya anak membuat kolase hewan dari daun. Kayak gambar di atas ya

Tapi jangan ngetawain ya kenapa bentuk kepala kumbangnya aneh hahaha 😂. Jadi ceritanya aku ama Erysha itu mau bikin kumbang gitu dari daun. Tapi ya seperti biasa, karena emaknya ini nggak jago gambar alias nggak bertangan dingin bikin-bikin begitu, jadi aja kepala kumbangnya kayak yang aneh hahaha 😂. Maafkan ya netizen. Yaa daripada aku nggak bikin kegiatan stimulasi mending nyobain bikin kan hahaha 😂

Tapi tenang Teman-teman. Aku juga kasih beberapa contoh gambar kolase hewan yang aku dapetin yang bisa jadi contoh atau inspirasi buat Teman-teman bisa coba nantinya bersama anak di rumah. 

Nah, kalau begitu kita mulai aja ya. Sebelum itu Teman-teman sama anak siapkan rencana mau bikin hewan apa dulu? Dan disesuaikan dengan daun yang ada di sekitar rumah kalian ya. Karena aku sama Erysha mau bikin kumbang dan daunnya yang ada cuma ini, jadi seadanya. Tapi aku kasih beberapa contoh gambar ide ya

prakarya anak dari daun

kegiatan anak usia dini dari daun

DIY untuk anak dari daun

prakarya dari daun

prakarya anak usia dini membuat hewan

prakarya anak membuat hewan

prakarya anak membuat kolase

Sumber gambar ini aku ambil dari facebooknya Aprilia Husnaini disertai sumber utamanya di keterangan gambarnya ya

Jadi, mau pilih bikin yang mana? hahaha 😂


Baca juga: Kegiatan Anak Usia Dini, Melukis Tisu Basah 

Baca juga: Prakarya Anak Usia Dini Membuat Jeruk dari Beras dan Mengecatnya


Prakarya Anak "Membuat Kolase Hewan dari Daun"


Alat dan Bahan 

prakarya anak


1. Daun sesuai kebutuhan 

2. Lem kayu (Lem Fo*) 

3. Kertas HVS atau buku gambar

4. Kertas warna

5. Mata boneka atau kalau nggak ada bisa buat sendiri 


Cara Membuat dan Mengajarkannya

1. Setelah kita menentukan mau bikin hewan apa. Kita ajak anak mencari daun dan mengenalkan daunnya, daun apa? Bentuknya bagaimana? Dan ajak anak memuji kehebatan Allah karena bisa nyiptain daun yang beraneka ragam.

2. Kita ajak anak menyusun daunnya di atas kertas hvs membentuk hewan. Setelah mantap, ajak anak mengelem daun-daunnya

prakarya untuk anak usia dini



kegiatan anak usia dini


3. Setelah selesai boleh ya kita ajak anak menghias pinggir-pinggirnya. Misalkan dikasih gambar pohon, atau bunga atau apa terserahlah ya 😂


Manfaat Kegiatan

1. Mengajak anak mengagumi ciptaan Allah 

2. Menstimulasi kecerdasan naturalisnya

3. Mengenalkan anak pada hewan yang ingin dia buat 

4. Menstimulasi motorik halus anak

5. Merangsang daya kreativitas anak. 

Nah, bagaimana tertarik mencoba bikin kolase hewan dari daun ini? Gampang kan dan nggak ribet. Yuk bikin bareng-bareng ama anak ya 😍. Jangan lupa intip juga kegiatan Erysha yang lain di sini ya "Kegiatan Anak" 

3 comments

  1. ideeee yang menarik mbaaaaaak... mau coba juga aah...

    ReplyDelete
  2. Kreatif banget... hasilnya bagus2.

    Kegiatan yang menyenangkan buat anak nih.

    ReplyDelete
  3. salah satu tugas sekolah formal ni mbak. sepertinya anak saya ngerjain pas kelas 3

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏