• Wednesday, February 27, 2019

    Prakarya Anak Usia Dini "Bermain Membuat Buah Jeruk dan Mengecatnya"

    Kegiatan anak usia dini 2  tahun ke atas

          Apa kabar Ayah Bunda. Hari ini aku mau ngeshare kegiatan stimulasi Erysha yang jadi prakarya yang sudah lamaaaaa sekali tidak sempat aku tulis di sini. Sebenarnya ada banyak sih kegiatan stimulasi yang belum sempat ditulis. Insya Allah yang lain nyusul ya Ayah Bunda. Ini dulu ya hahaha.

    Oke deh, waktu membuat prakarya ini, waktu itu usia Erysha sekitar 2 tahunanlah ya. Jadi, bisa ditiru juga nih untuk Ayah Bunda yang memiliki buah hati yang usianya sama atau 3 tahun


    Prakarya Anak Usia Dini "Bermain Membuat Buah Jeruk dan Mengecatnya"


    kegiatan stimulasi anak usia dini 2 - 3 tahun


    Nama Kegiatan: Prakarya Anak Usia Dini "Bermain Membuat Buah Jeruk dan Mengecatnya"

    Untuk Usia: 2 - 3 tahun

    Baca juga: KEGIATAN ANAK USIA DINI 2 - 3 TAHUN "MENGENALKAN BERBAGAI BENTUK BENDA"

    Alat dan bahan 


    alat dan bahan membuat prakarya anak usia dini 2 - 3 tahun

    - Kertas karton / HVS putih
    - Lem kayu
    - Segenggam kecil beras
    - Kuas
    - Wadah kecil untuk tempat cat
    - Pewarna makanan berwarna orange
    - Daun dan tangkainya
    - Pensil

    Cara Membuat

    1. Kenalkan buah jeruk yang asli pada anak kita dan semua alat dan bahannya
    2. Buatlah pola buah jeruk pada kertas berwana putih
    3. Lalu ajak anak mengolesi dengan lem gambar buah jeruk yang sudah dibuat (olesi langsung semuanya, ya)
    4. Minta anak menaburkan beras perlahan-lahan di atas gambar buah jeruk yang sudah diolesi lem tadi.


    kegiatan stimulasi sensori anak usia dini
    Ini untuk menstimulasi sensorinya

    5. Ajak anak mengecat gambar buah jeruk yang sudah ditaburi beras dan di cat dengan pewarna makanan


    Kegiatan mengecat anak usia dini 2 - 3 tahun

    6. Hiasi gambar buah jeruk dengan menempelkan daun dan tangkai di atasnya


    kegiatan mengelem anak usia dini

    Tadaaaa ini hasil Erysha ❤️

    kegiatan stimulasi anak usia dini 2 - 3 tahun


    Baca juga: 5 KEGIATAN SEDERHANA UNTUK STIMULASI ANAK DI RUMAH

    Manfaat kegiatan

    1. Mengenalkan buah jeruk pada anak usia dua - 3 tahun
    2. Menstimulasi motorik halus anak
    3. Menstimulasi sensori anak ketika anak memegang dan menaburkan beras
    4. Mengenalkan anak tekstur kasar dari beras
    5. Menstimulasi kreativitas
    6. Memberikan kegiatan positif pada anak
    7. Membangun bonding
    8. Dll

          Nah, bagaimana Ayah Bunda? Mudah bukan membuat prakarya  anak usia dini "bermain membuat buah jeruk dan mengecatnya" ini. Bisa dicoba di rumah ya. Oh ya, buat Ayah Bunda yang ingin kegiatan stimulasi saya bersama Erysha bisa diintip di sini, ya (kegiatan anak).  Tenang saja, kebanyakan kegiatan stimulasi yang saya buat untuk Erysha bisa untuk anak usia 2 - 6 tahun. Jadi nggak usah khawatir ya. Selamat mencoba di rumah ya



    14 comments:

    1. Mbak Yeni selain jadi guru ABK kayaknya pantes banget dan cocok jadi guru PAUD hehehe... Sabar dan telaten banget

      ReplyDelete
    2. Ih lucu ya hasilnya. Bisa dipraktekkan buat keponakan nih. Anak usia dini memang gemesin dan pasti seru ya kalau buat kerajinan

      Pasti heboh hehehe

      ReplyDelete
    3. Kis kiss bunda Yeni. Bulan Maret kukudu bikinin materi mainan ala belajar gini.. Harus! Niatnya sih gitu.. Eh nemu post ini, jadi makin semangat!

      ReplyDelete
    4. Keponakanku pernah bikin prakarya ini waktu masih di PAUD. Selalu suka dengan ide Mbak Yeni yang mengajak anak untuk membuat prakarya kreatif dan edukatif sejak usia dini.

      ReplyDelete
    5. Erysha bagi tante jeruknya dong...Kreatif sekali Bunda Erysha ini.Pasti terstimulasi sekali Erysha dengan berbagai kegiatan pembuatan prakarya ini..
      Saluuut!!

      ReplyDelete
    6. Kebetulan pas dengan usia anakku nih, makasih ya Mba. Ide bagus buat hari ini.

      ReplyDelete
    7. Kreatif idenya. Tapi andai mau ganti beras mungkin bisa kali ya pakai ptongan kertas atau apa gtu. Jd pengen ngajarin anak2 jg, mengecat kyk gtu. Tfs idenya mbak YeniπŸ˜€

      ReplyDelete
    8. Selalu syuka berkunjung ke sini, banyak info soal kreativitas bareng anak. Tengkyu ya mbaa

      ReplyDelete
    9. Wahhh.. asyik, mba..
      Pengin ahh mraktekin sama Dimas nanti kalo udah 2 tahun :)

      ReplyDelete
    10. Erysha, boleh kasih jeruknya satu buat mama Lui :D
      Duh erysha pinternya ngerjainnya bisa rapi gt. Gak diacak-acak. Bundanya juga sabar dan telaten nih. :) Salut

      ReplyDelete
    11. Wah mba Yeni seru dan kreatif sekali ide prakarya nya... makasiih. kayaknya bisa nih buat aktifitas anaku Fahri. Biar anteng dan ngga ngerebut gadget di rumah. hihi

      ReplyDelete
    12. Kreatif banget bun. Jadi gak sabar ngajak anak berkreasi seperti ini. Makasih pencerahannya.

      ReplyDelete
    13. Kreatif banget nih mbak permainan buat anaknya. Kalau saya mah blm kepikiran buat bikin mainan apalagi. BTW, dgn spt ini anak2 pastinya akan lebih kreatif lagi ya mbak

      ReplyDelete
    14. duh mbak yeni ini banyak banget idenya buat ngajak anak main. pengen ngikutin tapi kok ya nggak kesampaian melulu

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya πŸ˜ƒ dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih πŸ™

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES