Kegiatan Anak Membuat Lukisan dengan Gelembung Balon Sabun

kegiatan anak usia dini membuat lukisan

Kegiatan Anak Membuat Lukisan dengan Gelembung Balon Sabun. Halo-halo. Hari ini aku mau berbagi kegiatan stimulasi aku kemarin-kemarin bareng Erysha yaitu membuat lukisan abstrak dengan gelembung balon sabun warna warni. Penasaran kan? Gampang kok 😍

Sebenarnya kegiatan membuat lukisan abstrak dengan gelembung balon sabun ini bisa dimulai untuk anak usia 1,5 tahun sampai usia 7 tahun. Anak bisa belajar mengenal warna dan belajar meniup. Untuk anak usia 1,5 tahun ini bermanfaat banget untuk menstimulasi motorik mulutnya. Dimana ini akan merangsang kemampuan bicara anak ke depannya. Tapi untuk anak usia 1,5 tahun harus di bawah pengawasan orang tua ya. Khawatir diminum oleh anak

Kalau untuk anak usia 4 tahun ke atas dan udah tahu warna, bisa kita tingkatin pengetahuan tentang warnanya dengan mengajak anak membuat perpaduan warna ketika membuat cairan sabun warna warninya. Yang pasti membuat seru dan seneng lihat anak seneng main balon sabun ini. Langsung aja, Yuk! 


Baca juga: Melukis Tisu Basah 

Baca juga: Prakarya dengan Media Daun untuk Anak Usia Dini


Kegiatan Anak Membuat Lukisan dengan Gelembung Balon Sabun 

Alat dan Bahan

melukis dengan gelembung balon sabun

1. Pewarna makanan 

2. Sabun pencuci piring

3. Kertas HVS atau karton putih atau kertas gambar A3. Bebas yang mana aja boleh

4. Sendok

5. Sedotan 

6. Beberapa wadah untuk simpan air sabunnya 

7. Air


Cara Membuat dan Mengajarkannya 

1. Kenalkan semua nama alat dan bahan yang belum anak ketahui

2. Ajak anak membuat air sabun. Biarkan anak belajar menuangkan sendiri air ke wadahnya. Ini untuk menstimulasi motorik halus anak

Kegiatan anak

3. Setelah air sabun selesai, bagilah air sabun ke beberapa wadah. Banyaknya wadah tergantung kita mau bikin berapa warna. 

4. Minta anak meneteskan pewarna makanan yang berbeda ke setiap wadah sambil kenalkan warna apa itu. Atau untuk anak usia 4 tahun ke atas bisa belajar perpaduan warna. Seperti mengenalkan warna

Biru + Kuning : Hijau

Merah + Kuning : Orange

Biru + Merah : Ungu 

Dan lain-lain 

5. Berikan sedotan yang berbeda pada setiap warna

6. Setelah semuanya siap. Yuk kita ajak anak membuat lukisannya

kegiatan anak membuat gelembung sabun

7. Mintalah anak meniupkan gelembung sabun dengan beda-beda warna ke kertas warna putih. Dan kenalkan pada anak warna apa saja itu

Lukisan untuk anak usia dini
Taraaaa ini hasil gambar aku Om Tante 😍

Jadi anak bisa belajar banyak hal dari permainan ini. Dari mengenal warna, bermain perpaduan warna, merangsang daya kreativitas anak,  menstimulasi motoriknya dan memberikan keseruan dalam kegiatan anak. Bisa dicoba di rumah ya. Dan nanti hasil karya anak jangan dibuang. Tapi dikumpulin terus bikin portofolio anak deh. Oh ya Teman-teman bisa intip juga kegiatan Erysha yang lain di sini ya "Kegiatan Anak". Selamat mencoba 😍


No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏