Mainan Sederhana Yang Dapat Memberikan Banyak Stimulus Pada Anak


        Sore ini aku seneeeng banget. Pulang-pulang suami kerja, pak suami bawain dua mainan edukasi buat anak kami Erysha (1y1m). Langsung deh bikin aku semakin semangat lagi menstimulus Erysha di rumah. 

        Nah bunda daripada uang kita dipake buat beli makanan mulu yang jelas-jelas abisnya ke perut juga, beli perhiasan yang fungsinya gitu-gitu aja, beli baju yang kepakenya juga cuma bentar atau daripada beli yang nggak-nggak,  mendingan beli jajanan awet seperti mainan edukasi ke anak dimana banyak banget manfaatnya dalam menstimulus anak kita di rumah.

         Nggak usah yang mahal-mahal bunnn yang penting ada nilai edukasinya buat anak kita. Kenapa sich anak perlu distimulus ? perlu banget bun, karena dari kegiatan menstimulus itu kita dapat mengoptimalkan kemampuan anak baik pertumbuhannya maupun perkembangannya.

        Anak yang jarang distimulus dapat menyebabkan anak terlambat dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Semakin dini kita menstimulus anak, akan semakin lebih baik dan semakin membuat anak terlatih dengan kemampuan dasarnya. Terutama anak-anak di usia keemasan (0-5 tahun) sangat cepat menyerap dan menerima rangsangannya.

         Jadi sebagai orang tua jangan sampai kita terlambat atau melewati fase-fase itu dan tidak memanfaatkannya sebaik mungkin. Menstimulus itu beda ya bun dengan mengajarkan anak. Menstimulus itu hanya merangsang anak bukan mengajarkan. Soalnya jaman sekarang banyak anak-anak usia bermain dan belum matang diusianya tetapi sudah diajarkan hal yang berbau akademik kayak udah diajarin baca dan hal lainnya. Kan kasian T_T.  

        Nah sore ini pak suami beli 2 mainan edukasi yang ke 1 mainan ring donat dan yang ke 2 mainan bola warna warni. Banyak banget lho bunnn manfaat dari 2 mainan sederhana ini dalam menstimulus anak. Aku mu bahas mainan ring donat dulu  yaaaa. Mainan ring donat ini bisa dimainin dari anak usia 1 sampai 5 tahun.


Manfaatnya apa aja sich ? : 
1. Membangun bonding orang tua dengan anak dalam melakukan kegiatan bersama
2. Mengenalkan anak dengan warna
3. Menambah kosa kata anak
4. Mengenalkan anak dengan konsep besar dan kecil
5. Mengenalkan anak dengan urutan yang terbesar sampai yang terkecil begitu sebaliknya
6. Melatih motorik halus anak
7. Dll

        Ke 2 adalah mainan bola warna warni. Mainan ini bisa digunakan dari usia bayi sampai 7 tahun.

 Manfaatnya :
1. Membangun bonding orang tua dengan anak
2. Melatih motorik halus dan motorik kasar anak
3. Mengenalkan bentuk bulat kepada anak
4. Mengenalkan warna pada anak
5. Menambah kosa kata anak mengenai macam-macam warna
6. Mengenalkan anak dengan hitungan dengan cara yang menyenangkan
7. Mengembangkan daya kreatif anak dalam membuat permainan
8. Mengembangkan daya kreatif orang tua dalam membuat permainan yang dapat menstimulus anak
9. Dll

        Keren ya bunnn, mainannya cuma sederhana n ga perlu mahal-mahal tapi banyak memberikan manfaat stimulus dan manfaatnya juga bisa dirasakan seumur hidup bagi anak kita. Jadi kenapa harus ragu lagi dan menunda  menstimulus anak ? Yuk kita mulai dari sekarang. Selamat menstimulus bunnn 😘😘😘

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 comments

comments
March 18, 2017 at 4:05 AM delete

asal kita ortunya yg melek info y mba meski mainan sederhana tp klo tau tujuan n manfaatnya pasti ga akan munazir :)

Reply
avatar
March 18, 2017 at 9:34 AM delete

Alhamdulillah sudah punya kedua mainan tsb mb. Tapi si adek udah bosan hiks..

Reply
avatar
March 19, 2017 at 12:00 AM delete

Bener bunnn n sebagai ortu kita dituntut kreatif juga ya bun gimana caranya mainan apa saja bisa bermanfaat dan menarik bagi anak

Reply
avatar
March 19, 2017 at 12:03 AM delete

Iya bun harus divariasikan mainannya agar anak ga bosen. In sha Allah masih bisa kepake nanti bun, asal kita bikin permainan sekreatif mungkin agar anak tertarik dengan mainannya. Semangattt bunnn 😘

Reply
avatar
March 19, 2017 at 12:01 PM delete

Baru aja tadi pas lagi dirumah mertua .. pngn bgt beliin 2 mainan ini. Wahh se-hati nih Bun. Tapi kata suamiku..msh terlalu dini buat anakku. Tp anakku excited bgt klo liat benda yg warna warni. Ngerayap dilantainya jg makin cepet n gesit.

Reply
avatar
March 19, 2017 at 8:13 PM delete

Mainan sederhana ini terjangkau dan bisa beri stimulasi ke anak. Yang penting emaknya telaten ajak main. Keep sharing yaa. Pasti banyaaak ilmunya dengan background guru.

Reply
avatar
March 20, 2017 at 2:54 AM delete

Anak2ku juga suka mainan itu. Bener gak usah mahal2, malah saya jg jarang beliin anak2 mainan krn kalau ada mainan yg ada dibuang2, akhirnya main apa yg ada di rumah aja :D

Reply
avatar
March 20, 2017 at 3:04 AM delete

Udah belajar merangkak De Auliyanya say ? Klo yang bola warna warni udah bisa dari bayi karena bayi kan suka tu ama warna yang cerah jadi bisa dijadiin stimulus buat de auliya ngerangkak misalnya taro bolanya di depan Auliya biar auliya mau maju karena tertarik untuk mengambilnya, bisa juga dipake buat stimulus berjalan nti atau untuk menstimulus visualnya dalam melihat banyak warna2 yang menarik baginya, dan mengenalkan warna ke anak dll. Tapi klo yang ring donat bgusnya buat 1 thun ke atas say

Reply
avatar
March 20, 2017 at 3:07 AM delete

Terima kasih teteh, saya nih yang harus banyak belajar dari teteh. Saya baru mulai belajar menulisnya. Bagi ilmunya ya 😘

Reply
avatar
March 20, 2017 at 3:09 AM delete

Iya bener bun. Apa aja bisa kita jadikan mainan ya. Asal dibikin kreatif agar anak suka. Terima kasih sudah mampir bunda 😘

Reply
avatar
March 30, 2017 at 9:12 AM delete

saya punya yang donat bertebaran donatnya n ilang.. hehehe.. akhirnya pakai celengan abangnya. masukin uang lewat lubang celengan. Tapi donut itu sudah saya ajak main sejak usia 8 bulan. Anak saya skrg lebih suka main tutup botol (buka tutup botol yang diputar) dan susun lego. Walaupun masih susun lurus keatas.

Itu masuk menstimulasi ga ya?

Reply
avatar
April 1, 2017 at 4:21 AM delete

sekarang anaknya usia berapa bunda ? buka tutup botol dan bermain lego masih termasuk dalam menstimulus anak bunda terutama dapat menstimulus motorik halus anak dan bisa juga ketika bermain lego kita kenalkan dengan warna dari warna-warna legonya. semangat bun ^_^

Reply
avatar
April 26, 2017 at 6:05 AM delete

baca ini serasa diingetin lagi mau beliin inces gia 2 barang ini tertunda terus

Reply
avatar
April 27, 2017 at 8:05 PM delete

Iya bun. Semangat bun buat mainan edukasinya 😃

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃