• Sunday, June 17, 2018

    Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak Berkebutuhan Khusus

    cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak berkebutuhan khusus
    www.mormonchannel.org

    Apa Bunda memiliki anak berkebutuhan khusus? Suka merasa khawatir jika anak diejek oleh anak-anak yang lain karena kekurangannya? Khawatir jika ia tidak memiliki rasa percaya diri pada dirinya sendiri karena ia berbeda dari yang lain? Lalu, bagaimana cara kita sebagai orangtua dapat menanamkan rasa percaya diri pada anak sedini mungkin?

    Hmmm sebagai orangtua banyak sekali ya Bun yang menjadi kekhawatiran kita dan ini wajar sekali, terutama karena kita memiliki anak berkebutuhan khusus. Dimana, tidak semua orang memahami dan mau tahu tentang dunia anak kita. Sebenarnya, rasa tidak percaya diri bisa menghinggapi siapa pun, tetapi bagi anak berkebutuhan khusus, memiliki kecenderungan rasa tidak percaya diri yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak pada umumnya.

    Baca juga: ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

    Itu semua, karena mereka merasa berbeda dari kebanyakan anak dan melihat diri mereka sendiri dengan banyak kekurangan. Tugas kitalah sebagai orangtua dalam membantu anak untuk menemukan sisi positif pada dirinya, sehingga anak tidak terfokus pada kekurangannya  tetapi pada kelebihannya.

    Bagaimana caranya? Caranya dimulailah dari rumah. Karena sebelum kita mempersiapkan anak ke dunia luar, yang pertama kita lakukan adalah menguatkan anak dari dalam. Yaitu dimulai dari rumah dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak berkebutuhan khusus itu tidak instan ya Bun. Perlu waktu, perlu proses, perlu ilmu, perlu kesabaran, perlu doa dan yang terpenting harus ditanamkan sedini mungkin.

    Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak Berkebutuhan Khusus


    orangtua dengan anak berkebutuhan khusus
    Pixabay

    Beberapa kali saya mengisi seminar parenting online, memang banyak pertanyaan yang dilontarkan pada saya dari orangtua dengan anak berkebutuhan khusus yang memang sedang kebingungan dan khawatir bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anaknya. Salah satu pertanyaannya berasal dari

    Baca juga: 11 HAL INI YANG SEBAIKNYA TAK DIKATAKAN PADA ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

    Bunda Erni (Bandung)

    Bunda, saya memiliki anak berusia 8 bulan. Anak saya cacat lahir sumbing dan langit-langit. Bagaimana cara nyata (seperti apa contohnya) untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak berkebutuhan khusus

    Jawaban

    1. Belajar menerima anak apa adanya
    Hal pertama kali yang kita lakukan dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah menerima anak apa adanya. Ketika kita telah menerima kekurangan anak apa adanya, pada saat itulah kita akan bisa melihat anak dengan banyak kelebihannya. Mengapa? Karena kita tidak lagi memiliki banyak ekspektasi yang tinggi pada anak. Sehingga, kita bisa mensyukuri hal kecil apa saja yang anak lakukan terutama pada anak berkebutuhan khusus.

    Karena bagaimana kita akan menumbuhkan rasa percaya diri anak, jika kita orangtuanya pun belum bisa menerimanya dengan apa adanya

    2. Buatlah anak merasa dicintai oleh kita
    Jika anak merasa dicintai oleh orangtuanya, maka akan menumbuhkan rasa percaya diri anak pada dirinya sendiri dan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang bahagia dan memiliki penghargaan diri yang tinggi pula pada dirinya

    3. Sering berikan anak sentuhan fisik 
    Seperti memeluk anak, merangkul anak, membelai anak dan katakan bahwa kita menyayanginya

    "Bunda, sayang Dede"
    "Love, You sayang"

    4. Berikan anak kata-kata yang positif
    Berikan anak kata-kata positif dan jangan pernah melabeli anak dengan kata-kata yang negatif

    " Wah, anak bunda hebat sudah mau berusaha"
    "Terima kasih, sayang sudah mau membuang sampah pada tempatnya"
    "Assalammualaikum anak Bunda yang cantik "

    Kata-kata yang positif yang selalu diberikan orangtua pada anak, akan membangun konsep diri yang positif pula pada jiwa anak. Ini  akan meningkatkan rasa percaya diri anak kelak. Sehingga, anak tak akan mudah down ketika suatu hari nanti ia dibully oleh orang lain. Kata-kata positif bisa berupa pujian atau kata-kata motivasi

    5. Berikan anak reward
    Ketika anak berhasil atau telah berusaha melakukan sesuatu. Jangan lupa berikan anak reward berupa pujian, pelukan, dll. Agar anak tumbuh dengan motivasi yang baik  "bahwa aku juga bisa, lho" karena ia memiliki orangtua yang suka menghargai proses usaha dan belajarnya. Maka, cara ini pun akan membangun rasa percaya diri anak dengan sendirinya

    6. Bangun bonding yang kuat dengan anak
    Ketika orangtua mampu membangun bonding yang kuat dengan anak. Maka, anak akan selalu punya tempat untuk dia pulang dalam menguatkan dirinya ketika ia mendapatkan perlakuan yang tidak baik atau ketidaknyaman di luar sana karena kekurangannya

    Misalnya ketika anak diejek karena fisiknya. Ia akan mudah bangkit dari rasa sedihnya karena ia memiliki keluarga yang hangat dan menerimanya apa adanya. Intinya jaga  komunikasi dan ikatan hati dengan anak

    7. Temukan kelebihan atau bakat anak.
    Temukanlah kelebihan atau bakat anak, lalu gali dan asahlah bakat tersebut hingga muncul ke permukaan. Bakat atau kelebihan mampu menutupi kekurangan anak di depan dirinya atau pun di depan orang lain.

    Misalnya anak jago main piano, atau berprestasi di sekolahnya dalam bidang olahraga, atau kelebihan anak di bidang yang lainnya. Asahlah itu. Tetapi, kelebihan itu tidak selalu sesuatu yang tampak oleh banyak orang ya Bun. Bisa saja anak kita tidak jago atau tidak memiliki prestasi apapun. Tetapi, dia anak yang baik dan berhati lembut. Bukankah itu lebih mahal dari apapun?

    "Apapun keadaan anak kita, buatlah anak merasa akan selalu jadi bintang di  hati kita"

    8. Latih kemandirian anak sejak dini
    Latihlah kemandirian anak sejak dini dan sesuai dengan usianya. Misalnya makan sendiri, mandi sendiri, dll. Ketika anak mampu mengerjakan sesuai dengan kemampuannya. Maka, anak akan percaya kalau dia bisa mengerjakan sesuatu, karena ia telah terbiasa diajarkan mandiri oleh orangtuanya.

    Ini akan meningkatkan rasa percaya diri anak juga. Bahwa dia bukan anak yang lemah dan bukan pula anak yang manja yang tidak bisa apa-apa. Terbiasa mandiri akan menumbuhkan rasa bahwa "saya bisa"

    9. Doa
    Bunda, segala usaha kita pasti akan sia-sia pada akhirnya. Jika, di dalam usaha tersebut tidak meminta campur tangan pemilik-Nya dalam memberikan yang terbaik untuk anak kita. Untuk itu, libatkanlah Dia dalam setiap langkah dan usaha kita dalam membesarkan dan mendidik anak-anak kita. Karena tanpa Dia, apalah artinya kita ini

    10. Dll

    Itu dia Bunda, cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak berkebutuhan khusus. Semoga apa yang saya bagikan ini bisa memberi manfaat dan memotivasi para orangtua dengan anak berkebutuhan khusus dimanapun mereka berada. Semangattt selalu teruntukmu, Bunda 😘

    Baca juga: CARA MERAWAT DAN MEMBESARKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS



    50 comments:

    1. Cucu saya abk. Memang perlu dukungan dari seluruh keluarga, menyayangi dan memberi support si Kecil.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener sekali Bun. Sebaiknya semua anggota keluarga bisa diajak kerjasama dan saling mendukung pola asuh yang sama

        Delete
    2. barangkali sangat terasa berat untuk menghadapi..
      tetapi Tuhan paham, ternyata hanya yang terpilih dan mampu saja yang dapat menjalani..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya pak karena setiap orang punya ujiannya masing-masing 😃

        Delete
    3. Bun, anak saya sepertinya menonjol di analisis, bagaimana mengasah bakatnya untuk hal ini ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kita bisa mengajak anak untuk memecahkan masalah sehari-hari dan bisa juga memberikannya soal matematika yang membutuhkan sebuah analisa dll 😃

        Delete
    4. Makasih ya bun tipsnya, anak saya juga kurang percaya diri walau dia bukan ABK, bahkan ia sering juara di di kelasnya, ia pun memikiki wajah yang cantik, tapi entah mengapa ia tidak pede

      ReplyDelete
      Replies
      1. Oh gitu Bun. Berarti harus cari tahu dahulu Bun penyebab anaknya nggak PD kenapa?☺️

        Delete
    5. Kakaa Yeniii.. Cantik sekali tulisannya 😘😍 memberi semangat kepada anak istimewa rasanya harus berkali-kali lipat dari menyemangati diri sendiri :)

      ReplyDelete
    6. Yang paling penting dan mendasar, orang tua perlu mempersiapkan dirinya sendiri untuk menerima apapun keadaan anaknya, ya ...
      Setelah itu baru bisa menumbuhkan kepercayaan diri anaknya.

      ReplyDelete
    7. Membesarkan anak berkebutuhan khusus memang butuh kesabaran yang maha besar dari orangtua. Tetap semangat untuk ayah bunda yang dipercayai amanah spesial ini ya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaminn Bun . Senoga mereka selalu berusaha u/ Semangat

        Delete
    8. jadi inget artikel di majalah ayahbunda, *special kids for special parents*. Tuhan mengirimkan anak-anak berkebutuhan khusus, KHUSUS ke para orangtua special yang begitu luar biasa! Great article mb, salam kenal :)

      ReplyDelete
    9. Bonding antara orangtua dan anak diperlukan agar anak tsb selalu merasa ada pendamping utk bercerita dan berbagi rasa dalam hidupnya..

      ReplyDelete
    10. Saya selalu salut kepada orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan tetap tegar serta membimbing anaknya dengan sabar. Saya yakin, mereka adalah orangtua pilihan Allah yang dianggap pasti bisa menjalaninya.
      Karena menjadi orangtua pada dasarnya adalah anugrah yang tidak semua orang dapat menikmatinya, terlebih kepada anak berkebutuhan khusus. Namanya saja berkebutuhan khusus berarti orangtuanya adalah orangtua yang khusus, istimewa, dan pilihan.
      Terima kasih tulisannya mbak, semoga para orangtua ABK bisa mengambil manfaat darinya.
      Salam takzim buat semua orangtua ABK, semoga mereka semakin kuat dan amanah.

      ReplyDelete
    11. Saya rasa setiap orang tua memiliki pergulatannya sendiri mbak Yeni. Apalagi jika mempunyai ABK. Terima kasih atas tulisan yang membuat saya terus belajar mencintai anak dengan tulus. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama-sama Bubda. Ini juga u/ mengingatkan diri saya sendiri

        Delete
    12. Bun Yeni ABK enthusiast yah? Saya dulu pernah mendalami dunia ABK lebih spesifiknya ttg ABK berkaitan dg matematika (namanya diskalkulia) nubgkin pernah dengar? Hehe.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya berlatar belakang pendidikan luar biasa Bun. Iya saya tahu tentang diskalkulia tapi nggak sampai mendalami. Ayo bun bagi ilmunya dengan saya ☺️

        Delete
    13. Yang paling sulit buat ku adalah belajar menerima anak apa adanya Bunda. Aku kdg merasa masih belum bisa menahan emosi terutama saat adikku yang ABK membuat salah. Masya Allah, baca ini aku Jadi lebih semangat untuk lebih sabar dan ikhlas

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener Bun, saya juga sedang belajar dengan yang namanya sabar. Belajarnya seumur hidup ya ☺️

        Delete
    14. Sebagai ibu tgs terberat adalah percaya kepada anak sendiri. Percaya bahwa setiap anak itu spesial. Kadang sulit ya bund. Apalagi kalau ABK ini blm mendapat lingkungan yg mendukung. Ditambah bullyan dr sekitar.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya Bun sekarang banyak bully dimana-mana. Jadi mengkhawatirkan

        Delete
    15. Kepercayaan diri sang anak terletak pada orangtuanya. Orangtuanya yang bangga punya anaknya walaupun berbeda dari anak yang lain dan orangtua saling kompak. Jangan hanya sebelah cintanya. Misalnya sang bapak yang malu mempunyai anak sepertinya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener banget Bun. Harus adanya saling kerjasama

        Delete
    16. anak beekebutuhan khusus memang special ya Bun.. luar biasa buat perjuangan orangtuanya.. tapi kayaknya sulit ya Bun kalau lingkungan udah ngebully, aku sedih lihat berita2 itu, kok mereka tega ya? dilakukan secara sadar atau tidak sih ya.. semoga tidak ada lagi kasus2 bullying kedepannya Aamiin

      ReplyDelete
    17. Setiap anak pasti ada kelebihannya masing-masing. Begitu pula dengan anak berkebutuhan khusus, justru mereka anak-anak dengan kelebihan yg lain dari yang lain.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener bangettt bun karena setiap anak itu unik 😍

        Delete
    18. Bundaa, aku terharu sekali denhan blog ini, betul-betul concern dengan anak berkebutuhan khusus. Banyak sekali anak kebutuhan khusus yang sukses karena ketangguhan orangtuanya mendukung anak. Semoga semakin banyak lagi dukungan untuk anak berkebutuhan khusus agar mereka merasa diterima dan dicintai.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaminnn bunda. Terima kasih banyak ya. Saya juga terharu ada yang memperhatikan blog saya 😘

        Delete
    19. Sesungguh nya anak dengan kondisi apapun adalah titipan Tuhan yang harus dijaga lahir batin nya. Dirawat. Di didik sesuai fitrah nya sebagai anak. Banyak sekali teori yang paling penting praktek nya. Kadang ketika kita tidak sadar. Kelelahan. Sedang mengalami masalah lain. Semoga anak tidak menjadi imbas nya. 1 lagi. Mempunyai anak adalah menguji kesabaran. Ingat. Anak dan Harta adalah ujian bagi Mu. Thanks for sharing mbak. Semoga sehat selalu yah.

      ReplyDelete
    20. Keponakan saya ada yang autis. Tapi karena ibu bapaknya bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya, sekarang anaknya tumbuh jadi pribadi mandiri dan punya prestasi yang bisa dibanggakan.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Allhamdulillah ya Bun. Ikut bahagia mendengar ceritanya 😍

        Delete
    21. yes, setuju sekali dengan quote yang ini "Apapun keadaan anak kita, buatlah anak merasa akan selalu jadi bintang di hati kita". Itu penting banget untuk membuat anak merasa diterima apa adanya dan dicintai tanpa syarat, membuatnya yakin dan percaya diri bahwa ia dicintai

      ReplyDelete
    22. Mbak Yeni, ini kyknya gak cuma buat ortu anak berkebutuhan khusus ya, tapi buat semua ortu jg bisa belajar dr tulisan ini. Yg penting jd ortu harus selalu support anak. Tengkyu mbak :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener banget Bunda. Sebenernya secara konsep sama aja. Hanya saja klo ABK ada perhtian khusus n lbih ekstra aja ya

        Delete
    23. Iya mba setuju, tetap hujani anak dengan kata2 positif. InsyaAllah mereka akan tumbuh menjadi anak yg positif dan percaya diri.

      ReplyDelete
    24. Anak dengan berkebutuhan khusus memang sangat special dan tips ini juga bisa menjadi pembelajaran semua orang tua.

      ReplyDelete
    25. infonya bermanfaat banget mba, sambil baca-baca terus inget-inget apa aja yng miss dan belum aku lakukan untuk si kecil. memiliki anak di rumah itu seperti punya sekolah sendiri ya mba

      ReplyDelete
      Replies
      1. Jika seorang ibu adalah guru pertama untuk anaknya, maka rumah pun adalah sekolah pertama untuk anak-anak kita

        Delete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES