• Thursday, December 13, 2018

    Bantu Atasi Sembelit Anak dengan Interlac

    Foto: Mom Blogger Community

         Hai-hai Bunda, allhamdulillah hari Jumat, 30 November 2018 kemarin, saya berkesempatan belajar tentang sembelit bersama dr Intan Diana Sari dan Bapak Mochamad Nurhadi selaku dari Brand Manager Interlac. Saya belajar banyak hal tentang apa itu sembelit, tanda-tanda sembelit, penyebab sembelit dan cara mengatasi sembelit ini. Nah, yuk kita tengok ilmunya di sini Bun 😉

    kata dokter tentang sembelit ini

         Tahukah Bunda 80 % sistem imun berasal dari saluran cerna. Banyak permasalahan kesehatan yang bersumber pada saluran cerna ini. Terutama anak-anak, ya. Seperti salah satu contohnya adalah sembelit. Apa anak Bunda pernah mengalami sembelit? Hampir semua orangtua pernah merasakan kekhawatiran terhadap anaknya yang mengalami sembelit ya, begitu juga dengan saya.

         Sembelit atau konstipasi dalam istilah medis adalah suatu kondisi tertahannya feses (tinja) dalam usus besar dengan frekuensi dan konsistensi tertentu karena adanya kesulitan dalam pengeluaran. Lalu, siapa saja yang biasanya mengalami sembelit?


    Pada Umumnya yang Mengalami Sembelit


    1. Anak-anak
         Pada umumnya yang biasa mengalami sembelit itu anak-anak ya, Bun. Karena biasanya mereka sulit makan dan pola makannya serta apa yang dimakannya kurang  terjaga. Karena bagi sebagian orangtua anak sudah mau makan aja udah seneng ya, Bun. Walau makannya kurang benar. Tetapi, walau begitu tetap kita perbaiki soal pemberian makanan ini pada anak agar anak terhindar dari sembelit

    2. Bayi baru lahir
         Nah, pernah lihat atau memperhatikan nggak Bun? Biasanya bayi baru lahir itu suka nggak pup dalam beberapa hari. Tapi, selama bayi masih ASI dan bayi tidak kekurangan ASI, kita tidak perlu khawatir. Karena itu alami yang terjadi pada bayi baru lahir

    Baca juga: ASI BUNDA SEDIKIT? LAKUKAN 7 CARA INI UNTUK MEMPERBANYAK PRODUKSI ASI


    Tanda-tanda Anak Mengalami Sembelit


    bantu atasi sembelit pasa anak


    - frekuensi BAB berkurang
    - teksturnya keras
    - anak merasa perutnya tidak nyaman
    - rewel
    - pada bayi menolak susu atau mpasi karena perutnya penuh

         Bunda percaya nggak? sejak jadi ibu, saya itu jadi pengamat pup anak, lho. Hahaha. Beneran. Sepertinya bukan saya aja yang begitu tapi hampir semua ibu begitu ya. Hihihi. Jadi ya, kalau Erysha belum pup lebih 2 hari itu, ya. Saya jadi khawatir. Nah, apa saja ya penyebab sembelit ini? Yuk, kita cari tahu Bun agar kita bisa menghindari anak kita dari yang namanya sembelit


    Penyebab Anak Sembelit?


    penyebab anak sembelit

    1. Perubahan pola makan
         Pola makan yang tidak benar akan menyebabkan anak rentan sembelit. Sebaiknya dalam pemberian makan untuk anak ini kita buat jadwal makannya baik itu makan menu utamanya dan cemilannya. Ini untuk menghindari anak sembelit dan kita juga jadi lebih mudah ya Bun memprediksi jam-jam anak pup karena makannya telah teratur.

    Baca juga: INI DIA 5 KESALAHAN POLA ASUH GIZI PADA ANAK YANG JARANG DIKETAHUI ORANGTUA

    2. Memperhatikan apa yang anak makan
         Sebaiknya dalam pemberian makan pada anak kita menggunakan motto gizi seimbang. Bukan 4 sehat 5 sempurna lagi ya, Bun. Karena 4 sehat 5 sempurna sudah tidak berlaku lagi sekarang dan tergantikan dengan gizi seimbang.

         Sebagai ibu tentu kita perlu memperhatikan gizi seimbang ini pada anak. Gizi seimbang terdiri dari karbon hidrat, protein, serat, vitamin, dan lain-lain. Ketika kita telah memberikan nutrisi dengan seimbang pada anak, maka anak akan terhindari dari sembelit dan tumbuh sesuai dengan tumbuh kembangnya

    3. Kurang serat
         Kurang serat bisa menyebabkan anak sembelit bahkan jika pada bayi selain kurang serat, kelebihan serat pun bisa mengalami sembelit. Jadi, khusus untuk bayi kita perlu pelajari dan mengatur makanan apa saja yang bahannya tinggi serat atau kurang serat. Serat ini masih berkaitan dengan gizi seimbang di atas ya, Bun

    4. Kurang cairan 
         Biasanya anak-anak itu ya Bun, minumnya kalau lagi haus aja, ya Bun hahaha. Akhirnya, kebutuhan cairannya kurang dan tidak sesuai dengan usianya. Ujung-ujungnya sembelit deh. Lagi-lagi menjadi tugas kita untuk mengatur kebutuhan cairan anak sesuai usianya

    5. Susu formula
         Salah satu bukti anak tidak cocok dengan susu formula yang sedang dia komsumsi adalah diare kalau nggak diare ya sembelit.

    Baca juga: Penyebab Bayi Sembelit

    6. Efek trauma
         Biasanya anak yang pernah mengalami sembelit yang parah bisa meninggalkan efek trauma lho, Bun kalau mau BAB. Karena pasti sakit dan nggak nyaman sekali ya perutnya sehingga ini akan membuat dia menahan untuk tidak BAB lagi dan akhirnya mengalami sembelit lagi

    7. Adanya kondisi medis lain
         Bisa saja anak memang mengalami kondisi percenaan lain yang membuat dia sulit untuk BAB. Kalau yang ini sebaiknya segera konsultasikan pada ahlinya

    8. Dan lain-lain

         Nah, jadi ya Bun agar anak kita tidak terkena sembelit. Kita perlu hindari hal-hal di atas yang bisa menyebabkan anak sembelit. Tapi bagaimana ya Bun kalau anak sudah terlanjur sembelit? Apa yang harus kita lakukan?


    Apa yang dilakukan jika anak sembelit?


    yang dilakukan jika anak sembelit

    1. Obat
    Biasanya orangtua langsung memasukkan obat lewat anus anak, ya Bun. Tapi sebelum menggunakam obat ini, kita perlu mengusahakan dengan cara yang alami dulu dan menggunakan probiotik

    2. Perbanyak minum air putih atau cairan 
    Kalau anaknya sudah terlanjur sembelit sebaiknya perbanyak lagi minum air putihnya

    3. Pijat perut bayi
         Bunda bisa serching di internet cara memijat perut anak yang sedang sembelit. Tentu saja carinya ke website-website kesehatan yang memang telah terpecaya dan berkompetensi di bidang itu ya, Bun. Serem soalnya kalau kita salah mendapatkan informasi tentang penanganan pada anak yang ada nanti malah fatal lagi dampaknya

    4. Perbanyak serat
    Perbanyak serat pada anak seperti makan sayuran dan buah-buahan

    5. Komsumsi probiotik 
    Mengkomsumsi probiotik dapat melancarkan sembelit, diare, untuk daya tahan tubuh dan masih banyak manfaat lainnya.


    Apa itu probiotik?


    interlac memiliki kandungan probiotics yang dibutuhkan oleh tubuh

         Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya (Wikipedia). Atau biasanya kita tahunya bakteri baik ya, Bun. Sebenarnya probiotik ini sudah ada dalam tubuh kita. Walau begitu kita tetap bisa mendapatkan probiotik dari makanan dan minuman seperti yoghurt, kimchi, tempe dan bisa juga langsung dari Interlac.


    Apa itu Interlac?


    apa itu interlac dan apa manfaatnya?


         Interlac adalah produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal dengan World Leader Probiotics. Kandungan probiotik dalam Interlac ini banyak diteliti di dunia dan telah teruji secara klinis untuk semua usia dan telah teruji keamanannya dari US FDA. Interlac ini berguna untuk membusukkan makanan sehingga anak bisa keluar dari permasalahan sembelitnya.

         Tentu saja Interlac ini bukan hanya bermanfaat untuk sembelit, tetapi bisa juga digunakan untuk diare, anak yang mengalami gumoh, kolik dan juga untuk menjaga daya tahan tubuh.

    Varian Interlac


    Interlac ini memiliki 3 varian yaitu

    Interlac Drops 
    Ini untuk bayi usia 0 - 12 bulan. Bentuknya tetes ya jadi mudah diberikan pada bayi.
    Cara pakai: 1 x sehari 5 tetes

    Interlac Sachet
    Ini untuk anak usia 0 - 3 tahun. Teksturnya bubuk ya jadi sangat mudah sekali dilarutkan pada minuman anak atau pada makanannya dan rasanya pun netral
    Cara pakai: 1 x sehari 1 sachet

    Interlac Tablet Kunyah
    Ini untuk anak usia di atas 4 tahun dan orang dewasa. Rasanya ada yang strawberry dan rasa lemon.
    Cara pakai: 1 x sehari 1 tablet

    Dimana kita bisa mendapatkan Interlac ini? Buat Bunda yang ingin membeli Interlac ini , dapat dibeli secara offline di Guardian, Viva Health, baby shops dan secara online di Mothercare.co.id, JD.ID dan Orami


    Allhamdulillah sekarang di rumah sudah ada persedian Interlac

    Nah, walaupun Interlac ini bisa memberikan solusi untuk anak yang mengalami sembelit. Tetap saja pola makan, apa yang anak makan dan cairan pada anak harus kita perhatikan ya Bun untuk menghindari anak kita kembali terkena sembelit.

    Website    : www.interlac-probiotics.com
    Instagram : @interlacprobiotics
    Facebook : interlacprobiotic




    31 comments:

    1. Haduh, saat SID sembelit dia ga mau makan. Jadi lebih rewel dari biasanya. Makasih tipsnya ya Mbak. Siap sedia interlac di rumah buat atasi gangguan pencernaan anak.

      ReplyDelete
    2. Ini yang acara MBC itu ya, Mbak? Aku mundur waktu itu, karena anak gak ada yang jagain. Btw untuk anak sampai usia berapa ya BUnd?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya mam ini acara MBC itu. Interlac ini dari bayi sampai dewasa bisa 😉

        Delete
    3. untungnya Interlac ini bisa dikonsumsi semua anggota keluarga jadi lebih hemat dan praktis. gak cuma bayi tapi nenek-kakeknya pun bisa mengonsumsi ya mba.

      ReplyDelete
    4. Gak tega ya kalau lihat si kecil terkena sembelit, hiks, tapi jadi lebih tenang karena ada Interlac dirumah, jadi gak panik lagi.

      ReplyDelete
    5. Kurang cairan dan kurang makan buah bikin sembelit pada bayi.

      Orang dewasa saja sangat tersiksa jika terkena sembelit, apalagi seorang anak kecil. Interlac multivitamin yang menjadi solusi bunda

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bener mpo. Harus ada di rumah apalagi anak kecil itu rentan diare juga

        Delete
    6. Wah iya jadi inget anaku pas awal awal Mpasi pas pup suka sambil nangis ternyata pup nya keras , sedih kesian banget, bisa jadi kurang minum air putih dan kurang serat juga kan ya, aku kayaknya mesti stock Interlac di rumah nih, pas umur 1 tahun kan udah bisa table food.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bener Erysha juga sembelit waktu awal mpasi karena aku dlu kurang tahu ilmunya

        Delete
    7. Huwaaa, ini beneran penyelamat banget di rumah saya bun, baik si sulung maupun si bungsu cucok pakai interlac.
      Anak2 saya emang sering bermasalah dengan pencernaannya.
      Dua2nya pula.

      Yang bayi malah ga bisa sama sekali makan pisang, langsung pupnya keras banget kek pup kambing.
      Biasanya kalau udah gitu, interlac jadi penyelamat deh :)
      Sambil tetep dikasih buah dan sayur pastinya :)

      ReplyDelete
    8. Probiotik ini bukan obatvya mom. Akuoun baru tau bbro bulan lalu saatbikut event interlac juga. Anw yg namanya sembelit emsng memgganggu banget yaa dulu anakku seringbngtbsembelit sampe mukanya merahndan nangis tapi alhamdulillah sekrang udah ngga 😊

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun ini bukan obay. Dulu aku sangka interlac itu obat. Tapi ternyata bukan. Dia sifatnya lebih ke suplemen makanan atau pendukung saluran pencernaan yang di dalamnya mengandung bakteri baik

        Delete
    9. Keponakanku pernah rewel banget dan ternyata keponakanku terkena sembelit. Aku tuh sedih kalau lihat keponakanku terkena sembelit karena keponakanku kadang suka susah makan sayur dan buah.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun anak-anak itu suka susah makan sayur ya. Aku tahu itu. Erysha juga kurang seneng sayur. Tapi masih mau makan dan dia setiap hari makan sayur

        Delete
    10. Lengkap ya Interlac, ada drops, sachet dan tablet kunyah...Bener-bener musti ada di kotak obat nih. Ada apa-apa dengan pencernaan anak tinggal pakai Interlac saja.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya mba lengkap. Aku juga nyetok intetlac ini di rumah. Buat jaga-jaga

        Delete
    11. Aku tuh termasuk ibu yang cerewet kalau anakku susah minum, pasti sembelit. Makanya minumnya kujaga banget.
      Btw aku juga sedia interlac di rumah utk jaga2 kalau anak sembelit/ diare.

      ReplyDelete
    12. interlac udah jadi kebutuhan penting buat anak aku mom, apalagi interlac drop langsung berasa efeknya kalo anak lagi sembelit.

      ReplyDelete
    13. Waah.. Pengamat pup ya? Hehe
      Agak lucu juga ya. Tapi memang sering lihat dan dengar para ibu berkomentar tentang anaknya berdasarkan pupnya juga. Hehe

      ReplyDelete
    14. Dulu, waktu anak-anak saya masih kecil, dokter juga selalu menyarankan untuk sedia prebiotik. Namanya anak-anak memang mudah sembelit

      ReplyDelete
    15. Interlac ini ampuh banget ya bun buat mengatasi sembelit. Kalau untuk bayi justru jangan banyak makan serat bun, nanti malah sembelit. Anakku pernah kukasih pure kabocha eh malah sembelit dia. �� pencernaan anak bayi beda, gak kayak orang gede yg kalau sembelit harus banyak makan serat.

      ReplyDelete
    16. Interlac ih andalan banget, mba. Keponakanku juga konsumsi ini mba dan alhamdulillah dia nggak sembelit lagi

      ReplyDelete
    17. Andalanku ini mbak saat si kecil sembelit... Alhamdulillah diberikan ini langsung lancar. Jadi emang harus sedia dirumah nih buat jaga2 takut terulang lagi... Eh tapi semoga nggak deh... Hehehe

      ReplyDelete
    18. Anakku beberapa hari lalu sempat sembelit sampai nangis-nangis euy. Kasian banget. Pengen nyoba interlac ini tapi kira-kira sudah ada nggak ya di apotek?

      ReplyDelete
    19. dulu anak saya pernah sembelit
      kasian banget liat dia klu lagi pup
      klu dulu saya tahu ada interlac ini tentu anak saya ga bakal kesakitan saat pup
      soalnya saya pikir ga ada obat tuk sembelit anak
      ternyata ada

      ReplyDelete
    20. Ponakanku ada yang sembelit terus-terusan. Udah tak bilang kemungkinan sufornya gak cocok tapi kata mamanya udah coba macem-macem sufor tetep sering sembelit. Aku coba kasih saran konsumsi interlac deh, siapa tau masalah sembelitnya bisa berkurang.

      ReplyDelete
    21. Aku juga selalu stok interlac chewy tablet di rumah, ampuh banget buat nyembuhin diare anak2

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES