Website ini berisikan tentang ilmu parenting baik itu parenting anak umum, parenting anak berkebutuhan khusus dan keluarga

Cara Menyapih dengan Al Quran

cara menyapih dengan al quran
Pixabay


Cara Menyapih dengan Al Quran


Menyapih dengan Al-Quran 
Oleh: Yussi Nurkhalisa Azmi

Saya mencoba berbagi pengalaman dalam menyapih Hamas ya Bun. Barangkali ada yg sedang mencari referensi tetang menyapih 😊

Jauh hari sebelum menyapih, saya mencoba mencari banyak referensi tentang metode menyapih. Baca-baca, ikut kulwap, sharing-sharing dengan banyak orang dan masya Allah banyak ya yang ternyata 😅 dari metode "oles-oles", metode weaning with love, sampe ada juga yang minta dijampi-jampi orang pinter.

Akhirnya saya memilih metode yang disarankan oleh Sarra Risman (bisa dibaca di komen-komen beliau di postingan ini
https://m.facebook.com/groups/1657787804476058?view=permalink&id=1773593212895516 ) dipadukan dengan metode menyapih dengan Al Quran (dalil)

Pada intinya Sarra Risman menyampaikan bahwa apa yang dijelaskan dalam Al Quran dengan tegas jumlahnya. Maka, tak ada tawar menawar lagi didalamnya.

Puasa Ramadhan sebulan penuh ya jangan lebih. Pun Al Quran menjelaskan agar para ibu menyusui anaknya 2 tahun (atau kurang), maka sebaiknya 2 tahun. Kemudian beliau menjelaskan dengan singkat cara menyapih:
Sounding H-7 hari, hitung mundur setiap hari nya bersama anak, di hari H, konsisten tidak di kasih, kecuali sedang sakit. Sangat wajar bila anak menangis.

Saya pribadi melakukan sounding pada Hamas jauh-jauh hari, berbulan-bulan sebelum disapih, tapi melakukan hitung mundur bersama dia H-7, sesuai saran Bu Sarra. Selama H-7 itu Hamas diajak mendengarkan Al Quran QS. Al Baqarah:233. Saat dia menyusui, yang membacakan abinya. Diulang-ulang. Saya katakan padanya

 "Hamas, kalau udah ulang tahun udah nggak mimi lagi, minumnya digelas ya, kata Allah Hamas miminya sampe 2 tahun aja, ummi sayang Hamas, tapi hamas udah gede, mimi itu buat dede bayi ya sayang.."

Untuk usia Hamas saya rasa dia bingung kapan waktunya dia berusia 2 tahun, tapi dia tau moment ulang tahun karena banyak sepupu hamas yang merayakannya. Dan dia cukup tertarik dengan perayaan seperti itu. Maka, saya pun mencari hukum merayakan ulang tahun, dari sekian banyak hukum yang mengharamkan, ada salah satu referensi yang menyatakan boleh bila niatnya sebagai penanda saja.

Referensi yang saya baca saat itu tentang tanya jawab hukum merayakan ulang tahun usia 7 tahun, untuk menandakan anak setelah ini sudah dibebani hukum kewajiban shalat. Saya pikir ini kasus serupa. Maka saya pun membeli kue tar, beberapa kado dan mengundang akung dan uti Hamas untuk sekedar makan-makan dirumah. Hamas terlihat senang dan yang terpenting dia tau, dia ulang tahun dan saat itu dia sudah tidak boleh lagi mimi (ASI).

Baca juga: ASI BUNDA SEDIKIT? LAKUKAN 7 CARA INI UNTUK MEMPERBANYAK PRODUKSI ASI

Setiap dia meminta mimi, saya ingatkan "eh Hamas kan udah ulang tahun sayang, udah ga mimi lagi kan? Miminya kan di gelas ya? Maafkan ummi ya sayang" dia mulai paham. Keterlibatan orang sekitar juga sangat membantu, saat Hamas ingin mimi, abinya mencoba menawarkan main bersama, baca buku, dsb. Yang jelas jangan sampai anak dan ibu dipisah ya Bun, menurut Sarra Risman kasihan anaknya, sudah kehilangan "mimi"nya, juga harus kehilangan ibunya.

menyusui
Pixabay

Tantangan terberat hari pertama adalah saat malam dia ingin tidur. Karena belum terbiasa tidur tanpa mimi, dia nangis kejer, saya hanya mengulang kata-kata tadi, meminta maaf (karena dia pasti ada rasa kecewa), memeluknya, mengelus-elus punggung atas (konon ini bisa mengurangi emosi), dan menawarkannya minum air putih atau susu (karena ini bisa membantu tidur lebih pulas).

Akhirnya dia pun memilih minum air putih, saya bacakan surat-surat pendek, Alhamdulillah akhirnya bisa tidur juga. Ditengah malam, Hamas pun masih sering bangun minta mimi, nangis dan cara tersebut cukup ampuh. Alhamdulillah.

Dalam beberapa hari masih wajar ya Bun, bila anak masih nangis dan merengek minta mimi. Tapi saya perhatikan tangisan Hamas nggak selama hari pertama, nangis bentar kemudian memilih minum digelas. Kadang Hamas juga keceplosan kalau habis lari-lari dia peluk saya bilang "mimi" terus saya ingatkan "eh Hamas lupa ya?" terus dia mesem-mesem dan akhirnya cuma memeluk saya saja.

Hari ke-3 Hamas tidur tanpa nangis minta mimi, dia hanya bilang "ummi, ngantuk" lalu saya pangku, saya tapping (puk puk) pahanya, alhamdulillah dia dengan mudahnya tidur. Pasca penyapihan, anak jadi banyak makan jadi persiapkan banyak alternatif makanan tambahan ya bu. 😊

Tantangan saya selanjutnya adalah ASI saya saat menyapih masih sangat banyak, otomatis rasanya sangat sakit saat lama tidak keluar, ngebagel. Lalu saya WA dokter anak Hamas, dr. Frecil, qodarullah beliau juga spesialis laktasi. Beliau bilang tak apa-apa diperah tapi jangan sampai kosong supaya tidak merangsang produksi ASI. Dan alhamdulillah sekarang membaik.

Rasanya lega, 1 kewajiban alhamdulillah tertunaikan, saya rasa kunci penyapihan ini adalah ikhlas (karena banyak ibu yang belum rela masa meng-ASI-hinya berakhir), SABAR, konsisten dan yang terpenting adalah: libatkan Allah dalam prosesnya. Sampaikan disepertiga malam dan disetiap doa setelah shalat harapan ibu agar Allah mudahkan prosesnya.

Baca juga: 40 PERTANYAAN UMUM YANG BANYAK DITANYAKAN PARA BUNDA SEPUTAR ASI #PART 1

Bila kesabaran hampir habis saat anak rewel, berulang-ulang ucapkan yasir wala tu'asir (Ya Allah mudahkanlah jangan dipersulit) kemudian yakinkan anak bahwa kita tetap sayang sama dia, meskipun sekarang dia sudah tidak mimi lagi.

Tulisan ini hanya sharing opini saya berdasarkan pengalaman ya Bun. Setiap anak pasti berbeda tipe dan karakternya. Pun setiap orang tua pasti punya kebijakan mengambil metode terbaik untuk anaknya. Selamat menyapih dengan penuh kesabaran ya Bunda 😊

Baca juga: 7 HAL PENTING INI YANG HARUS BUNDA PERSIAPKAN SEBELUM MENYAPIH ANAK

❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️

Nah, itu dia Bunda cara menyapih dengan Al-Quran. Tetap semua dikembalikan lagi pada Bunda mau pakai metode menyapih yang mana. Yang penting jangan pakai yang oles-oles atau pahit-pahit lagi ya Bun untuk anak kita. Karena memang cara begitu sudah kuno dan tidak disarankan lagi oleh tenaga medis mau pun dilihat dari sudut parentingnya.

Jika, Bunda ingin menggunakan cara menyapih dengan Al-Quran ini, memang sebaiknya anak disounding dan dikurangi frekuensi menyusunya jauh-jauh hari bahkan beberapa bulan sebelum masuk H-7 nya seperti yang dilakukan Ummi Yussi, agar anak tidak terlalu kaget ketika di sapih. Kan kasian ya Bun kalau anak langsung diberhentikan tiba-tiba hanya dalam waktu seminggu.

Dan Saya ucapkan terima kasih kepada Ummi Yussi yang sudah berbagi ilmu dan pengalamannya dalam menyapih dengan Al-Quran ini. Nah, adakah Bunda yang mau berbagi pengalamannya dalam menyapih anak? Sharing yuk di sini 😉


35 comments

  1. Sharingnya bermanfaat sekali. Tulisannya juga berdasar alquran, Saya suka bun. Alhamdulillah saat menyapih anak saya, saya dimudahkan. Jadi saaat itu anak 2,5 tahun ikut ayahnya saya diluar kota. Jadi 2 minggu sma ayahnya tanpa ngaASI Jadi Yang repot, ngehandel, anak nangis malem itu bapaknya, tidurnyapun sma bapaknya. Pass saya datang alhamdulilah tidur tanpa ASi meskipun dia inget dan minta Tapi pas nempel sudah aku kasih kayu putih Jadi gak Mau hehe...
    Tapi dari cerita diatas saya sendiri blm sanggup Kalo harus ngelepas pelan2, momy yg sudah berhasil nyapih heat loh, Krn emang gak mudah. Malah tetangga saya sampai 4 tahun nyusu ASI.hebat para bunda yg sang berjuang menyapih

    ReplyDelete
  2. Ilmu insya Allah bermanfaat untuk calon istri anak-anaknya saya, karena sampae sekarang saya masih jomblo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo gitu saya doakan smga segera dprtmukan dg jodohnya ya 🙏

      Delete
  3. Wah bagus tulisannya . Telat saya bacanya. Kalau dulu saya sapih si Sulung di usia 3 tahun karena gak tega aja. Dan menyapihnya saat itu dikasih minyak - minyakan. Nanti deh kalau punya anak ke - 3 dan ASI pengen coba metode Menyapih Dengan Al-Qur'an.

    ReplyDelete
  4. Sama mba, aku juga pake metodenya sarra risman. Jadi sounding dulu sebelum dia 2 tahun, hitung mundur pas ultah ke 2, dan kado ultahnya adalah stop menyusui. Alhamdulillah lancar semua karena dimudahkan Allah.

    ReplyDelete
  5. Ngebagel itu bahasa apa toh mbak? Eh iya artinya apa, Hehehe..
    Dapat wawasan baru nih daku tentang menyapih anak. Jadi pas nanti menikah dan memiliki anak, nggak kagok lagi.

    ReplyDelete
  6. Saya juga menyapih si bungsu pas di ulang tahunnya yang ke-2, alhamdulillah tidak terlalu rewel. Karena satu bulan sebelumnya sudah mulai saya biasakan minum susu pakai gelas. Juga sounding bahwa dia sudah mau 2 thn, sudah besar dan harus mulai minum susu pakai gelas..

    ReplyDelete
  7. Subhanallah, ini harus saya terapkan suatu saat jika punya anak. Bagaimna nilai islami dalam Alquran menyentuh setiap kehidupan dengan begitu detailnya. Saya suka doa meminta Allah memberi kemudahan yang bunda tulis di artikel "Allahuma yaasir wala tuasir" ini doa yang sering saya ucapkan juga.

    ReplyDelete
  8. Waaah.. metodenya baguus. Saya kmrn menyapih pakai metode travelling. Pas kebetulan saya umroh. Cuma yaa yg menghadapi dramanya mama ayu, yang mengasuh anak saya. Tapi saya juga kebagian begadang malemnya. Nggak papa deh. Yg penting anak lepas susu.

    ReplyDelete
  9. Saya masih lama menyapih baby tapi tertarik baca ini, karena metodenya bisa saya tiru jika waktu menyapih tiba. Terima kasih mba.

    ReplyDelete
  10. Masyaallah metodenya lembut sekali ya melibatkan Allah di dalamny. Saya masih 1 tahun lagi berjuang mengASIhi dan tiba waktunya menyapih nanti saya bisa ikuti metode ini. Terima kasih bunda Erysha.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah dulu dua anak bisa WWL. Saya emang agak kurang sreg kalau ada anak usia lbh dr 2thaun, misla 3 tahun bahkan 5 tahuin msh nenen (apalagi anak laki2), tapi emang ada sih...
    Ini sarannya menarik mbak, emang persiapannya gk cuma buat anak ya, buat ibunya jg, soalnya emang kalau udah menyapih raanya melow gtu hehe

    ReplyDelete
  12. Metode yang wajib diterapkan nih mbak, sebab berdasarkan Al-Quran. Ya meskipun sya belum punya anak, tapi ini bisa jadi pembelajaran utk saya saat punya anak nanti

    ReplyDelete
  13. Tulisannya bagus mbak. Ini sy juga berjuang nyapih anak saya. Umurnya 2,5 tahun. Emang yang butuh kesabaran banget yg ngadepin anak rewel tengah malem itu ya. Anak yg kedua ini malah lbh susah nyapihnya. Padahal dulu kakaknya begitu umur 2 taun pas lsg berhenti nggak mau sendiri. Yang kedua ini beda. Tfs ya mbak

    ReplyDelete
  14. metode yang baru aja jadi pengetahuan tambahan bagi saya mbak, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Karena selama ini meotde yang digunakan ya dioles-oles, atau pakai orang pintar. ternyata jika anak dipahamkan juga bisa ya, wahhh ajaib caranya

    ReplyDelete
  15. Makasih bun btw saya setahun lagi nih mengASIhi baby G heheh

    ReplyDelete
  16. Jazakallah umm, ilmu yang bermamfaat dan saya benar-benar lagi cari referensi buat menyapih secara islam dan alhaAlhamduli diketemukan dengan cara selembut Al-Qur'an... Subhanallah semoga bisa semudah ummi nanti (sabar) dan anak paham, april 2020 anak saya 2 tahun. Saya mulai dari sekarang perlahan... Bismillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Bunda. Semoga dimudahkan ya dan berdoa minta kepadaNya untuk dimudahkan juga 😍🙏

      Delete
  17. Alhamdulillah saya juga mulai menyapih dg metode ini bunda.. tp yg saya bimbang kpn pas jm nya sapih y.. saya udah sampai tahap seblm tidur aja nen nya.. terus tgl 4 september ini pas 2 th , berarti terakhir nen nya MLM di tgl 3 ya bun? Krn klw ngikut hitungan Hijriyah kan masuk 4 th nya jm 6 sore . Benar ga bunda??

    ReplyDelete
  18. Umm..apa bisa d terapkan pada anak usia di baeah 1 tahun karna sesuatu kondisi yang harus d sapih dini.. kalo iya bgaimna sebaiknya ya um..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau untuk anak usia di bawah 1 tahun. Belum bisa diajak ngobrol dua arah. Saran saya sebaiknya konsultasikan pada dokter anak atau laktasi ASI bun. Mereka lebih paham soal ini. Semoga membantu ya Bun. Semangat ya Bunda

      Delete
  19. Nah gimana ya bun,kalo kasusnya seperti saya yg anak baru 13bulan n saya juga LG mengandung lagi 3bulan. Mau menyapih belum tega karna masih aman mengasihi nya(gak kontraksi) mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo selama mengAsi tak ada keluhan Bundanya atau tak mengalami kontraksi, boleh ttp menyusui. Kecuali slama menyusui ada keluhan. Tapi saran saya, bunda sebaiknya konsultasi langsung aja k dokter kandungannya ya. Semoga bermanfaat Bunda 🙏

      Delete
  20. bunda hitungan anak pas 2 tahun pakai bulan hijriyah atau masehi bun?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏