• Tuesday, December 3, 2019

    6 Langkah Ini yang Perlu Dilakukan untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil

    pilek pada bayi
    Pixabay


    Halo-halo Semuanya. Hari ini aku mau share lagi ilmu yang aku dapatkan waktu di Jakarta Convention Center yang diadakan oleh Respimer dengan Tema "Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil".

    Ngomong-ngomong ya, kalau anak udah kena batuk pilek aja. Kita serasa udah rempongggg rasanya ya. Karena udah siap-siap kurang tidur, harus sabar gendong si kecil, belum lagi siapkan menu makannya yang berbeda-beda agar anak masih mau makan. Hiks. Iya kan? Dan kesalnya itu ya. Kalau batuk biasanya suka satu paket ya dengan pileknya atau sebaliknya. Saking setia kawannya tapi kita yang repot 😂.

    Kita memang repot dan lelah. Tapi sebenarnya yang lebih lelah itu pasti anak. Wong anak yang ngerasa sakitnya, badannya nggak enak, susah makan padahal perutnya lapar, lebih kurang tidur daripada kita. Jadi, kalau anak dalam keadaan begini, memang kitalah yang seharusnya lebih sabar membersamai rasa sakitnya untuk mengurangi ketidaknyamanannya.


    Baca juga: Ketika Engkau Merasa Lelah Menjadi Seorang Ibu


    Penyebab Hidung Tersumbat


    hidung tersumbat


    Dokter Intan Diana Sari sebagai narasumber di acara kemarin menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan hidung tersumbat. Pastinya itu dari batuk pilek ya. Dimana terjadi penumpukan ingus (cairan) pada bayi dan anak sehingga menyebabkan pembuluh darah dan sel-sel yang berada di permukaan dalam hidung mengalami pembengkakan. Bisa karena alergi, infeksi virus flu atau bakteri. Tapi kebanyakan dari virus flu ya


    Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dan Anak?


    1. Banyak minum air putih. Jika masih ASI. Banyak disusui
    2. Makan makanan yang sehat
    3. Atur suhu ruangan agar si kecil tak kedinginan
    4. Hangatkan dada dan punggung anak dengan cream atau minyak penghangat
    5. Jika hidung bayi tersumbat atau mampet bisa kita gunakan penyemprot hidung dengan larutan nasal spray seperti respimer dan bisa pula setelah ingus encer digunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung
    6. Jika batuk pileknya disertai demam dan mengkhawatirkan bawa anak ke dokter ya

    Baca juga: ASI Bunda sedikit? Lakukan 7 Cara Ini untuk Memperbanyak ASI


    Apa itu Respimer?


    obat pilek untuk bayi, respimer

    Tadi kita berbicara tentang penyemprot hidung ya. Penasaran kan itu tu apa? Sama. Aku juga awalnya penasaran karena aku juga baru tahu. Allhamdulillahnya kemarin seneng dapat edukasi soal penyemprot hidung Respimer ini

    Jadi, Respimer ini adalah cairan cuci hidung (Nasal Spray) yang kandungannya murni 100% air laut lho Temen-temen yang dibuat dengan konsentrasi tertentu untuk membersihkan hidung harian, dapat juga membantu melegakan hidung yang tersumbat dan membantu mengeluarkan ingus atau lendir yang kental atau anak yang terkena flu atau sebagai cairan pembersih hidung harian. Jadi aman ya kita gunakan bahkan pada bayi


    Keunggulan Raspimer


    1. 100% dari air laut. Jadi alami ya
    2. Mengandung 80 mineral yang tentu saja bagus untuk kesehatan hidung kita
    3. Tidak menggunakan gas propelan. Gas propelan itu gas yang mudah terbakar ya
    4. Daya semprotnya lembut pada bayi. Jadi nggak usah khawatir ya
    5. Tutupnya lebih higienis. Jadi lebih mudah untuk dibersihkan

    Nah, Respimer ini ada 2 varian Teman-teman




    1. Raspimer Nasal Hyegiene ini (warna pink) untuk bayi 0 - 2 tahun. Berfungsi untuk cairan cuci hidung sehari-hari dan awal flu

    2. Raspimer Decongestant (warna kuning dan orange) untuk bayi berusia 1 bulan ke atas. Berfungsi untuk memberikan efek melegakan dan menarik ingus yang melekat pada rongga hidung. Cocok mengeluarkan ingus saat anak flu berat

    respimer


    Jadi bisa kita beli sesuai kebutuhan ya. Kalian pasti penasaran. Bagaimana sih cara pemakaian Respimer ini?


    Cara Menggunakan Respimer Baby




    1. Cuci tangan dulu
    2. Letakkan bayi pada posisi tidur ya
    3. Miringkan kepala bayi
    4. Masukkan ujung Tip Respimer ke dalam lubang hidung dengan pelan-pelan dan lembut. Lalu semprotkan 2 - 3 detik. Begitu sebaliknya untuk lubang hidung sebelahnya
    5. Bersihkan hidung setelah keluarnya ingus
    6. Bersihkan Respimer dengan air setelah steril baru disimpan

    Wah gampang ya? Jadi mengurangi drama kita deh kalau hidung si kecil tersumbat. Termasuk mengurangi drama hati juga *eaaaa. Kok bisa drama hati? Soalnya aku pernah dinyinyirin ama orang waktu Erysha bayi dan masih ASI. Udah kitanya lagi sakit pilek juga, terus ga tenang karena nularin ke anak juga, lelah. Eh ditambah dinyinyirin. Rasanya itu nyesek. Tapi, allhamdulillah ya sekarang sudah ada Respimer ini, membantu sekali kehidupan kita para ibu yang penuh drama ini. Coba ya aku tahunya dari dulu 😂

    Baca juga: Yakin Nggak Nyinyir? Yuk Kita Cek Diri Kita!




    21 comments:

    1. Hal-hal yang ngga kepirikan sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya min sudah berbagi tips:)

      ReplyDelete
    2. Ini berguna banget ya ampun. Kenapa nggak dari dulu ada sih ya ahahaha. Kayanya ini bisa dipake buat anak yang udah rada gedean kali ya. Biar mereka nggak rewel karena mampet

      ReplyDelete
    3. Baru tahu ada respimer ini. Saya biasanya kalau anak batuk pilek, diuapi Mbak. Bawa ke terapis. Emang harus rutin juga sih, dan biasanya anak2 mesti nangis kalau di nebul. Lha ini ada alat yang praktis untuk mengurangi hidung mampet. Wah jadi mupeng nih. Ini khusus bayikah atau anak usia SD ke atas bisa?

      ReplyDelete
    4. Selama ini agak bingung bagaimana membersihkan hidung anak, ternyata bisa pakai respimer ya. Kandunganya pun alami

      ReplyDelete
    5. Kalau anak kecil tersumbat hidungnya rewelnya minta ampun, apalagi anak sy mbak...lebay banget...kwkwk..bilang nggak bisa napas sambil meronta-ronta...hihi. Terima kasih nanti dicoba deh pakai respimer..

      ReplyDelete
    6. Balita pilek itu kadang bikin sesek orang dewasa. Kasihan gitu. Mereka kan belum ngerti kudu gimana. Alhamdulillah, respimer ini bisa membantu ibu-ibu yang anaknya pilek.

      ReplyDelete
    7. Wah coba tau dari dulu deh produk ini. Akutu suka syedih kalo anak-anak pilek. Boboknya nggak pules, kadang rewel sampe nungging-nungging. Eh ini kalo dipake sampe anak 5 tahunan bisa nggak ya mba..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahaha sama mba. Coba aku tahunya dari dulu pasti ga akan bnyak drama 😂

        Delete
    8. Respimer sangat membantu si kecil ya teh saat pulek dan tersumnat hidung. Jaman now inovasi nya keren-keren ya gk kyk jaman dulu.

      ReplyDelete
    9. Kalo aku biasanya pas Aqsa sering mampet hidungnya, tiap pagi kujemur di matahari pagi jam 7an trus kalo malam pake air panas ditetesi minyak kayu putih di kamar. Alhamdulillah 2-3 hari biasanya hilang mampetnya. Tapi kalo ada cairan semprot yang bisa lebih cepat mengatasinya, boleh juga.

      ReplyDelete
    10. Tipsnya mantul sekali. Meski sudah tidak ada anak kecil tidak ada salahnya berjaga-jaga di rumah dengan menyediakan respimer sendiri ya. Lebih baik mencegah daripada mengobati

      ReplyDelete
    11. Waktu anak saya masih bayi, hidung tersumbat itu bikin stres mamak dah, si bayi cranky, mamak agak nggak bersahabat dengan DSA, jadinya begadang deh gendong sambil nyusu berdiri.
      Emang butuh banget kayak Respimer ini, biar melegakan hidung anak.
      Kasian kan bayi belum bisa ngapa-ngapain selain nangis, padahal itu nggak nyaman banget.

      ReplyDelete
    12. Memang hidung tersumbat itu bikin siapapun tidak nyaman.
      Baik orang dewasa bahkan anak-anak terutama bayi sekalipun.
      Selain menjadi rewel pastinya ibu menjadi panik karena belum memgetahui penanganan yang tepat jika hidung sang anak tersumbat.
      Untuk sekarang sudah ada Respimer ya mba, solusi untuk para ibu jika anak mengalami gejala hidung tersumbat bahkan flu.
      Informasi yang mba share bermanfaat banget untuk adik perempuan saya supaya ia standby selalu Respimer dirumah

      ReplyDelete
    13. Berarti Respimer ini hanya sampai usia 2 tahun saja ya mom

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES