• Sunday, December 1, 2019

    Bangun Bonding Anak dengan Minyak Telon Bayi, Yuk!

    bonding

    Halo temen-temen. Hari Sabtu, 30 November 2019 itu aku lagi ada di acara keren lho di Jakarta Convention Center. Hari itu aku belajar tentang "Manfaat Tips & Membangun Bonding Ibu dan Anak" yang diadakan oleh Minyak Telon Air Mancur

    Temen-temen udah tahu belum sih apa itu bonding? Dan pernah nggak sih nanya ke diri kita, kira-kira bonding kita udah kuat belum ya pada anak? Kenapa? Karena bonding yang tidak kuat antara orang tua dan anak bisa mengganggu perkembangan anak ke depannya, lho.

    Makanya, kenapa banyak anak-anak yang salah pergaulan, tidak terbuka pada kita, susah di kasih tahu. Kok mereka lebih mendengarkan kata-kata temennya atau orang lain daripada kata-kata kita orang tuanya? Karena bisa jadi bonding kita terhadap anak selama ini kurang kuat. Hiks. Sedih kan 😭

    Lalu, bagaimana ya cara kita bisa membangun bonding yang kuat ini pada anak? Eits...eits sabar ya. Tunggu dulu sebentar. Kita belajar pelan-pelan dan bertahap ya.


    Apa itu Bonding?


    bonding

    Nah, kemarin itu Dokter Dania Chandra, Sp.A menjelaskan bahwa bonding adalah ikatan emosional yang kuat antara anak dengan orang tua atau pengasuh. Ketika kita membersamai anak dengan kesenangan, rasa bahagia, kehangatan dan cinta maka akan terjalinlah hubungan yang positif.

    Dari hubungan positif ini lah yang berulang-ulang dan semakin dalam atau kuat hingga terbentuk bonding yang kuat pula pada anak. Ini PR parenting kita banget ya temen-temen, nggak mudah tapi harus selalu kita usahakan sampai nantinya

    Hubungan yang positif atau bonding yang kuat ini akan mempengaruhi perkembangan anak ke depannya lho. Seperti perkembangan anak dalam aspek:

    1. Emotional
    Anak akan memiliki emosi yang stabil, karena anak akan merasa dicintai, didengarkan dan dianggap ada oleh orang tuanya. Tentu saja anak yang merasa dicintai ini akan tumbuh menjadi anak yang bahagia ya 😍

    Baca juga: Cara Menjadi Pasangan yang Bahagia untuk Membesarkan Anak yang Bahagia

    2. Cognitive
    Anak yang di dalamnya atau emosinya stabil maka membuat anak menjadi lebih fokus dalam belajar. Oleh sebab itu, anak yang memiliki bonding yang bagus dengan orang tuanya dan bahagia pada umumnya perkembangan akademiknya juga bagus

    3. Trial Development
    Jadi akan lebih mudah kita awasi perkembangan anak ke depannya bahkan ketika anak sedang ada masalah


    Bagaimana Cara Membangun Bonding yang Kuat dengan Anak?


    bonding

    1. Menjadi sahabatnya
    Jadilah pendengar yang baik untuk anak, sebagai sahabat bagi anak hingga anak nyaman terbuka pada kita

    Baca juga: Begini Cara Menjadi Pendengar yang Baik untuk Anak

    2. Temani saat bangun dan tidur
    Ternyata ini penting banget lho harus kita usahakan. Jadi, untuk ibu bekerja yang waktunya lebih banyak di luar, sebaiknya harus memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya pada anak

    Terkadang banyak aku lihat dan dengar curhatan nenek atau pengasuh, ibu bekerja ketika pulang bekerja atau hari libur masih asyik dengan handphonenya sendiri atau dengan kesibukannya sendiri. Bukannya langsung mengambil alih pengasuhan anak sampai malam. Iya aku tahu lelah. Tapi ingatlah hal ini

    "Ketika kita lelah seharian bekerja di luar sana, jangan pernah lupa bahwa sesungguhnya anak kita pun lelah seharian menunggu ibunya pulang untuk temani mereka"

    Jika kita sibuk seharian tentang kita dan pekerjaan kita, tak bisakah kita memberikan waktu sisa kita dengan maksimal untuk memberikan hak anak kita yang membutuhkan ibunya? Ini termasuk untuk mengingatkanku juga ya. Kalau aku lagi ada kerjaan di luar. Tapi tenang aja nggak semua ibu bekerja begini kok. Masih banyak ibu-ibu yang mau belajar untuk lebih baik di luar sana 😘

    Ini juga untuk ibu bekerja, karena terkadang kita begitu sibuk di dapur dan mengerjakan pekerjaan rumah tapi lupa temani anak dengan hati. Semua terasa diburu-buru

    3. Sering-seringlah memberikan anak pelukan, kehangatan, dan kenyamanan
    Nah, Temen-temen udah sering kasih anak pelukan belum? Sentuhan? Kalau belum sering-seringlah anaknya di kasih pelukan, coba diperbanyak lagi ya sambil katakan rasa sayang kita pada anak agar anak selalu merasa dicintai oleh kita 😍


    Kegiatan apa Saja yang dapat Membangun Bonding Bersama Anak?


    bonding
    Erysha lagi temani Bundanya cuci piring 😍


    Sebenernya semua kegiatan bisa aja membangun bonding kita dengan anak semakin kuat selama ada kelekatan dalam kebersamaan itu. Misalnya ketika bermain dengan anak, memandikan anak atau melihat anak mandi, membacakan buku cerita dan lain-lain


    Dari Umur Berapa Kita perlu Membangun Bonding pada Anak?


    pijat bayi

    Bisa dimulai dari anak masih dalam kandungan atau dari anak baru lahir. Jadi sering-seringlah memberikan sentuhan pada bayi salah satunya dengan memberikan pijatan pada bayi. Tapi kita harus belajar dulu ya cara pijatnya. Kemarin itu dijelasin cara pijat bayinya, cuma aku videoinnya nggak lengkap.

    Kemarin aku bersyukur banget bisa melihat Bidan Tia mempraktekkan pijat bayinya.  Nanti buat Temen-temen yang ingin belajar pijat bayi juga, bisa dilihat ya videonya di website terpecaya. Caranya gampang kok. Nah, dalam melakukan pijat pada bayi cari minyak telon bayi yang aman ya Temen-temen seperti Minyak Telon Air Mancur ini.


    Minyak Telon Air Mancur


    minyak telon

    Menurut Brand Manager Air Mancur, Ibu Astrid Maria mengatakan bahwa Minyak Telon Air Mancur aman digunakan untuk bayi karena mengandung bahan-bahan alami. Sudah tersetifikasi halal dari MUI dan yang membedakan minyak telon ini dari minyak telon yang lain adalah teksturnya yang lebih licin. Jadi cocok banget ya buat pijat anak kita 😃.


    minyak telon


    Milon Air Mancur ini ada 2 varian lho Temen-temen. Minyak telon natural dan Minyak Telon Plus (Lavender). Kalau aku lebih suka yang lavender ya soalnya ini minyak telon anti nyamuk dan wanginya lebih menenangkan 😃.


    Keunggulan Minyak Telon Air Mancur


    Keunggulan Minyak Telon Air Mancur ini juga ada banyak Temen-temen. Bisa menghangatkan, bebas bahan kimia, mengurangi kembung,  yang Lavender bisa untuk anti nyamuk, terus udah gitu minyak telon ini, minyak telon khas wangi bayi banget, lho. Bisa bikin kita nyiumin anak mulu ya hihihi 😂. Udah dulu ya Temen-temen, aku mau bangun bonding dulu ke Erysha lewat pijatan pakai minyak telon ini karena aku ingin menjadi ibu yang selalu ia rindukan kelaknya salah satunya dari pijatannya 😍. Amin ya Allah. Semoga kita semua bisa begitu ya  🙏

    Baca Juga: Bunda Ingin Jadi Seseorang yang Dirindukan Anak-anak? Lakukan 4 Hal Ini




    35 comments:

    1. kalau minyak telon dah langganan obat anak saya tu mabk, salam kenal ya !

      ReplyDelete
    2. Yap benar sekali Mbak. Membangun bonding dengan anak memang sesuatu yang wajib dilakukan oleh orang tua. Masalah memakai minyak telon, anak saya sekarang umur 5 tahun 11 bulan masih pake minyak telon. Keren deh acara yang diadakan minyak telon air mamcur ini.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semoga kita bisa terus membangun bonding yang kuat dengan anak kita ya 😃

        Delete
    3. Huhuhu, aku juga mau jadi Ibu yang dirindukan anak-anakku. Memang bonding dengan anak perlu agar kedekatan tercipta sehingga kelak sampai mereka dewasa mereka tetap menganggap kita ada, terbuka dan menjadikan kita bagian dari kenangan indah dalam hidupnya. Makaasih sudah mengingatkan tentang bonding ini Mbak Yeni

      ReplyDelete
    4. Setuju pake bingit mba Yeni, kita harus membangun bonding yang baik sama anak-anak. Masa kecil mereka nggak akan terulang kembali. Karena itu sebisa mungkin kita bangun memori dan bentuk karakternya dengan baik. Bentar lagi anak-anak gak akan mau dipeluk-peluk lagi kan.. huhuhu... eh btw ini produk baru bukansih minyak telonnya?

      ReplyDelete
    5. Hmm,,, kalau misalkan jaman sekarang anak memilih merantau dan jarang menghubungi orang tuanya, apa karena bondingnya nggak kuat ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sebaiknya antara orang tua dan anak tetap saling kontak mba. Kalau anaknya mungkin lagi sibuk ortu yang harus sring kontak. Krn anak n ortu yg trbiasa dkt dri kecil secara hati smp besar walau anak pindah jg ttp sling kontak 😃

        Delete
    6. Selalu siap sedia kok minyak telon di rumah, walaupun udah engga ada anak-anak. Hehe...
      Kalau ada yg mampir perlu gosok-gosok, pas hawa dingin habis hujan, sudah siap deh…
      Makasih sharingnya Teh...

      ReplyDelete
    7. Acaranya penuh dengan ilmu.
      Seru sekali materinya, tentang bonding dengan anak.
      Anak-anak yang punya bonding baik dengan orang tuanya rata-rata peace maker juga, lho.
      Karena dia memiliki kenyamanan dan kepercayaan dirinya lebih tinggi dari anak-anak yang bonding kurang dengan orang tua.

      Semoga di Bali ada juga ya acara-acara bagus seperti ini.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul sekali mba. Smga di bali banyak ya acara edukasi gini 😃

        Delete
    8. Kalau dipikir lagi, iya juga yah... Bonding bakal lebih kuat dengan sentuhan fisik semacam memegang tangan anak saat pergi bareng, memeluk saat anak sedih, dan nemenin saat tidur dan bangun tidur. Sesibuk apapun orang tua, InsyaAllah hubungan dengan anak akan lebih baik kalau disempatkan bonding dengan cara seperti ini :D

      ReplyDelete
    9. wah baru tau ada minyak telon air mancur. penasaran sama yang lavender deh. lumayan kan dapet 2 manfaat sekaligus. manfaat menghangatkan tubuh dan anti nyamuk. mudah2an si kecil gak rewel lagi karena digigit nyamuk.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener mba. Aku juga suka ama yang ungu. Samaan kita hihihi

        Delete
    10. Anakku seneng banget dipijit-pijit, ga yang 5tahun atau yang bayi. Memang ya, ibu itu harus serba bisa termasuk jadi tukang pijit.

      ReplyDelete
    11. Setuju bun kalau bonding ibu dan anak hrs tercipta. Biar lebih erat hubungan antara ibu dan anak. Tips nya keren. Thx

      ReplyDelete
    12. Ikatan yang kuat antara ibu dengan anak (bondong ) akan memberi rasa aman dan percaya diri sang anak ke depannya oleh sebab itu perlu di ciptakan setia saat

      ReplyDelete
    13. Meski waktu anakku masih kecil dulu aku tinggal kerja, tapi aku selalu sempatkan membangunkannya di pagi hari dengan ciuman dan suara lembut. Kalo menjelang tidur, anak-anak suka juga aku dongengkan

      ReplyDelete
    14. Saya juga sering liat minyak telon air mancur di supermarket terdekat tp belum pernah beli mbak. Besok beli ah, soalnya si kecil suka banget dipijetin kalau mau tidur.

      ReplyDelete
    15. Wah aku paling suka aroma minyak telon, ternyata ada yang merek air mancur bisa nih dicoba. Aku sering pijat-pijat anak sebelum tidur sambil dengar cerita mereka tentang sekolah..

      ReplyDelete
    16. Aku sudah cobain minyak telon ini moms.. Baunya wangi ya moms.. Enak anak aku juga suka moms

      ReplyDelete
    17. Ini wajah baru dari minyak telon yah kak? Q suka kemasannya, unyu2 banget.

      Sejak dulu keluarga pakenya minyak telon untuk anak2, insya Allah kelak pengen pake ini jg klu udah lahiran

      ReplyDelete
    18. Mau dong coba minyak telonnya
      Kebetulan juga ada baby yang butuh pemakaian telon setiap hari di rumah

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya yah yg punya bayi wajib punya nih. Eh tapi saya yg punya balita juga kudu punya apalagi yg lavender anti nyamuk

        Delete
    19. Bener nih mba waktu baby pijat itu pnting bngt selain mnambah ASI bikin bayi nyaman selain itu jg bonding jd kuat akupun pakai MiLon airmancur

      ReplyDelete
    20. Ada masanya yaa...anak-anak memiliki privasinya sendiri.
      Tapi selama bonding yang dijalin sejak di dalam perut hingga usia emasnya, in syaa Allah menjadikan pengaruh dan karakter yang baik untuk si anak.

      ReplyDelete
    21. Anakku juga udah umur 6 tahun masih suka minta pijitin pakai minyak telon. Padahal ibunya kan kalau mijit ya gitu doang ya, nggak bisa enak kayak mbah2 pijat itu, tapi anakku lebih senang tuh. Btw kok aku baru tau kalau kemasan minyak telon air mancur sekarang gitu ya? baru kah?

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES